Niat Puasa Senin Kamis, Lengkap Bacaan Arti dan Hikmah Puasa

Niat Puasa Senin Kamis


Puasa Senin Kamis Merupakan puasa sunah, yang apa bila dikerjakan akan mendapatkan pahala dan apabila tidak dikerjakan tidak mendapatkan dosa. Niat Puasa Senin Kamis berbeda dengan Niat Puasa wajib.

Puasa Senin Kamis adalah Puasa sunah yang memiliki banyak hikmah, baik secara dhahir maupun batin, Puasa Senin Kamis telah banyak dikerjakan oleh umat muslim untuk mendapatkan kemuliaan didunia maupun di akherat kelak.

Puasa Senin Kamis

Nabi Muhammad Shallallu alaihi wasallam juga telah terbiasa mengerjakan Puasa Senin Kamis, hal ini merupakan contoh mulia yang dapat kita teladani dalam melaksanakan sunah Rasullullah SAW untuk meningkatkan ketaqwaan serta keimanan kepada Allah SWT.

Bacaan Niat Puasa Senin Kamis dan Artinya


Niat adalah suatu keinginan atau maksud di dalam hati untuk melakukan sesuatu yang ingin dilaksanakan, jika kita Niat Puasa Senin Kamis itu artinya kita ingin melaksanakan puasa sunah Senin Kamis tersebut.

Niat Puasa Senin Kamis tidak diwajibkan menggunakan bahasa arab, yang terpenting kita mengetahui maksud dari niat tersebut, misalnya saya akan berpuasa Senin tapi saya membaca niat dengan bahasa indonesia "Saya niat puasa hari Senin sunah karena Allah ta'ala"
kalau menurut saya syah saja. intinya kita puasa atau ibadah lainnya dengan didasari karena Allah Ta'ala.

Dalam membaca niat baik itu dalam bahasa indonesia atau dalam bahasa arab hal yang terpenting adalah kita yakin bahwa kita melaksanakan ibadah karena Allah SWT.
Niat Puasa Senin Kamis sebagai berikut

1. Niat Puasa Senin


Jika kamu ingin melaksanakan puasa hari senin maka bacaan niat serta artinya sebagai berikut :

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SAUMA YAUMAL ITSNAINI SUNNATAN LILLAHI TA'ALA
"Saya niat puasa hari Senin sunah Karena Allah ta'ala"

2. Niat Puasa Kamis


Untuk bacaan serta arti Niat Puasa Kamis sebagai berikut

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SAUMA YAUMAL KHOMIISISUNNATAN LILLAHI TA'ALA
"Saya niat puasa hari Kamis sunah karena Allah ta'ala

Hikmah Puasa Senin Kamis

Syarat wajib dan rukun puasa (Puasa Senin Kamis)


dalam melaksanakan puasa alangkah baiknya jika kita mengetahui syarat wajib dan rukun puasa, baik itu puasa wajib atau puasa sunah senin kamis maupun puasa sunah lainnya, syarat sah dan syarat rukunnya puasa tidak berbeda jauh.

1. Syarat wajib puasa


Syarat wajibnya puasa diantaranya
  • Islam
  • Mukallah
  • Kuat mengerjakan puasa
  • Sehat
  • Iqamah

2. Rukun Puasa


  • Membaca niat
  • Meninggalkan hal yang dapat membatalkan puasa 
  • Shaim(orang yang mengerjakan puasa)

Hal yang Dapat Membatalkan Puasa (Puasa Senin Kamis)


Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan puasa itu batal, baik puasa sunah Senin Kamis, Puasa sunah lainnya maupun puasa wajib, diantaranya yaitu :
  • Keluar dari agama Islam (Murtad)
  • Haid/nifas
  • Mengeluarkan sp*rma dengan sengaja (istimna)
  • Bersalin (melahirkan)
  • Pingsan
  • Gila walaupun hanya sebentar
  • Makan/minum
  • Berhubungan suami istri disiang hari
  • Tidak berniat puasa

Hal yang Tidak Membatalkan Puasa (Puasa Senin Kamis)


Dalam mengerjakan ibadah puasa kita harus tahu hal yang membatalkan puasa dan hal yang tidak membatalkan puasa, namun ada beberapa hal yang tidak membatalkan puasa walaupun telah masuk ke mulut, baik itu puasa wajib, puasa Senin Kamis, atau puasa sunah lainnya. hal yang tidak membatalkan puasa diantaranya :
  • Sesuatu yang masuk ke mulut karena lupa
  • Karena dipaksa orang lain
  • Karena tidak tahu
  • Karena air liur yang mengalir diantara gigi, sedangkn tidak mungkin bisa dikeluarkan (meludah) dikarenakan adanya halangan(udzur)
  • Apa yang sampai pada rongga atas sesuatu yang berupa debu jalanan
  • Lalat yang masuk ketika terbang (tidak disengaja)

Hikmah Puasa Senin Kamis


1. Puasa Senin Kamis Menambah Keimanan Kepada Allah SWT


Ibadah puasa merupakan salah satu ibadah ketaatan dan keiklasan diri, dengan berpuasa maka akan menjadikan seorang muslim yang semakin bertaqwa dan beriman kepada Allah SWT

2. Puasa Senin Kamis  Dapat Meningkatkan Rasa Syukur Kepada Allah SWT


Syukur nikmat merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan bagi tiap-tiap orang islam,begitu juga orang yang melaksanakan ibadah puasa, setelah kita merasakan lapar dan dahaga merasa semakin dekat dengan Allah SWT, tentu akan menumbuhkan rasa syukur terhadap karunia Allah SWT yang telah dilimpahkan kepada kita.

3. Puasa Senin Kamis Dapat Menumbuhkan Rasa Empati


Dengan mengerjakan ibadah Puasa (Puasa Senin Kamis) kita dapat merasakan lapar serta dahaga, hal tersebut dapat menimbulkan sebuah kesadaran diri kita terhadap orang-orang yang dalam hidupnya memiliki ekonomi yang rendah, seperti fakir miskin, anak-anak terlantar, dengan berpuasa akan menumbuhkan rasa empati kepadanya.

4. Puasa Senin Kamis Sebagai Sarana diet dan Mencegah Penyakit


Puasa dapat mencegah kita dari timbulnya penyakit, salah satunya penyakit obesitas yang terjadi dikalangan masyarakat, hal tersebut dapat terjadi karena makanan yang dikonsumsi melebihi batas kewajaran, jika dibiarkan maka obesitas akan memicu penyakit lainnya seperti tekanan darah tinggi, radang, gagal jantung dll.

Puasa Senin Kamis bisa di jadikan sebagai sarana diet, namun Niat Puasa Senin Kamis niatnya harus di dasari ibadah melaksanakan puasa karena Allah SWT, Puasa Senin kamis dianjurkan bagi mereka yang ingin melakukan diet secara alami serta aman, tidak perlu mengkonsumsi obat-obatan yang memiliki efek samping buruk.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Niat Puasa Senin Kamis, Lengkap Bacaan Arti dan Hikmah Puasa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel