Submite Sitemap Google - Cara Mengirim Peta Situs dan Manfaatnya

Submite Sitemap


Submite Sitemap Google adalah cara terbaik untuk mengoptimalkan kinerja situs pada mesin pencarian Google, Submite Sitemap Google merupakan layanan gratis dari Google, yang mana pengguna dapat melakukan optimisasi situs blog atau web Google Search Console.

Submite Sitemap Google sangat diperlukan guna meningkatkan perkembangan situs blog atau web anda di halaman pencarian Google, jika situs anda tidak terdaftar di Google search Console maka situs anda tidak akan dapat ditemukan oleh search engine google.

Situs blog atau web yang tidak melakukan Submite Sitemap Goole akan berdampak buruk, kenapa demikian? karena search engine google tidak akan mengetahui tentang situs anda, dengan mengirimkan Peta Situs atau Sitemap ke Google maka mesin pencari Google akan meng-Crawl seluruh content yang ada pada situs yang anda miliki.

Submite sitemap google

Submite Sitemap Google


Submite Sitemap Google atau Mengirimkan Peta situs ke Google memiliki prospek kedepan yang sangat baik bagi pertumbuhan situs anda, pengguna internet akan semakin mudah menemukan situs milik anda di Google search engine.

Google merupakan perusahaan jasa dan produk internet terbesar di dunia, yang telah berdiri sejak tahun 1998 yang terus berkembang hingga saat ini dan seiring perkembangan zaman pengguna Google juga semakin banyak.

Submite Sitemap Google sangat penting untuk dilakukan mengingat semakin banyaknya pengguna internet melalui layanan Google, agar semua pengguna layanan Google dapat menemukan situs yang anda miliki dan bermanfaat bagi orang lain.

Berikut adalah langkah demi langkah cara Submite Sitemap Google atau mengirimkan Peta Situs web anda di Google Search Console :

1. Untuk dapat menikmati semua fasilitas yang disediakan Google, hal yang paling utama anda harus memiliki Akun Google, pastinya anda semua juga telah memilikinya.

2. Setelah anda memiliki akun Google anda dapat secara langsung masuk dihalaman Google Search Console dengan menggunakan akun anda.

3. Sebelum anda melakukan Submite Sitemap Google atau mengirim peta situs di google anda harus melakukan Verifikasi terlebih dahulu terhadap situs web yang anda miliki.

4. Setelah situs anda berhasil di verifikasi langkah selanjutnya adalah Submite Sitemap Google (mengirimkan peta situs ke google).

Cara Submite Sitemap Google atau Mengirim Peta Situs


1. Langsung saja anda masuk di halaman Google Search Console dengan menggunakan akun anda.

2. Verifikasi situs anda dengan cara sebagai berikut :
  • Setelah anda masuk dihalaman Google search console tambahkan Properti anda (masukkan URL situs anda) dengan cara tekan tombol caret down yang berada di sebelah kiri paling atas, kemudian masukan properti situs anda. lihat contoh gambar dibawah ini :
    Menambahkan properti
  • Setelah selesai menambahkan properti, langkah beriktnya adalah melaukan Verifikasi situs anda untuk membuktikan bahwa situs tersebut benar-benar milik anda.
    Cara Verifikasi Situs, pilih pada menu setelan yang berada di sebelah kiri bawah (masih dihalaman dashboard Google search console) → lalu pilih menu setelan properti → Verifikasi kepemilikan → Pilih metode Verifikasi → Pilih Metode Tag HTML (Paling mudah) → Masukkan kode HTML pada template situs anda kemudian di save → kembali ke halaman Google search console → tekan tombol Verivikasi → Jika berhasil akan ada pemberitahuan (selesai)
  • Verifikasi situs
3. Setelah situs anda ter-Verifikasi, kemudian anda dapat Submit Sitemap Google (mengirimkan Peta Situs). yaitu dengan cara :
  • Pilih menu Indek pada halaman Gogle search console
  • Langkah selanjutnya pilih submenu "Peta Situs"
  • Mengirim Peta Situs di Google
  • Masukkan Peta Situs dengan format xml pada form yang tersedia seperti contoh gambar diatas.
    contohnya : https://namasitusanda.com/sitemap.xml
    kemudian tekan tombol kirim → pengiriman Peta Situs selesai

Submite Sitemap Google Banyak Manfaatnya

Submite Sitemap Google mempunyai banyak manfaat bagi situs anda, hal ini juga telah biasa dilakukan oleh para blogger atau pemilik situs untuk mendukung perkembangan situs mereka untuk meningkatkan kualitas dalam mesin pencari Google.

Adapun untuk manfaat Submite Sitemap Google diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Dengan melakukan Submite Sitemap Google trafik pengunjung di situs anda dapat meningkat.
2. Situs web anda akan lebih mudah ditemukan oleh pengguna
3. Mempermudah Google dalam mengcrawl semua isi dalam situs anda
4. Dapat meningkatkan kualitas Search engine optimization
5. Anda dapat memantau perkembangan situs melalui Google search console
6. Dapat mengetahui halaman yang eror pada situs yang dapat anda lihat di Google search console
7. Lebih mudah menghapus / block url jika diperlukan,dan masih banyak lagi.


Submite Sitemap Google merupakan cara mengirim Peta Situs agar situs web anda dapat di index oleh mesin pencari Google, setelah Submite Sitemap selesai selanjutnya Google Search Engine akan bekerja untuk mengindek semua content yang ada pada situs anda untuk ditayangkan dihalaman Google search engine.

Disclaimer
Perlu diketahui bahwa semua informasi yang kami sampaikan belum dapat dipastikan 100% akurat
Untuk memastikan informasi yang lebih akurat, pembaca disarankan mengunjungi website resmi yang berkaitan dengan Google search console
Gambar bertujuan sebagai ilustrasi dan referensi

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Submite Sitemap Google - Cara Mengirim Peta Situs dan Manfaatnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel