Manfaat Internet Bagi Seluruh Dunia

Manfaat Internet


Manfaat Internet sangat banyak bagi kehidupan di dunia ini, dari segi yang positif sampai yang negatif, namun semua itu kembali kepada diri kita masing-masing, akan me-Manfaat Internet sebagai apa? teknologi internet semakin canggih dengan dukungan loading yang semakin cepat, anda dapat berkeliling dunia menggunakan Internet.

Semakin canggihnya teknologi internet maka akan semakin banyak pula Manfaat Internet untuk memenuhi kebutuhan yang berkaitan dengan hal tersebut, kita dapat dengan mudah mengakses internet melalui ponsel, laptop, PC atau melalui media lainnya.

Manfaat Internet dalam berbagai bidang

Manfaat Internet secara positif dapat kita ambil manfaatnya dalam memenuhi bermacam kebutuhan yang berkaitan dengan kehidupan, diantaranya dapat kita manfaatkan sebagai Media Informasi, Komunikasi, Pendidikan, Hiburan, Bisnis.

1. Manfaat Internet Sebagai Media Informasi

Seiring berjalannya waktu dan kemajuan teknologi yang semakin canggih internet memberikan banyak kemudahan bagi kita, dengan adanya internet maka kita akan lebih efisien dalam mencari informasi lebih mudah dan cepat.

Internet menyediakan berbagai macam informasi yang bisa anda dapatkan, melalui browsing di Google search engine, mozilla firfox, opera mini, UCbrowser, Bing atau melaui media lainnya untuk menemukan segala sesuatu informasi yang anda butuhkan, dari informasi pendidikan, lowongan pekerjaan, jual beli, kecantikan, kesehatan, lifestyle dan masih banyak lagi informasi yang bisa anda peroleh dari media Intenet.

2. Manfaat Internet Sebagai Media Komunikasi

Manfaat Internet dalam media komunikasi, Media komunikasi merupakan suatu sarana atau alat yang dapat digunakan untuk mengirimkan pesan dari komunikator kepada publik. semakin berkembang zaman semakin berkembang pula kemajuan teknologi untuk menunjang segala aspek dalam kehidupan.

Internet memberikan banyak kemudahan dan fleksibel bagi para pengguna, sebagai contoh Salah satu Manfaat Internet dalam komunikasi yaitu para pengguna dapat mengirim foto, Surat lamaran pekerjaan atau file lainnya dengan cepat dan mudah,

Ada berbagai jenis media komunikasi dalam jaringan internet diantaranya :
  1. Email, yaitu merupakan jenis surat elektronik yang dapat anda kirimkan kepada alamat email tujuwan anda, surat elektronik ini dapat anda buat melalui Gmail, YahooMail, Yandex atupun yang lainnya.
  2. Netmeeting, adalah sebuah aplikasi windows dimana pengguna harus menginstal terlebih dahulu aplikasi tersebut untuk dapat menggunakannya.
  3. Fax Modem, media komunikasi ini dapat digunakan untuk mengirin Fax melalui komputer atau laptop dengan bantuan modem, yang mana fax tersebut telah terprogram dalam sebuah komputer atau laptop yang dilengkapi dengan modem untuk mendapatkan jaringan internet agar dapat terhubung kepada fax server.
  4. Chating, merupakan percakapan melalui tulisan antara dua orang atau lebih secara online, sekarang ini banyak website yang dilengkapi dengan fasilitas chat, agar pengunjung website tersebut dapat chat secara langsung kepada pengelola atau admin website yang dikunjungi.
  5. Radio, Komudikasi menggunakan sistem radio juga telah banyak digunakan, baik tanpa kabel maupun non kabel, dapat digunakan dengan bantuan jaringan Internet bisa juga digunakan dengan jaringan telephone.
  6. SMS (Short Message Service) merupakan media komunikasi untuk mengirimkan pesan dengan jumlah kata atau huruf yang terbatas, SMS dapat dikirimkan melalui ponsel, di era teknologi modern ini SMS tersedia dalam sebuah aplikasi yang penggunaannya harus didukung dengan koneksi jaringan Internet.
  7. Internet Telephony (voIP), Merupakan sarana atau alat untuk mengirimkan pesan suara yang dapat digunakan melaui ponsel dengan dukungan Internet, Internet telephony juga dapat digunakan melalui laptop atau komputer.
  8. Video Converence, merupakan media komunikasi dalam bentuk Video dan audio yang didukung dengan sambungan jaringan Internet untuk menjalankan proses komunikasi tersebut.
  9. Satelit, Merupakan jaringan komunikasi yang menggunakan alat signal gelombang mikro, satelit pada umumnya digunakan untuk mengirimkan data, suara, gambar, atau signal televisi.
     
  10. Media Sosial, merupakan media komunikasi yang harus tersambung dengan jaringan internet, sosial media berkembang dengan pesat serta memberikan banyak kemudahan, dari mengirim pesan, foto, file/dokumen, dan sebagainya, banyak sosial media atau media sosial yang dapat digunakan sebagai media komunikasi, diantaranya; WhatsApp, BBM, Line, Wechat, Instagram, facebook, Google+, path dan lain-lain.
  11. Blog atau Website, merupakan sebuah halaman situs yang dapat digunakan sebagai media komunikasi dan informasi, antara pengunjung website atau blog dengan visitor, website atau blog biasanya berisi tentang, halaman yang berbentuk tulisan, Gambar, Video ataupun penggabungan ketiganya. 

3. Manfaat Internet Sebagai Media Pendidikan 

Internet merupakan pintu Informasi dunia, gudangnya berbagai informasi, file, video, foto dan lain sebagainya, anda dapat mencari apapun dengan berselancar didunia internet sampai kepenjuru dunia.
Adapun Manfaat Internet dalam Media Pendidikan diantaranya:
  1. Internet dapat digunakan untuk mencari bahan pustaka yang dibutuhkan, oleh siswa, guru, dosen, mahasiswa atau siapapun yang memiliki minat dalam bidang tersebut.
  2. Untuk memasarkan sebuah karya seni atau hasil karya penelitian
  3. Mencari buku atau download buku yang sesuai dengan kebutuhan pendidikan.
  4. Internet dapat dimanfaatkan untuk mencari bahan dalam membuat tugas-tugas sekolah, sperti membuat makalah, skripsi, tesis, kliping dan lain sebagainya.
  5. Memperluas Ilmu pengetahuan dan wawasan

 4. Manfaat Internet Sebagai Media Hiburan

Manfaat Internet dapat difungsikan sebagai sarana yang positif untuk mencari hiburan yang sesuai dengan selera masing-masing agar terlepas dari kejenuhan, contohnya ;
  1. Bermain game online (carilah game yang benilai positif)
  2. Membuka Chanel Tv Online
  3. Youtube
  4. Membuka Sosial Media ; Facebook, Blog, Youtube, Google+, Instagram dan lian-lain.
  5. Vlog

5. Manfaat Internet Sebagai Media Bisnis 

Manfaat Internet dapat digunakan dalam segala bidang, seperti ; Pendidikan, Perbankan, Hiburan dan lain sebagainya,  dalam hal Bisnis Internet dapat berperan penting untuk menunjang kesuksesan dalam berbisnis baik secara lokal maupun global, Bisnis di media internet sekarang ini telah berkembang pesat dari perorangan sampai tingkat perusahaan

Adapun Bisnis melalui media internet diantaranya :
  1. Membangun Halaman sosial media
  2. Kursus Online
  3. Menjual Hasil karya
  4. Menjual Domain
  5. Menjual hosting
  6. Menjual Program atau software
  7. Menjual Informasi
  8. Menjual website
  9. Menjual Blog
  10. Menjual Produk
  11. Pemasaran Online dan lain-lain

Sejarah Internet


Internet Merupakan jaringan Komputer yang didirikan oleh departemen pertahanan Amerika Serikat yaitu pada tahun 1969 melalui proyek ARPA yang mengembangkan jaringan yaitu Advanced Research Project Agency Network (ARPANET)

Tujuwan awal internet dirikan untuk keperluan militer, pada mulanya ARPANET hanya tersambung pada empat situs yang terdiri dari University of California, University of Utah, Santa Barbara, Stanford Research Institute,mereka membuat satu jaringan terpadu pada tahun 1969

Secara Publik ARPANET diperkenalkan pada Oktober 1972, kemudian Internet berkembang pesat didaerah secara meneyeluruh yang kemudian semua universitas yang ada di negara tersebut ingin bergabung, membuat ARPANET kebingungan dalam mengatur hal tersebut

Kemudian ARPANET dibagi menjadi dua bagian, yaitu MILNET dibuat untuk keperluan militer ARPANET untuk keperluan non militer, penggabungan keduanya akhirnya diberi nama DARPA Internet, yang kemudian dibuat lebil ringkas menjadi Internet.

Pada Tahun 1990 Tim Berners Lee membuat sebuah program browser dan editor yang dapat terhubung antara satu komputer dengan komputer lainnya yang sebuah jaringan, lalu program tersebut diberi nama www yaitu world wide web yang merupakan URL untuk mengintifikasi nama, sumber atau layanan internet.

Unsur-unsur Internet


Untuk dapat me-Manfaatkan Internet dengan baik, tidak ada salahnya jika kita mengerti tentang hal-hal yang berkaitan dengan Internet. Internet disebut juga interconection networking, yang dapat didefinisikan sebagai komunikasi media elektronik dengan menggunakan jaringan yang dihubungkan menggunakan TCP atau IP.

Secara umum internet merupakan semua jaringan komunikasi yang menggunakan jaringan elektronik yang saling terhubung antara yang satu dengan lainnya dengan menggunakan standar sistem global IP atau TCP, jika tidak ada sistem tersebut kita juga tidak dapat me-Manfaatkan Internet.

TCP merupakan singkatan dari Transmission Control Protocol, definisinya yaitu Suatu standar yang mengatur jaringan hubungan komunikasi yang berorientasi pada koneksi dengan menggunakan model OSI ataupun model DARPA.

Sedangkan IP adalah Internet Protocol merupakan prosedur atau tata peraturan untuk mengirimkan data pada jaringan pada protokol bagian internetwrok (protokol TCP/IP yang dibuat oleh DARPA) yang dipakai oleh protokol TCP/IP dalam memberikan alamat rute paket data dari host yang satu kepada host yang lain pada jaringan komputer yang berbasis IP/TCP.

Manfaat Internet begitu banyak dan dapat memberikan dukungan dari pendidikan sampai pekerjaan atau bisnis lainnya, Bisa dibilang Manfaat Internet itu relatif kembali kepada penggunanya Internet mau dimanfaatkan dalam hal apa,

Teknologi Internet terus berkembang pesat sampai saat ini mengikuti perkembangan zaman dengan dukungan teknologinya yang semakin baik, Manfaat Internet Bagi Seluruh Dunia sangat banyak dapat digunakan dalam berbagai bidang.

Disclaimer
Perlu diketahui bahwa semua informasi yang kami sampaikan belum dapat dipastikan 100% akurat
Gambar hanya untuk ilustrasi dan referensi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel