Sholat Tahajud - Niat, Tata Cara Sesuai Sunnah dan Manfaat Sholat Tahajud

Sholat Tahajud

Sholat tahajud adalah sholat sunnah yang dikerjakan diwaktu malam hari, Tata cara sholat tahajud sama dengan sholat-sholat pada umumnya, seperti sholat sunnah lainya ataupun sholat wajib, namun untuk mengerjakan sholat tahajud waktunya berbeda dengan sholat lainnya

Sholat tahajud adalah ibadah sholat sunnah yang luar biasa dan memiliki banyak keistimewaan, salah satu diantaranya, dapat mendatangkan kesehatan, dapat menghapuskan dosa, memberikan kenikmatan di alam kubur kelak, dan lain sebagainya.

Tata cara sholat tahajud sesuai sunnah yang di anjurkan


Untuk mengerjakan sholat tahajud, seperti halnya dalam mengerjakan sholat fardhu kaum muslimin ataupun muslimah telah suci baik dari hadas besar ataupun hadas kecil (berwudhu) hal tersebut merupakan syarat syahnya dalam mengerjakan ibadah sholat.

adapun tata cara mengerjakan sholat tahajud adalah sebagai berikut ;

1. Membaca Basmalah dan membaca niat sholat tahajud


 "Saya berniat sholat tahajud dua rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta'ala"

2.  Kemudian mengucapkan takbir (Allahu Akbar) seraya sambil mengankat kedua tangan ke atas sampai pada telinga (seperti dalam sholat fardhu) / Takbiratul ihram
3. Membaca doa iftitah (seperti sholat pada umumnya)
4. Membaca surat Al-fatehah
5. Kemudian membaca surat lainnya(surat lain setelah membaca surat Al-fatehah)
6. Ruku'
7. I'tidal
8. Sujud
9. Kemudian duduk diantara sujud
10. Raka'at selanjutnya ( takbiratul ihram seperti pada langkah ke 2-8)
11. Membaca tahiyat akhir kemudian salam (Sholat tahajud dikerjakan dengan tiap 2 rakaat salam)
12. Setelah salam disunahkan untuk membaca wirid, tasbih,tahmid,takbir,sholawat,istighfar dan membaca doa sholat tahajud

Doa Setelah Mengerjakan Sholat tahajud


Setelah selesai mengerjakan sholat tahajud disunnahkan membaca wirid, sebelum itu hendaklah tawasul terlebih dahulu kepada Nabi Agung Muhammad SAW, Syeh abdul Qadir al-jaelani, para waliyullah, kemudian membaca wirid meng-Agungkan ALLAH SWT, kemudian membaca doa.

Adapun doa yang biasa dibaca Rasullullah saw pada saat mengerjakan sholat tahajud, adalah sebagai berikut :
Artinya :
Ya Allah, segala puji bagi-Mu. Engkaulah (pemberi) cahaya langit dan bumi serta penghuninya. Segala puji bagi-Mu.Engkau penagtur langit dan bumi serta penghuninya. Segala puji bagi-Mu. Engkaulah penguasa langit dan bumi serta penghuninya. Segala puji bagi-Mu, Engkau benar, dan janji-Mu benar, surga itu benar, neraka itu benar, hari kiamat itu benar, para nabi itu benar dan Muhammad itu benar, Kepada-Mulah aku memasrahkan diri dan kepada Engkau aku bertawakkal. Kepada Engkaulah aku beriman. Kepada Engkaulah aku mengadu dan kepada Engkaulah aku berhukum. Ampunilah dosa-dosaku yang telah lalu dan yang akan datang serta yang terang terangan. Engkaulah yang paling dahulu dan Engkaulah yang paling Akhir. Tiada Tuhan (yang berhak disembah) kecuali Engkau, tiada daya dan kekuatan kecuali dengan (pertolongan) Allah".
(doa bersumber dari hadits Nasai nomor 1601;tafsirq.com)

Tata cara sholat tahajud dengan sholat witir


Cara sholat tahajud sebelas (11) rakaat yaitu dengan mengerjakan sholat tahajud sebanyak 8(delapan) rakaat (pada tiap dua rakaat salam) dan ditambah dengan mengerjakan sholat witir sebanyak 3 rakaat, jadi jumlahnya menjadi 11 rakaat (sholat tahajud 8 rakaaat + sholat witir 3 rakaat)


Sebagaimana Sabda Rasullullah saw :
"Sholat malam itu dua rakaat-dua rakaat, jika kamu takut masuk waktu shubuh maka witirlah satu rakaat" (HR. Muslim no.749)

Sholat tahajud 11 rakaat tersebut berdasarkan pada hadits (sunan ibnu majah :1351) 

Artinya:
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin ubaid bin maimun Abu ubaid al madani berkata, telah menceritakan kepada kami Bapakku dari Muhammad bin Ja'far dari Musa bin Uqbah dari Abu ishaq dari Amir bin Sya'bi ia berkata, "Akun bertanya kepada Abdullah bin Abbas dan Abdullah bin Umar ihwal sholat Rasullullah shallallahu alaihi wasallam pada waktu malam. Maka keduanya menjawab, Tiga belas rakaat, delapan rakaat tahajud dan tiga rakaat sholat witir, ditambah dua rakaat sholat sehabis fajar. (Sunan Ibnu Majah: 1351)

Hukum mengerjakan sholat tahajud

Bagaimana mengenai hukum sholat tahajud? Sholat tahajud hukumnya adalah sunnah mu'akad (sholat yang dikuatkan oleh syara'), sholat sunnah itu apabila dikerjakan akan mendapatkan pahala, dan apa bila tidak dikerjakan tidak mendapatkan dosa.

Sholat tahajud merupakan sholat sunah yang dikuatkan dalam syariat islam, yang mana sholat tahajud memiliki keistimewaan, sebagaimana Firman ALLAH SWT di dalam Al-Qur'an dalam surat Al- isra ayat 79 :

Artinya : Pada sebagian malam, hendaklah kau bertahajud sebagai tambahan bagimu. Semoga Tuhanmu mengangkatmu ke derajat yang terpuji (QS.AL-Isra :79)
Waktu mengerjakan sholat tahajud

Sholat tahajud dapat dikerjakan setelah sholat isya' sampai pada terbitnya fajar (masuknya waktu subuh) namun ada waktu yang istimewa yang dianjurkan yaitu sepertiga malam terakhir,dengan syarat telah terbangun (terjaga) dari tidur.

Tahajud memiliki arti bangun dari tidur. Sholat tahajud adalah sholat sunnah yang dikerjakan diwaktu malam hari setelah tidur, walaupun tidurnya hanya sebentar saja, waktu sholat tahajud yang dinjurkan adalah sepertiga malam terakhir.

Menurut sebagian ulama berpendapat bahwa Sepertiga malam terakhir itu diperkirakan jam 02.00 dini hari sampai dengan sebelum datangnya waktu subuh. itulah waktu sholat tahajud yang dianjurkan dalam islam. pada waktu sepertiga malam terakhir merupakan waktu yang mustajabah dalam beribadah dan berdoa kepada ALLAH SWT.

Sholat tahajud memiliki keutamaan di dunia dan di akherat
Sholat tahajud memiliki keutamaan yang sangat luar biasa, bahwa ALLAH SWT akan memberikan kemuliaan didunia dan di akherat.


Manfaat Sholat tahajud di dunia
  1. Wajahnya terlihat tanda ketaatan dan kepatuhan
  2. Dicintai sesama manusia dan hamba-hamba ALLAH yang sholeh
  3. Perkataannya mengandung hikmah
  4. ALLAH SWT akan memelihara dari segala bentuk godaan setan
  5. ALLAH SWT akan menjadikanya orang yang bijaksana (mendapatkan pemahaman dalam agama islam)
Manfaat Sholat tahajud di akherat
  1. ALLAH SWT akan memberikan catatan amalnya di tangan sebelah kanan. 
  2. Wajahnya terlihat berseri pada saat dibangkitkan dari kubur di hari kiamat kelak.
  3. Dapat melalui jembatan shirothol mustaqim dengan sangat cepat bagaikan halilintar yang menyambar
  4. Orang yang iklas serta istiqomah dalam mengerjakan sholat tahajud ketika dihisab akan mendapatkan keringanan

Tata cara sholat tahajud yang telah kami sampaikan diatas alangkah baiknya jika anda pertanyakan kembali dengan pakar agama islam (ulama') untuk mendapatkan penjelasan yang lebih baik tentang cara mengerjakan sholat tahajud yang sesuai dengan sunnah Rasullullah SAW.
Disclaimer
Gambar hanya sebagai ilustrasi dan referensi
Sesungguhnya saya hanyalah seorang manusia, kadang salah dan kadang benar. Oleh karena itu, lihatlah pendapatku semua yang sesuai dengan Al-Qur'an dan Sunnah ambillah. Dan semua yang tidak sesuai dengan Al-Qur'an dan Sunnah tinggalkanlah (abaikan saja) : (Imam Malik HR. Ibnu 'Abdil Barr;Al Jami,Ibnu Hazm;Ushul Al Ahkam;Ashl Sifah Shalatin Nabi)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel