Bing Webmaster Tools, Ini Caranya Mengirimkan Peta Situs dan Submite URL

Webmaster Tools


Bing Webmaster Tools - Webmaster merupakan alat yang digunakan untuk mengelola situs dalam jumlah yang besar, contohnya seperti Google Search Console, Bing Webmaster Tools, Yandex, mereka memiliki alat webmaster yang digunakan untuk mengelola operasi web.

Webmaster Tools digunakan untuk mengelola situs, yang meliputi, operasi, penyebaran, perbaikan, penyetelan serta pemeliharaan situs yang memiliki dasar web, namun semua itu juga kembali pada jenis situs yang mereka kelola.

Untuk dapat menggunakan Webmaster Tools Pengguna pada umumnya melakukan pendaftaran terlebih dahulu kepada Webmaster yang diinginkan, misalkan pengguna akan mendaftarkan situsnya ke Bing Webmaster Tools, maka pengguna harus mendaftarkan situsnya terlebih dahulu kepada Bing Webmaster Tools.

Bing Webmaster Tools

Bing Webmaster Tools merupakan layanan gratis yang disediakan oleh Bing yang berfungsi untuk mengirimkan peta situs atau submit url agar content yang terdapat pada website atau blog dapat di indeks oleh Bing Webmaster Tool.

Bing Webmaster Tools
Bing Webmaster Tools selain melakukan indek juga berfungsi untuk merayapi serta meng-Crawl url situs yang telah dikirimkan ke alat tersebut. pengguna juga dapat mengirimkan url baru melalui submit url yang telah disediakan oleh Bing Webmaster Tools.

Bing Webmaster Tools pada umumnya banyak digunakan oleh para Blogger atau pemilik website sebagai alat pengiriman url artikel baru serta melakukan ping agar situs mereka dapat di indek serta ditemukan dalam mesin pencarian Bing.

Cara Mengirimkan Peta Situs ke Bing Webmaster Tools

Untuk melalukan Optimasi terhadap Blog atau website agar mudah ditemukan oleh mesin pencari Bing milik Microsoft anda harus mengirimkan peta situs atau submit sitemaps ke Bing Webmaster Tools agar situs anda dapat dirayapi oleh search engine Bing dengan cepat dan mudah.

Namun sebelum anda melakukan hal tersebut anda harus memiliki akun Microsoft terlebih dahulu. Anda dapat membuat akun Microsof dengan email, Gmail atau Yahoo, anda juga dapat membuat akun Microsoft menggunakan MSN, Hotmail, Outlook dsb.

Berikut langkah-langkah mengirimkan peta situs ke Bing Webmaster Tools

1. Membuat akun Microsoft
2. Masuk ke website resminya Bing Webmaster Tools
3. Melakukan Verifikasi situs dan memasang kode HTML pada blog anda
4. Setelah sukses anda dapat mengirimkan Sitemaps atau peta situs.
5. Pilih menu Sitemaps


  • Masukkan url sitemaps seperti format dibawah ini satu per satu lalu tekan submit

    • https//:www.tujutujuwan.com/sitemap.xml
    • https//:www.tujutujuwan.com/atom.xml
    • https//:www.tujutujuwan.com/feeds/posts/default?alt=rss
    • https//:www.tujutujuwan.com/feeds/post/default?orderby=update
    • https//:www.tujutujuwan.com/rss.xml
    • Keterangan : ganti ulr dengan ulr blog anda
    Setelah semua kode diatas anda submit ke Bing Webmaster Tool lalu masukkan kode ini:
    atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500 (untuk artikel dibawah 500) untuk artikel di atas 500 silahkan ganti dengan angka 1000, untuk artikel diatas 1000 silahkan ganti ankanya menjadi 1500 dan seterusnya.
  • Untuk menambahkan atau mengirimkan url baruanda dapat mengirimkannya melalui menu submit url, dengan cara pastekan url yang ingin anda tambahkan kemudian tekan "SUBMIT"
  • Pengiriman peta situs ke Bing Webmaster Tools telah selesai, selamat dan sukses ya

Bing


Bing merupakan search engine atau mesin pencari web yang di kelola oleh microsoft, dikenalkan kepada publik sejak tahun 2009 pada tanggal 28 Mei oleh Steve Ballmer CEO dari Microsoft pada sebuah acara Konferensi All Things Digital di San Diego. Amerika Serikat.

Bing dibeli oleh Microsoft sejak tahun 2008, teknologi mesin pencari milik Microsoft ini menawarkan pada para penggguna untuk memperoleh hasil pencarian yang lebih baik, yang mana Bing Webmaster ini telah membagi pencarian berdasarkan empat pilihan, diantaranya ; Web, Berita, Berita, xRank.

Pada pencarian berdasarkan Web, Bing akan bekerja untuk mencari halaman website atau situs, untuk Berita akan menampilkan hasil penelusuran Berita, untuk Gambar maka mesin pencari Bing akan menghasilkan pencarian Gambar, sedangkan untuk xRank maka Bing search engine ini akan menampilkan hasil pencarian yang paling banyak di cari oleh pengguna.

Cara Menggunakan Bing Webmaster Tools

Bing Webmaster Tools memberikan banyak kemudahan untuk pengelolaan situs, alat SEO dari bing memberikan tatap muka yang user-frriendly mudah dipahami dan mudah untuk digunakan, anda dapat mengelola satu situs atau bahkan banyak situs melalui Bing Webmaster Tools ini.

Segera daftarkan situs anda untuk meningkatkan kualitas SEO serta memperluas jaringan pencarian dari mesin telusur dengan Bing Webmaster Tools, setelah semua situs yang anda miliki sudah diverifikasi maka anda dapat mengirimkan peta situs, agar content pada blog atau website anda segera di indek oleh Bing Webmaster Tools.

Adapun beberapa fitur yang telah tersedia pada Bing Webmaster Tool yang dapat anda gunakan untuk meningkatkan kualitas SEO dalam mesin penelusuran Bing, salah satu diantaranya:

 

Dashboard Bing Webmaster Tools

Pada halaman Dashboard Bing Webmaster Tools berisi tentang informasi aktivitas situs yang sedang anda kelola, dari yang lama sampai aktivitas yang terbaru, pada halaman tersebut dapat anda ketahui tentang berapa jumlah halaman anda yang telah berhasil di Indek.

Selain itu anda juga dapat mengetahui, jumlah halaman situs anda yang telah dicrawl, jumlah crawl yang error, jumlah penelusuran dan lain sebagainya, pada halaman dashboard Bing Webmaster Tools dapat anda jumpai menu konfigurasi situs

Pada menu konfigurasi situs (Configure My Site) terdapat beberapa submenu diantaranya;

1. Sitemaps

Pada halam sitemaps anda dapat mengirimkan peta situs kepada Bing Webmaster Tools agar alat tersebut tahu tentang struktur situs yang anda miliki, anda dapat mengirimkan peta situs anda dengan format RSS 2.0, Atom 0.3 dan 1.0, XML Sitemap, Yahoo & Bing mRSS ataupun file text.

Pengiriman peta situs sangat berperan penting dalam menigkatkan kualitas SEO pada search engine, selain mengirimkan peta situs ke Bing Webmaster Tools anda juga dapat mengirimkan peta situs atau setmaps ke Google Webmaster Tools ataupun ke mesin pencari Yandex.

Pengiriman Peta situs merupakan cara terbaik yang direkomendasikan agar Bing mengerti tentang URL yang ada pada situs anda

2. Submit URLs

Pada halaman Submite URLs ini anda dapat melakukan submite url baru, yakni mengirimkan url artikel baru yang akan anda tambahkan pada Bing Webmaster Tools agar artikel terbaru yang anda buat bisa secepatnya terindek oleh search engine Bing.

Untuk melakukan Submit URL ke Bing Webmaster Tools anda akan diberikan batasan maksimum dalam mengirimkan URL baru dalam satu bulan.
Cara pengiriman url tersebut berbeda dengan pengiriman url ke Google Webmaster Tool.

3. Ignore URL Parameters

Anda dapat melalukan konfigurasi situs untuk memberitahu mesin pencari Bing tentang URL parameters yang akan di abaikan atau ditambahkan ke dalam daftar parameter URL, maka perubahan akan anda dapatkan setelah beberapa waktu proses webmaster tool bekerja.

4. Crawl Control

Crawl control berfungsi untuk melakukan setelan yang dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan crawl pada situs yang anda miliki dengan kecepatan dalam perayapan Bingbot, anda dapat mengirimkan permintaan pada situs web yang anda miliki.

Jika Anda menginginkan perayapan lebih cepat maka anda dapat memberi tahu Bingbot agar merayapi situs anda dengan lebih cepat, ataupun sebaliknya jika anda menginginkan tingkat perayapan normal.

5. How to Manage Deep Links

Anda dapat melakukan permintaan pada Bing Webmaster Tools ketika situs anda ditemukan pada halaman mensin pencari akan mendapatkan tampilan content tambahan yang terdapat dibawah baris URL situs anda, (memberikan tautan content tambahan pada hasil penelusuran masin pencari pada peringkat teratas)

6. Block URLs From Bing

Pada halaman menu tersebut anda dapat melukukan pemblokiran pada URL situs anda yang telah dipublikasikan dan muncul dalam hasil pencarian Bing, anda dapat melakukannya dengan cara menambahkan meta tag No Index pada bagian header halaman situs anda.

Tag Tersebut akan memberitahu Bing Webmaster Tools untuk tidak menambahkan pada halaman indeknya Bing,

Adapun cara untuk memblokir URL adalah sebagai berikut :
  • Pilih salah satu URL yang ingin anda blokir
  • Masukkan URL secara lengkap pada URL yang akan anda blokir
  • Lalu tekan tombol "Block URL and Cache" untuk memblokir halaman cache tekan tombol "Block Cache"
  • URL situs yang anda blokir telah masuk ke dalamdaftar blokir selama 90 hari.
  • Jika anda ingin memblokir URL Lebih lama anda dapat menggunakan tombol"Extend"

7. How to Disavow Links

Pada halaman ini memiliki manfaat untuk mengirimkan halaman, URL domain atau direktori yang berisi tentang tautan yang mengarah pada situs anda yang akan memberikan dampak buruk, yang bersumber dari spam atau situs yang tidak berkualitas (situs berkualitas rendah)
anda dapat menggunakan tool Disavow Links
  • Gunakan tombol drop-down untuk memilih jeis URL yang akan anda kirimkan apakah seluruh domain atau direktori atau halaman indivudu.
  • Langkah selanjutnya silahkan anda masukkan URL domain/direktori atau halaman yang berisi tautan atau tautan yang ingin anda tolak.
  • Kemudian tekan tombol "Disavow" maka Bing Webmaster Tools akan bekerja sesuai dengan yang anda perintahkan.

8. Geo Targeting Your Website

Anda dapat melakukan penargetan pada audiens yang anda tuju pada negara mana yang anda kehendaki, baik dari bagian situs anda ataupun situs anda secara menyeluruh, anda dapat melakukan penargetan pada tingkat domain, sub domain, tingkat direktori ataupun tingkat halaman.

9. Verify Ownership

Untuk menambahkan situs baru pada akun Bing Webmaster Tools maka anda harus melakukan verifikasi situs sebagai bukti bahwa situs tersebut benar-benar milik anda. Dalam melakukan Verifikasi situs di Bing Webmaster Tools cukup mudah.

Untuk melakukan verivikasi situs anda dapat memilih beberapa cara yang telah disediakan oleh Bing Webmaster Tool diantaranya yaitu :
  • Verifikasi dengan metode Otentikasi file XML
    Tekan pada tombol BingSiteAuth.xml, lalu simpan file XML pilihan yang isinya adalah kode verifikasi kepemilikan situs anda, simpan pada komputer atau laptop kemudian file tersebut anda unggah ke derektori root pada situs yanf terdaftar.
  • Verifikasi menggunakan metode tag meta, cara ini cukup mudah dan cepat, anda dapat menyalin tag meta yang anda dapatkan dari Bing Webmaster Tool kemudian anda paste pada halaman HTML situs anda, tempatnya berada di bawag kode <head> pastikan pada bagian <head> tersebut di ikuti oleh tag <body>. kemudian save template anda.
  • Verifikasi dengan cara menambahkan data CNAME ke DNS, anda dapat melakukan metode verifikasi ini dengan cara masuk ke akun hosting domain tempat anda membeli(akun domain anda) kemudian masuk pada bagian edit CNAME untuk menambahkan kode verifikasi yang telah anda peroleh dari Bing Webmaster Tool

10. Connected Pages

Anda dapat menghubungkan halaman situs anda ke bermacam situs web yang terverifikasi yang isinya adalah tautan yang akan mengarah kembali ke situs web anda yang telah terverifikasi,  pada menu connected pages ini Bing Webmaster Tools telah memberi dukungan agar pengguna dapat menghubungkan situs webnya pada halaman terhubung seperti :
  • Microsoft AppStore
  • Google+
  • Google Play
  • Apple Store
  • Youtube
  • Pinterest
  • Instagram
  • MySpace
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin

11. How to Add Users

Pada menu Users ini pemilik akun Bing Webmaster Tools dapat menambahkan pengguna ke situs web pada alat webmaster serta memberikan izin kepada seseorang yang anda kehendaki untuk menjadi Administrator, baca/tulis, hanya baca.

Bing Webmaster Tools memiliki banyak manfaat untuk memberikan dukungan perkembangan situs anda, selain dapat mengirimkan peta situs atau sitemaps anda juga dapat melakukan setelan dengan pad Bing Webmaster Tool agar situs anda lebih SEO friendly dan memiliki jangkauan yang lebih luas.

Masih banyak fitur unggulan lainnya yang ditawarkan oleh Bing Webmaster Tools untuk mengoptimalkan situs anda agar mudah ditemukan oleh mesin penelusuran atau Bing search engine.
Selamat mencoba semoga kesuksesan menyertai anda.



Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Bing Webmaster Tools, Ini Caranya Mengirimkan Peta Situs dan Submite URL"

  1. But they also offer customers a chance to redeem electronic sweepstakes on computers that use software that mimics casino-styled games.토토사이트

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel