Cause and Effect Diagaram - Pengertian, Manfaat, Cara Membuat Cause and Effect Diagram

Cause and Effect Diagram


Cause and Effect Diagram adalah suatu metode yang dipergunakan untuk menganalisa penyebab dari sebuah masalah atau kondisi, diagram ini juga disebut dengan Fishbone diagram, penemu cause and effect diagram adalah ilmuwan dari jepang yaitu Prof. Kaoru Ishikawa, beliau adalah alumni teknik kimia Universitas Tokyo di tahun 1943 

Cause effect diagram ini digunakan untuk meneliti mengapa sesuatu terjadi atau mungkin terjadi dengan mengatur penyebab potensial kedalam kategori yang lebih kecil, cause effect diagram ini juga dikenal dengan sebutan diagram Ishikawa dan juga disebut dengan diagram Fishbone Diagram (diagram tulang ikan).

Manfaat Cause Effect Diagram / Fishbone Diagram


Cause and effect diagram atau fishbone diagram mempunyai manfaat sebagai berikut :
  1. Bisa mendapatkan ide-ide yang dapat memberikan solusi untuk memecahkan suatu masalah
  2. Mengidentifikasi akar penyebab dari suatu permasalahan
  3. Dapat membantu dalam pencarian dan penyelidikan fakta lebih lanjut 
Fungsi dasar cause and effect diagram atau fishbone diagram atau diagram ishikawa adalah untuk mengidentifikasi dan mengorganisasi penyebab yang mungkin timbul dari suatu efek spesifik  dan kemudian memisahkan akar penyebabsuatu masalah dan membantu menemukan gagasan serta ide dalam menyelesaikan suatu masalah

Analisa  Cause and Effect

Cause and Effect Diagaram
Source: smartdraw.com

Sebelum membuat cause and effect diagram tulislah pokok masalah utama untuk di analisis di dalam kotak yang pada umumnya terletak ditepi kanan halaman, garis yang dinamakan "tulang belakang atau tulang punggung" garis harus diperluas ke kiri mulai dari tepikotak utama.

Selanjutnya buat sudut bercabang dari tulang belakang, masing-masing mewakili sebab akibat atau akibat masalah utama, masing-masing cabang tersebut dapat berisi cabang tambahan, sebagian besar cause and effect diagram memeriksa serangkaian kemungkinan penyebab yang sama untuk setiap masalah yang di analisis.

Dalam industri manufaktur cause and effect diagram dipergunakan untuk memeriksa penyebab kemungkinan masalah yang yang meliputi manajemen dan pemeliharaan.

Cause and Effect dalam industri Manufaktur

Analisa cause and effect dalam analisis industri manufaktur tersebut dinamakan 6M diantaranya seperti :
  1. Methods
    hal ini meliputi Apakah pedoman telah ditulis dengan baik dan sesuai, Apakah kebijakan serta peraturan tertentu dapat menyebabkan kelambatan atau membuat langkah yang tidak perlu
  2. Machines
    Hal ini mencakup teng tang masalah pemeliharaan mesin atau alat yang digunakan atau jumlah mesin yang tersedia
  3. Materials
    Yaitu mengenai apakah ada masalah dalam mendapatkan bahan baku dari pemasok atau suplayer, tentang masalah transportasi, waktu serta kualitas persediaan
  4. Measurements
    yaitu meliputi Apakaah ada kesalahan dalam perhitungan atau kontaminasi yang menyebabkan pembacaan yang salah, tentang pengukuran yang tidak konsisten,perawatan peralatan secara teratus
  5. Mother Nature/Environment
    yaitu tentang lngkungan, mengenai kondidi suhu lingkungan terlalu panas ataukah dingin, apakah ada kontaminasi lainnya
  6. Manpower/People
    yaitu tentang tenaga pekerja apakah telah mencukupi, pelatihan bagi tenaga yang masih baru,konsistensi pelatihan, apakah pekerja telah sesuai dengan pengalamannya.
Cause and Effect Dalam Industri Jasa

Analisis Cause Effect dalam Industri Jasa di gambarkan sebagai 4S yang terdiri dari :
  1. Surroundings (Lingkungan) yaitu apakah perusahaan telah memproyeksikan citra yang tepat?apakah telah nyaman?apakah ada kerusakan?
  2. Suppliers(Pemasok) yaitu meliputi pelayanan terhadap pemasok, apakah ada masalah dalam memberikan pelayanan?apakah ada masalah dengan kualitasnya?apakah lalu lintas cukup lancar?
  3. System (sistem) yaitu mengenai kebijakan prosedur untuk semua skenario? apakah memiliki mesin yang dapat membantu server untuk melakukan pemesanan atau pengiriman secara efisien
  4. Skill (ketrampilan) yaitu mengenai ketrampilan karyawan, apakah karyawan telah dilatih/mengikuti pelatihan dengan baik, apakah karyawan memiliki pengalaman yang tepat dengan jenis pekerjaannya.

Tahap-tahap Dalam Membuat Cause and Effect Diagram / Fishbone Diagram/ Ishikawa


Dalam menerapkan teori Fishbone diagram/cause and effect diagram tahap-tahap yang harus dilakukan adalah sebagai berikut :
  • Mengidentifikasi Masalah, yaitu dengan menentukan proses atau masalah yang akan diperiksa
  • Mendiskusikan semua kemungkinan penyebab kelompok kedalam kategori
  • Menemukan ide-ide yang dapat memberikan solusi dalam menyelesaikan masalah
  • Mencari dan menyelidiki fakta lebih lanjut 
  • Menganalisa informasi yang telah disusun untuk mecapai solusi dan menjalankan tindakan
Cara Membuat Cause and Effect Diagram

Cause and Effect Diagram dapat dibuat dengan mudah dengan menggunakan software Fishbone Diagram Maker, kamu dapat membuatnya dengan cepat serta hasil yang baik, cukup dengan membuka software yang telah kamu download. kamu dapat mendownload di website resminya smartdraw

Cause and Effect Diagram ini selain dinamankan diagram Fishbone Diagram juga dikenal dengan diagram Ishikawa, nama tersebut diambil dari penemu diagram tersebut yaitu Profesor Kaoru Ishikawa.

Sumber/Daftar Pustaka/Referensi :
https://www.smartdraw.com/cause-and-effect/
https://sis.binus.ac.id/2017/05/15/fishbone-diagram/

Disclaimer
Perlu diketahui bahwa semua informasi yang kami sampaikan belum dapat dipastikan 100% akurat
Gambar hanya sebagai ilustrasi/referensi. Gambar, artikel yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber untuk mencari validitas . Hak cipta sepenuhnya milik sumber tersebut.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cause and Effect Diagaram - Pengertian, Manfaat, Cara Membuat Cause and Effect Diagram"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel