Rebo Wekasan : Pengertian, Cara Sholat Rebo Wekasan, Hukum, Dalam Islam

Rebo Wekasan Dalam Islam


Rebo wekasan menurut islam diwilayah saya biasanya di sambut dengan cara berdoa serta melaksanakan sholat rebo wekasan [sholat tolak bala'], karena rebo wekasan kabarnya akan ada musibah, rabu wekasan dapat dijumpai pada bulan shafar, yang mana rebo wekasan ini merupakan hari rabu terakhir dibulan shafar.

Rebo wekasan dalam sejarah Islam sudah dikenal sejak masyarakat[arab] jahiliyah zaman dulu dimana bulan shafar disebut sebagai bulan sial, hingga sampai saat ini rabu wekasan dikalangan umat islam masih ada.

Berkaitan dengan datangnya Rebo wekasan, menurut pendapat para ulama bahwa pada setiap tahun Allah Subhanahu wa ta'ala menurunkan musibah ke di hari rebo wekasan [Rabu Wekasan]

Rabu Wekasan Menurut Islam

Hari Rebo Wekasan itu apa?


Rebo wekasan adalah rabu terakhir pada bulan shafar, bulan shafar ini merupakan bulan kedua dalam penanggalan hijrial, pada rabu wekasan di bulan shafar ini banyak yang beranggapan buruk.

Rebo wekasan dibulan shafar di anggap sebagai bulan yang sial, entah itu mitos atau tidak semua yang terjadi atas kehendak Allah Subhanahu wa ta'ala, kita sebagai umat muslim hanya bisa iktiar dan berdoa agar diberikan keselamatan baik di dunia maupun di akherat kelak.

Jika bala' atau musibah akan diturunkan, Allah SWT bisa saja menurunkan musibah kapanpun, hari rebo wekasan dalam islam diwilayah saya sendiri juga telah meyakini tentang adanya hari rabu wekasan, biasanya disambut dengan berdoa serta melakukan sholat tolak bala'. hanya kepada Allah Subhanahu wa ta'ala tempat untuk bertawakal.

Menyikapi Rebo Wekasan Dalam Islam


Bagaimana Islam menyikapi datangnya hari Rebo wekasan? sebagaimana pembahasan tentang rebo wekasan [Rabu Wekasan] yang telah admin baca sebagai referensi, yaitu dalam kitab kanzun najah dari abdul Hamid bin Muhammd Ali Quds.

Dalam kitab tersebut terdapat anjuran ketika bulan shafar datang ;" ketahuilah bahwa sekelompok nukilan dari keterangan orang shaleh, sebagaimana nanti akan diketahui, bahwa pada hari rabu terakhir bulan shafar akan turun bencana besar, Bencana inilah yang akan tersebar disepanjang tahun itu. semuanya turun dihari itu. Siapa yang ingin selamat dan dijaga dari bencana itu, maka berdoalah di tanggal 1 shafar, demikian pula dihari rabu terakhir dengan doa yang sama. Siapa yang berdoa dengan kalimat itu maka Allah akan menyelamatkannya dari keburukan musibah tersebut.Inilah tulisan yang aku temukan dari orang-orang shaleh".

Namun hari rabu [rebo] wekasan dalam islam ini tidak kami jumpai dasarnya pada Al-Quran ataupun sunah Nabi Muhammad SAW, sebagai umat islam yang beriman bahwa sumber syariat agama islam adalah Al-Quran dan sunah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam.

Akan tetapi tidak ada salahnya jika kita sebagai umat muslim selalu berdoa tidak dihari rebo wekasan saja, namun dalam tiap-tiap ibadah agar selalu diberikan keselamatan dari bermacam bala' atau musibah, musibah bisa diturunkan kapan saja kalau Allah Subhanahu wa ta'ala menghendakinya

Hal-hal Mulia yang dilakukan Rasulullah di bulan shafar


Dalam Mandzumah Syarh al-atsat fi ma warada 'an syahri safar [hal.9] Habib Abu Bakar Al-Adni mengatakan Rasulullah melakukan tradisi-tradisi yang baik di bulan shafar guna menggugurkan anggapan negatif orang-orang pada masa jahilyah.

Tradisi/hal baik yang dilakaukan Rasulullah dibulan shafar diantaranya

1. Pernikahan Rasulullah dengan Khadijah [ sebelum masa kenabian]
2. Rasulullah menikahkan Sayyidah Fatimah dengan Ali bin Abi Thalib di bulan shafar
3. Perang pertama dalam islam [perang abwa]
4. Rasulullah mengutus Usamah bin Zaid kepada pimpinan prajurit Rum
5. Pada bulan shafar Rasulullah hijrah dari Makkah ke Madinah

itulah diantara peristiwa-peristiwa penting yang dilakukan oleh Rasullullah shallallahu alaihi wasallam di bulan shafar dan masih banyak peristiwa penting lainnya.

Sholat Rebo Wekasan Menurut Agama Islam


Sholat Rebo wekasan juga dikenal dengan sholat tolak bala' yaitu sholat lidaf'l bala'. sholat ini biasa dikerjakan oleh umat Islam untuk memohon keselamatan dari balak atau musibah, solat tolak balak ini juga biasa di kerjakan pada waktu datangnya rebo terakhir dibulan shafar.

Sholat tolak balak pada Rebo wekasan ini tujuannya tidak lain adalah untuk berdoa, kita hanyalah menusia yang tidak berdaya, sudah selayaknya berdoa dan memohon ampunan kepada dzat yang Maha Agung, agar diberikan keselamatan didunia dan di akherat.

1. Hukum Sholat  Rebo Wekasan


Seperti yang telah kita ketahuai dalam syariat islam sholat wajib/sholat fardhu hanya ada 5 yaitu sholat subuh, dzuhur, ashar, magrib dan sholat isya'. selain sholat tersebut dinamakan sholat sunah kecuali sholat jum'at.

Sholat rebo wekasan dalam islam hukumnya sunah, sholat sunah itu apabila dikerjakan akan mendapatkan pahala, dan apabila tidak dikerjakan tidak mendaatkan dosa.

2. Waktu Sholat Rebo Wekasan


Sholat rebo wekasan dalam islam ini pada umum dikerjakan pada waktu pagi hari, cara sholatnya seperti pada umumnya mengerjakan sholat fardhu atau sholat sunah lainnya, namun setiap sholat memiliki niat sholat yang berbeda-beda

Tata Cara Sholat Rebo Wekasan Dalam Islam


Shalat Tolak Bala dapat dilaksanakan sendiri ataupun dapat dilakukan secara berjamaah, shalat tolak bala tersebut memiliki jumlah 4 rakaat, dikerjakan dengan 2 kali salam.
Cara pelaksanaan Shalat Tolak Bala dapat dikerjakan sebagaimana shalat pada umumnya, namun memiliki niat shalat dan bacaan setelah Surat Al-fatehah yang berbeda.
urutanya adalah sebagai berikut :
  1. Shalat rebo wekasan dikerjakan pada pagi hari
  2. Sebelum sholat Berwudhu terlebih dahulu
  3. Sebelum melaksanakan shalat membaca istighfar


    Astaghfirullahal'azhiim laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyumu wa atubu ilaiih, taubata 'abdin zhoolimin la yamliku linafsihi dhomron walaa naf'aan, wala mautan, walaa hayaatan, walaa nusyuuron.

    Artinya :
    "Aku memohon ampun kepada Allah yang Maha Agung, Dzat yang tiada Tuhan kecuali Dia, Yang Maha Hidup dan Maha Tegak dan aku bertaubat kepada-NYA, taubat hamba yang zhalim, yang tidak bisa menguasai dalam dirinya kemadharatan yang ada padanya, kemanfaatannya, matinya, hidupnya, dan pada waktu dikembalikannya.
  4. Membaca Niat Shalat Tolak Bala

    اُصَلِّي سُنَّةً لِدَفْعِ الْبَلاَءِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

    Usholli sunnatal lidaf'il balaa rok ataini lillaahi ta'ala

    "Saya berniat Shalat Tolak Bala dua rakaat karna Allah ta'ala"
  5. Jumlah Rakaat : 4 Rakaat dengan 2 kali salam
  6.  Surat yang dibaca pada tiap-tiap rakaat setelah Surat Al-fatehah :
    • Surat Al-kautsar 17X
    • Surat Al-iklas 5X
    • Surat Al-falaq dan An-Nas masing-masing 1X
       Kemudian setelah selesai Sholat Membaca Doa Sholat Rebo Wekasan/Sholat tolak bala sebagai berikut :

    Doa Sholat Rebo Wekasan
Bismillahirrahmanirrahiim, ya sayiidaaquwaa wa yaa sadiidaalmihaali allahumma innii a'udzuubika bikalimaatika taammaati kullihaa minar riihil ahmari waminad daa-il akbari fin nafsi waddami wallahmi wal'udzmi wal 'uruuqi subhaanaka idzaa qhodhoita amron an taquula lahuu kun fayakuun (Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar) birrohmatika yaa arhamarrohimiin.

Artinya :
Ya Allah, dengan kalimat-MU yang sempurna, sesungguhnya aku berlindung dari riihil ahmar (angin merah) dan dari cobaan yang besar dalam diri, dalam darah, dalam daging, dalam tulang dan dalam setiap tetes keringat. Maha Suci Engkau (Dzat Yang) jika Engkau menghendaki sesuatu maka Engkau berkata padanya : "Jadilah" maka jadilah, (Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar), Dengan RahmatMU, wahai Dzat Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang"

Sholat Rebo Wekasan merupakan shalat sunnah yang dapat dilaksanakan bukan hari Rebo wekasan saja, namun Shalat Tolak Bala juga dapat dikerjakan kapan saja untuk semata-mata beribadah kepada Allah swt dan memohon segala bentuk pertolongan hanya kepada-NYA.

Demikian pembahasan tentang Pengertian Rebo wekasan, tata cara Sholat Rebo Wekasan serta hukumnya dalam agama Islam, semoga bermanfaat dan dapat menambah Iman dan Taqwa kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. amin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel