ASEAN : Pengertian, Sejarah, Anggota dan Tujuan Didirikannya Asean

Pengertian ASEAN


ASEAN adalah sebuah organisasi geo-politik dan ekonomi dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara, Asean merupakan kepanjangan dari Association of Southeast Asian Nations. Asean juga dikenal dengan nama Perbara yang merupakan kepanjangan dari Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara.

Asean didirikan di bangkok, yang didirikan oleh lima negara diantaranya yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand, cakupan wilayah Asean meliputi daratan seluas 4,46 juta km² atau setara dengan 3% total luas daratan di bumi serta memiliki populasi kurang lebih 600 juta orang ata setara dengan 8.8% total populasi dunia.

Tujuan didirikannya Asean

ASEAN : Sejarah Terbentuknya Asean


Asean didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Asean dirikan dan dibentuk oleh lima negara yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina dan Singapura. Asean dibentuk di Bangkok melalui Deklarasi Bangkok itulah Asean terbentuk dan di tanda tangani oleh menteri luar negeri pada saat itu adalah, Adam Malik (Indonesia), Thanat Koman (Thailand), S. Rajaratnam (Singapura),  Narsisco Ramos (Filipina), dan Tun Abdul Razak (Malaysia)

Isi Deklarasi Bangkok (Didirikan Asean)


Isi deklarasi Bangkok yang menjadi tujuan berdirinya asean adalah sebgai berikut :
  1. Untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan perkembangan kebudayaan di kawasan Asia Tenggara
  2. Meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional
  3. Memelihara kerjasama yang erat ditengah-tengah organisasi regional dan internasional yang ada
  4. Menignkatkan kerjasama untuk memajukan pendidikan, latihan dan penelitian di kawasan Asia Tenggara
  5. Meningkatkan kerjasama dan saling membantu untuk kepentingan bersama dalam bidang, sosial, ekonomi, teknik, ilmu pengetahuan dan administrasi

Angota Asean



Pada awal terberdirinya Asean, organisasi ini terdiri dari lima negara, diantaranya adalah, Indonesia, Malaysia, Filipina, Thaliland, dan Singapura. Mengingat kepentingan geografis, ekonomi serta politik yang strategis Asean telah berkembang, dan anggotanya juga telah diperluas.

1. Anggota Asean Terdiri dari Semua Negara di Asia Tenggara


Berikut ini adalah negara-negara yang telah tergabung dan menjadi anggota Asean :
  1. Filipina ( negara pendiri Asean)
  2. Indonesia ( negara pendiri Asean)
  3. Malaysia ( negara pendiri Asean)
  4. Singapura ( negara pendiri Asean)
  5. Thailand ( negara pendiri Asean)
  6. Brunei Darussalam (bergabung pada tanggal 7 Januari 1984)
  7. Vietnam (bergabung pada tanggal 28 Juli 1995)
  8. Laos (bergabung pada tanggal 23 Juli 1997)
  9. Myanmar (bergabung pada tanggal 23 Juli 1997)
  10. Kamboja (bergabung pada tanggal 30 april 1999)

2. Perluasan Keanggota Asean


Asean telah memperluas anggota kepada negara-negara tetangga di sekitar Asean mengingat kepentingan geografis, ekonomi dan politik, berikut ini adalah negara-negara perluasan keanggotaan Asean :
  1. Bangladesh
  2. Palau
  3. Papua Nugini
  4. Taiwan, dan
  5. Timor Leste

Tujuan Asean


Tujuan didirikannnya Asean seperti yang tercantum didalam deklarasi Bangkok, Deklarasi Bangkok adalah landasan kesepakatsn untuk mengadakan kerjasama regional dalam bidang ekonomi, sosial dan kebudyaan di asia tenggara.

Dalam deklarasi Bangkok di tandatangani oleh ketua delegasi yang terdiri dari lima negara dan pada tiap-tipap negara diwakili oleh, Adam Malik (menteri luar negeri Indonesia), Tun Abdul Razak (wakil perdana menteri Malaysia), Narciso Ramos (menteri luar negeri Filipina), S. Rajaratnam (menteri luar negeri Singapura) dan Thanat Khoman (menteri luar negeri Thailand)

1. Tujuan Asean di Bentuk


Adapun untuk tujuan Asean didirikan atau dibentuk diantaranya adalah sebgai berikut :
  1. Memelihara kerjasama yang lebih erat dan bergabung dengan organisasi internasional dan regional lainnya untuk menjajaki segala kemungkinan saling bekerja sama secara lebih erat diantara mereka
  2. Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial serta pembangunan kebudayaan dikawasan ini melalui usaha bersama dalam semangat kesamaan dan persahabatan untuk memperkokoh landasan sebuah masyarakat bangsa-bangsa Asia Tenggara yang sejahtera dan damai.
  3. Untuk meningkatkan kerjasama yang lebih efektif dalam meningkatkan penggunan pertanian serta industri, perluasan perdgangan komoditas internasional, perbaikan sarana pengangkutan dan komunikasi serta peningkatan taraf hidup rakyat mereka
  4. Saling memberikan bantuan dalam bentuk sarana-sarana pelatihan dan penelitian dalam bidang pendidikan, tknik, profesi dan administrasi.
  5. Meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional dengan jalan menghormati keadilan dan tertib hukum didalam hubungan antara negara-negara dikawasan ini serta mematuhi prinsip-prinsip Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PPBB)
  6. Meningkatkan studi tentang masalah-masalah di Asia Tenggara
  7. Meningkatkan kerjasama yang aktif dan saling membantu dalam bidang ekonomi, budaya, sosial, teknologi dan administrasi
ASEAN : Pengertian, Sejarah, Anggota dan Tujuan Didirikannya Asean, Asean merupakan Perhimpunan Bangsa-Bangsa yang bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, perkembangan kebudayaan, perkembangan sosial, perdamaian serta stabilitas tingkat nasional negara-negara anggota asean.


Referensi :
1. https://id.wikipedia.org/wiki/Perhimpunan_Bangsa-Bangsa_Asia_Tenggara

2. https://id.wikipedia.org/wiki/Deklarasi_Perbara#cite_ref-ensiklopedi_1-4
3. https://id.wikipedia.org/wiki/Deklarasi_Perbara

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "ASEAN : Pengertian, Sejarah, Anggota dan Tujuan Didirikannya Asean"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel