Fungsi dan Peran Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup

Fungsi dan Peran Pancasila


Fungsi dan Peran Pancasila diantaranya adalah sebagai dasar Negara yang merupakan fungsi pokok, dan masih banyak fungsi pancasila diantaranya yaitu sebagai ideologi bangsa, Pancasila sebagai pandangan hidup, pancasila sebagai jiwa bangsa indonesia, fungsi pancasila sebagai kepribadian bangsa, sebagai sumber dari segala sumber hukum, pancasila berfungsi sebagai dasar negara, sebagai perjanjian luhur dan lain-lain.

 yang berkaitan dengan kehidupan bangsa indonesia, pancasila juga berperan penting dalam tatanan Negara serta dalam kehidupan masyarakat di Indonesia

Fungsi dan Peran Pancasila
source:flickr.com

1. Fungsi Pancasila Sebagai Dasar Negara

Sebagai Dasar Negara Pancasila Berfungsi memiliki beberapa fungsi diantaranya adalah:

  1. Sumber dari segala sumber hukum indonesia, dengan demikian pancasila merupakan asas kerohanian tertib hukum Indonesia
  2. Suasana kebatinan dari Undang-Undang Dasar
  3. Cita-cita hukum bagi hukum dasar negara
  4. Merupakan sumber semangat bagi Undang-Undang Dasar 1945, penyelengggara negara. pelaksana pemerintahan, MPR dengan ketetapan No.XVIIV MPR/1998 telah mengembalikan kedudukan Pancasila sebagai dasar negara RI
  5. Norma-norma yang mengharuskan Undang-Undang Dasar mengandung isi yang mewajibkan pemerintah dan lain-lain penyelenggara negara memegang teguh cita-cita moral rakyat yang luhur
2. Fungsi Pancasila Sebagai Pandangan Hidup

Fungsi pancasila sebgai pandangan hidup berarti nilai-nilai Pancasila dipergunakan sebagai arahan dalam kehidupan sehari-hari, fungsi pancasila sebagai pandangan hidup memiliki arti yang luas jika dibandingkan dengan fungsi pancasila sebagai dasar negara.

Fungsi pancasila sebagai pandangan hidup mencakup seluruh segmen dan aktivitas masyarakat bangsa indonesia  serta penyelenggara negara harus sesuai dengan nilai-nilai pancasila.

3. Fungsi Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa

ideologi secara umum dapat di artikan  sebagai kumpulan gagasan, keyakinan-keyakinan, ide-ide, kepercayaan-kepercayaan yang menyeluruh dan sistematis yang berkaitan dengan peraturan tingkah laku sekelompok manusia tertentu dalam berbagai bidang kehidupan, diantaranya yaitu :
  • Bidang sosial
  • Bidang kebudayaan
  • Bidang politik ( termasuk bidang pertahanan dan keamanan)
  • Bidang keagamaan
Menurut Drs. Soejono Soemargono ideologi Pancasila sebagai penjelmaan filsafat Pancasila dan pelaksanaan dalam Masyarakt kita dewasa ini.

Dalam fungsi Pancasila sebagai ideologi bangsa terdapat dua bentuk ideologi, yaitu ideologi tertutup dan ideologi terbuka, ideologi tertutup yaitu ide, pemikiran berasal dari luar diri masyarakat, sehingga keberadaannya dipaksakan dan masyarakat tidak merasa memiliki.

Sedangkan ideologi terbuka yaitu: Pancasila merupakan kristalisasi dari ide-ide, keyakinan-keyakinan, cita-cita masyarakat indonesia sendiri sehingga masyarakat telah memilikinya. ide-ide, cita-cita, nilai-nilai dari Pnacasila bersifat tetap keberadaannya, namun juga bersifat dinamis dalam perwujudannya.

Dalam ideologi terbuka ini terdapat tiga unsur diantaranya yaitu : Nilai dasar, Nilai Instrumental, Nilai Praksis.

4. Fungsi Pancasila Sebagai Sumber dari segala sumber Hukum

Artinya segala peraturan perundang-undangan yang berlaku di indonesia bersumber dari pancasila atau tidak boleh bertentangan dengan Pancasila, Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum di atur dalam Undang-Undang Pasal 2 Nomor 10 Tahun 2004 Tentang pembentukan Perundang-undangan yang berbunyi : "Pancasila merupakan sumber dari segala sumber hukum Negara"

5. Fungsi Pancasila Sebagai Jiwa Bangsa Indonesia

Menurut A.G. Pringgodigdo Pancasila telah ada sejak adanya Negara Indonesia, Pancasila memiliki ciri khas yang tidak dapat dipisahkan dari bangsa Indonesia, Pancasila menjadi pembeda antara Bangsa Indonesia dengan bangsa lainnya.
Menurut Frierich Carl von Savigny, setiap bangsa memiliki vulgeist (jiwa bangsa/jiwa rakyat) masing-masing, Pancasila sebagai jiwa bangsa Indonesia lahirnya Pancasila bersamaan dengan lahirnya bangsa Indonesia

6. Fungsi Pancasila Sebagai Identitas Nasional

Identitas nasional adalah tanda, ciri, atau jati diri yang melekat pada bangsa Indonesia sehingga membedakan bangsa Indonesia dan bangsa lainnya, salah satu identitas nasional adalah Pancasila sebagai dasar negara, Pancasila mencakup uusur-unsur pembentuk identitas nasional yakni agama, suku bangsa bahasa dan kebudayaan yang sangat beragam dan majemuk, prinsip-prinsip dasr tersebut ditemukan oleh para pendiri bangsa Indonesia yang diangkat dari filsafat negara.

7. Fungsi Pancasila sebagai dasar Filsafat  Negara 

Pancasila sebagai dasar filsafat negara Pancasila mampu mencari kebenaran yang substansi tantang hakekat, ide serta tujuan negara, Pancasila sebagai filsafat memiliki karakteristik sistem filsafat tersendiri yang berbeda dengan filsafat yang lainnya, diantaranya yaitu :
  • Sila Pancasila merupakan satu kesatuan sistem yang bulat dan utuh
  • Pancasila sebagai suatu substansi, artinya unsur permanen/asli/primer pancasila, sebagai suatu yang mandiri unsur-unsurnya bersumber dari dirinya sendiri(Pancasila)
  • Pancasila sebagai suatu realita, yang artinya Pancasila ada didalam diri manusia Indonesia dan masyarakatnya, sebagai suatu kenyataan hidup bangsa, yang tumbuhberkembang dan hidup dalm kehidupan sehari-hari
8. Fungsi Pancasila Sebagai Cita-cita dan Tujuan Bangsa

Cita-cita bangsa telah tercantum di dalam UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 alenia II yang bunyinya" Kemerdekaan Negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur, dan tujuan negara yang tercantum di dalam alenia IV yaitu berbunyai" melindungi segenap bangsa indonesia dan seluruh tumbah darah indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, untuk mewujudkan cita-cita dan tujuan bangsa maka disusun negara Republik Indonesia yang berdasarkan pada Pancasila. maka dari itu pancasila menjadi inti sari dari cita-cita dan tujuan bangsa yang terdapat dalam sila-sila Pancasila.

9. Fungsi Pancasila Sebagai Falsafah Hidup Bangsa

Pancasila mengandung wawasan dengan hakekat, tujuan,asal,nilai dan arti dunia seisinya khususnya manusia dan kehidupannya, falsafah hidup mencerminkan konsep yang menyeluruh dengan menempatkan harkat dan martabat manusia sebagai faktor sentral dalam kehidupan yang fungsional terhadap segala sesuatu yang ada, hal tersebut dapat diartikan bahwa nilai-nilai yang terkandung didalam Pancasila di harapkan agar tertanam dalam hati sanubari masyarakat dan diterapkan melalui kebiasaan, kegiatan serta perilakumasyarakat.

Kelima sila Pancasila yang tercantum dalam Pancasila memberikan makna hidup dan dapat dijadikan tuntunan dan tujuan hidup. Pancasila sebagai Falsafah hidup merupakan inti pokok semangat bersama secara nyata yang ada di negara Indonesia, mengingat negara Indonesia yang terdiri dari berbagai susku,kebudayaan dan agama yang beragam yang pastinya melahirkan moral yang berbeda. namun Pancasila memiliki nilai moral yang berlaku umum disetiap masyarakat dan golongan.

Fungsi dan Peran Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup merupakan fungsi pokok pancasila, sebagai dasar negara Pancasila juga berperan dan berfungsi sebagai sumber dari segala sumber hukum yang mengatur tatanan negara dan lain sebagainya, Fungsi Pancasila sebagai Pandangan hidup merupakan nilai-nilai Pancasila yang harus diterapkan didalam kehidupan sehari-hari di dalam masyarakat bangsa indonesia secara menyeluruh yang mana perilaku dalam kehidupan tidak boleh menyimpang dari nilai-nilai Pancasila.


Referensi;
PANCASILA SEBAGAI FILSAFAT BANGSA INDONESIA (https://fajarsundari146.wordpress.com/2012/01/12/pancasila-sebagai-filsafat-bangsa-indonesia/)
Materi 4: Pancasila Sebagai Identitas Bangsa (http://yuditya_tucunan-fisip13.web.unair.ac.id/artikel_detail-98049-Pkn-Materi%204:%20Pancasila%20Sebagai%20Identitas%20Bangsa.html)
PANCASILA SEBAGAI PERJANJIAN LUHUR (http://afrismaasihpancasila.blogspot.co.id/2016/10/pancasila-sebagai-perjanjian-luhur.html)
Pancasila Sebagai Pemersatu Bangsa (http://kesbangpol.banyumaskab.go.id/page/18056/pancasila-sebagai-alat#.WaprtrpuLIU)
Makna Pancasila sebagai Falsafah Hidup Bangsa (http://sinergibangsa.org/makna-pancasila-sebagai-falsafah-hidup-bangsa/#)
Fungsi-Fungsi Pancasila (http://robortriddle.blogspot.co.id/2012/10/fungsi-fungsi-pancasila.html)
Fungsi-Fungsi Pancasila (http://mentarivision.blogspot.co.id/2011/12/fungsi-fungsi-pancasila.html)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Fungsi dan Peran Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel