Pengertian Pancasila : Sejarah, Tujuan, Arti dan Fungsi Pancasila

Pengertian Pancasila


Pancasila secara harfiah berarti dasar yang memiliki lima unsur. Adapun lima sendi Pancasila yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradap, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat dalam permusyawaratan perwakilan dan Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia.
 
Pancasila secara etimologis berasal dari bahasa sansekerta, yakni Panca yang artinya lima dan Syila yang dibaca dengan vokal "i" pendek artinya batu sendi, dasar atau alas, dan Syila dengan vokal "i" panjang yang berarti peraturan tingkah laku yang baik, yang senonoh, yang penting. Syila dalam bahasa jawa diartikan sebagai "'susila" yang berkaitan dengan moralitas, dengan demikian secara etimologis istilah Panca Syila dengan bacaan vokal "i" pendek, Panca Syila artinya "berbatu sendi lima"


Pancasila


Pengertian Pancasila Menurut Para Ahli


Dalam proses perumusan Pancasila pada sidang BPUPKI pertama Dr. Radjiman Widyodiningrat, mengajukan calon rumusan Negara Indonesia yang akan dibentuk yang terdiri dari tiga orang pembicara yaitu Mohammad Yamin, Soepomo dan Soekarno.

Didalam sidang BPUPKI tanggal 1 juni 1945 Ir.Soekarno berpidato secra lisan mengenai rumusan dasar negara Indonesia. Kemudian untuk memberi nama "Pancasila" yang berrrti lima dasar, hal ini menurut Ir. Soekarno atas saran dari salah seorang temannya yang merupakan seorang ahli bahasa.

Pada tanggal 17 Agustus 1945 Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya, kemudian keesokan harinya yaitu pada tanggal 18 Agustus 1945 disahkan Undang-Undang 1945 termasuk Undand-Undang dasar 1945 yang mana didalamnya termuat isi rumusan lima prinsip sebagai satu dasar negara Indonesia yang diberi nama Pancasila.
Back to Content

1. Pengertian Pancasila Menurut Ir. Soekarno


Pancasila adalah isi jiwa bangsa indonesia yang turun-temurun sekian abad lamanya terpendam bisu oleh kebudayaan barat. dengan demikian , Pancasila tidak saja falsafah negara, tetapi lebih luas lagi, yakni falsafah bangsa Indonesia.

2. Pengertian Pancasila Menurut Muhammad Yamin


Pancasila Berasal dari kata Panca yang berarti lima dan Sila yang berarti sendi, atas, dasar atau peraturan tingkah laku yang penting dan baik. Dengan demikian Pancasila merupakan lima dasar yang berisi pedoman atau aturan tentangtingkah laku yang penting dan baik.

3. Pengertian Pancasila Menurut Notonegoro


Pancasila adalah dasar falsafah negara Indonesia, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa Pancasila merupakan dasr falsafah dan ideologi negara yang diharapkan menjadi pandangan hidup bangsa Indonesia sebagi dasar pemersatu, lambang persatuan dan kesatuan serta sebagai pertahanan bangsa dan negara Indonesia.

Sejarah Pancasila Sebagai Dasar Negara


BPUPKI di bentuk pada tanggal 1 maret 1945 dan diketuai oleh Dr. Kanjeng Raden Tumenggung (K.R.T) Radjiman Wedyodiningrat, dalam pembentukan Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dalam pembukaan Dr. radjiman berpidato antara lain mengajukan pertanyaan kepada anggota sidang, yakni " Apa dasar Negara Indonesia yang akan kita bentuk ini"?

Dalam upaya merumuskan pancasila sebagai dasar negara yang resmi, terdapat usulan-usulan pribadi yang dikemukakan dalam Badan Penyelidik Usaha Persiapan  Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) yaitu :
  • Lima Dasar dikemukakan oleh Muhammad Yamin pada pidatonya tanggal 29 Mei 1945. Muhammad Yamin merumuskan lima dasar sebagai berikut :

    1. Peri Kebangsaan
    2. Peri Kemanusiaan
    3. Peri Ketuhanan
    4. Peri Kerakyatan
    5. Peri Kesejahteraan Rakyat

    Muhammad Yamin menyatakan bahwa kelima sila yang dirumuskan itu berakar pada sejarah, peradaban, agama dan hidup ketatanegaraan yang telah lama berkembang di Indonesia.
  • Panca Sila oleh Soekarno yang dikemukakan pada tanggal 1 Juni 1945 dalam pidatonya secra spontan beliau yang dikenal dengan judul "Lahirnya Pancasila" Soekarno mengemukakan dasr-dasar sebgai berikut;

    1. Kebangsaa indonesia
    2. Internasionalisme atau peri kemanusiaan
    3. Mufakat atau demokrasi, dasar perwakilan, dasar permusyawaratan
    4. Kesejahteraan sosial
    5. Ketuhanan

    Nama Pancasila itu disampaikan oleh Soekarno dalam pidatonya pada tanggal 1 juni 1945, beliau berkaya :

    Sekarang banyaknya prinsip: kebangsaan, internasionalisme, mufakat, kesejahteraan dan ketuhanan, lima bilangannya. Namanya bukan Panca Dharma, tetapi saya namakan ini dengan petunjuk seorang teman kita ahli bahasa - namanya ialah Pancasila. Sila artinya asa atau dasar, dan diatas kelima dasar itulah kita mendirikan negara Indonesia, kekal dan abadi. 

Tujuan Pancasila

Tujuan Pancasila telah disebutkan dalam Undang-Undang Dasar 1945, yaitu sebagai Dasar Negara Republik Indonesia, dipergunakan untuk mengatur seluruh tatanan kehidupan bangsa dan Negara Indonesia.

Fungsi Pancasila



Sebagai Dasar Negara Pancasila Berfungsi Sebagai:

  1. Sumber dari segala sumber hukum indonesia, dengan demikian pancasila merupakan asas kerohanian tertib hukum Indonesia
  2. Suasana kebatinan dari Undang-Undang Dasar
  3. Cita-cita hukum bagi hukum dasar negara
  4. Merupakan sumber semangat bagi Undang-Undang Dasar 1945, penyelengggara negara. pelaksana pemerintahan, MPR dengan ketetapan No.XVIIV MPR/1998 telah mengembalikan kedudukan Pancasila sebagai dasar negara RI
  5. Norma-norma yang mengharuskan Undang-Undang Dasar mengandung isi yang mewajibkan pemerintah dan lain-lain penyelenggara negara memegang teguh cita-cita moral rakyat yang luhur.
Pengertian Pancasila, Sejarah, Tujuan, Arti dan Fungsi Pancasila yang admin sampaikan semoga bisa menambah ilmu dan pengetahuan, serta dapat mengamalkan pancasila dan butir-butir pancasila sebagai dasar negara. yang mana peraturan yang ada dalam kehidupan masyarakat Indonesia telah diatur di dalam Pancasila.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Pancasila : Sejarah, Tujuan, Arti dan Fungsi Pancasila"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel