Pengertian Internet, Sejarah, Unsur-unsur dan Manfaatnya di Berbagai Bidang

Pengertian Internet


Internet pada awalnya disebut dengan ARPANET, lama kelamaan semakin berkembang kemudian nama tersebut berupah menjadi Internet, semakin berkembangnya internet banyak di minati oleh semua kalangan, dari anak-anak, pelajar, mahasiswa, pekerja, pengusaha dan lain sebagainya. internet juga banyak digunakan ditempat umum yang dapat di akses secara gratis dengan menggunakan wi-fi.

Internet semakin banyak penggunanya dari berbagai kalangan meng-akses internet dengan keperluan yang berbeda-beda, seperti mencari hiburan, mencari tugas sekolah atau kuliah, menjual produk, berkomunikasi di media sosial dan lain sebagainya.

1. Pengertian dan Unsur Internet 



Pengertian Internet adalah semua jaringan komunikasi yang saling terhubung dengan menggunakan media elektronik meliputi jaringan yang luas dengan menggunakan standar sistem global IP ( Internet Protocol) atau TCP (Transmission Control Protocol).

Kenapa internet menggunakan IP/TCP?, fungsi dari IP itu sendiri adalah prosedur untuk mengirimkan data pada jaringan internetwork untuk memberikan alamat rute paket data dari satu host kepada host yang lainnya.

Sedangkan TCP merupakan standar yang mengatur jaringan komunikasi yang berorientasi pada jaringan (koneksi) dengan menggunakan OSI atau DARPA.

Pengertian Internet

2. Sejarah Perkembangan Internet


Internet adalah jaringan komputer yang didirikan oleh departemen pertahanan Amerika Serikat, di dirikan sejak tahun 1969 melalui proyek ARPA dan jaringannya dikembangkan oleh Advanced Research Project Agency Network (ARPANET)


Tujuan pertama internet dirikan untuk keperluan militer, pada awalnya ARPANET hanya tersambung pada empat situs yang terdiri dari University of California, Santa Barbara, University of Utah, Stanford Research Institute,mereka membuat satu jaringan terpadu di tahun 1969

ARPANET Secara publik diperkenalkan pada Oktober 1972, kemudian Internet terus berkembang denga cepat didaerah secara meneyeluruh yang kemudian semua universitas yang ada di negara tersebut ingin bergabung, membuat ARPANET kebingungan dalam mengatur hal tersebut


Untuk mengembangkan jaringan tersebut kemudian ARPANET dibagi menjadi dua bagian, yaitu MILNET dibuat untuk keperluan militer, sedangkan ARPANET untuk keperluan non militer, penggabungan keduanya akhirnya diberi nama DARPA Internet, yang kemudian dibuat lebih ringkas menjadi Internet.

Tim Berners Lee di tahun 1990 membuat sebuah program browser dan editor yang dapat terhubung antara satu komputer dengan komputer lainnya pada sebuah jaringan, yang kemudian program tersebut diberi nama www kependekannya adalah world wide web.

World Wide Web (www) adalah sebuah URL untuk mengidentifikasi nama, layanan atau sumber internet pada sebuah halaman web, URL itu kependekan dari Uniform Resource Locator, URL telah berkembang sejak tahun 1994.

Pada bagian pertama internet menunjukkan protokol contohnya https:// atau http://. Sedangkan bagian kedua dari URL menunjukkan sebuah alamat server dimana sumber daya itu terletak, contohnya www.google.com untuk website Google, untuk bagian ketiga dari URL yaitu part file yang menunjukkan lokasi serta nama program atau dokumen dalam server tersebut. contohnya 2019/11/pengertian-internet-dan-manfaatnya.html

4. Manfaat Internet di Berbagai Bidang


A. Manfaat Internet Sebagai Media Bisnis


Manfaat Internet dapat digunakan dalam segala bidang, seperti ; Pendidikan, Perbankan, Hiburan dan lain sebagainya,  dalam hal Bisnis Internet dapat berperan penting untuk menunjang kesuksesan dalam berbisnis baik secara lokal maupun global, Bisnis di media internet sekarang ini telah berkembang pesat dari perorangan sampai tingkat perusahaan

Contoh bisnis melalui media internet diantaranya :
  1. Membangun Halaman sosial media
  2. Menjual Hasil karya
  3. Menjual Domain
  4. Kursus Online
  5. Menjual Informasi
  6. Menjual hosting
  7. Menjual Software atau program
  8. Menjual Produk
  9. Menjual website
  10. Menjual Blog
  11. Pemasaran Online dan lain-lain

B. Manfaat Internet untuk Media Hiburan



Manfaat Internet juga dapat difungsikan sebagai sarana yang positif untuk mencari hiburan yang sesuai dengan hoby ataupun selera masing-masing pengguna agar terlepas dari kejenuhan,
contohnya adalah sebagai berikut ;
  1. Bermain game online (game yang benilai positif)
  2. Membuka Chanel Tv Online
  3. Menonton Youtube atau membuat video youtube
  4. Membuka Sosial Media seperti ; Facebook, Blog, Youtube, Instagram tweeter  dan lian-lain.

C. Manfaat Internet Sebagai Media Komunikasi


Manfaat Internet dalam media komunikasi, Media komunikasi merupakan suatu sarana atau alat yang dapat digunakan untuk mengirimkan pesan dari komunikator kepada publik. semakin berkembang zaman semakin berkembang pula kemajuan teknologi untuk menunjang segala aspek dalam kehidupan.

Internet memberikan banyak kemudahan dan fleksibel bagi para pengguna, sebagai contoh Salah satu Manfaat Internet dalam komunikasi yaitu para pengguna dapat mengirim foto, Surat lamaran pekerjaan atau file lainnya dengan cepat dan mudah,

Ada beberapa jenis media komunikasi yang dalam penggunaannya memerlukan jaringan internet diantaranya adalah :

Fax Modem, media komunikasi ini dapat digunakan untuk mengirin Fax melalui komputer atau laptop dengan bantuan modem, yang mana fax tersebut telah terprogram dalam sebuah komputer atau laptop yang dilengkapi dengan modem untuk mendapatkan jaringan internet agar dapat terhubung kepada fax server.

Email, yaitu merupakan jenis surat elektronik yang dapat anda kirimkan kepada alamat email tujuwan anda, surat elektronik ini dapat anda buat melalui Gmail, YahooMail, Yandex atupun yang lainnya.

Radio, Komudikasi menggunakan sistem radio juga telah banyak digunakan, baik tanpa kabel maupun non kabel, dapat digunakan dengan bantuan jaringan Internet bisa juga digunakan dengan jaringan telephone.

Netmeeting, adalah sebuah aplikasi windows dimana pengguna harus menginstal terlebih dahulu aplikasi tersebut untuk dapat menggunakannya.

Chating, merupakan percakapan melalui tulisan antara dua orang atau lebih secara online, sekarang ini banyak website yang dilengkapi dengan fasilitas chat, agar pengunjung website tersebut dapat chat secara langsung kepada pengelola atau admin website yang dikunjungi.

Video Converence, merupakan media komunikasi dalam bentuk Video dan audio yang didukung dengan sambungan jaringan Internet untuk menjalankan proses komunikasi tersebut. Satelit, Merupakan jaringan komunikasi yang menggunakan alat signal gelombang mikro, satelit pada umumnya digunakan untuk mengirimkan data, suara, gambar, atau signal televisi.

SMS (Short Message Service) merupakan media komunikasi untuk mengirimkan pesan dengan jumlah kata atau huruf yang terbatas, SMS dapat dikirimkan melalui ponsel, di era teknologi modern ini SMS tersedia dalam sebuah aplikasi yang penggunaannya harus didukung dengan koneksi jaringan Internet.

Internet Telephony (voIP), Merupakan sarana atau alat untuk mengirimkan pesan suara yang dapat digunakan melaui ponsel dengan dukungan Internet, Internet telephony juga dapat digunakan melalui laptop atau komputer.

Media Sosial, merupakan media komunikasi yang harus tersambung dengan jaringan internet, sosial media berkembang dengan pesat serta memberikan banyak kemudahan, dari mengirim pesan, foto, file/dokumen, dan sebagainya, banyak sosial media atau media sosial yang dapat digunakan sebagai media komunikasi, diantaranya; WhatsApp, BBM, Line, Wechat, Instagram, facebook, path dan lain-lain.

Blog atau Website, merupakan sebuah halaman situs yang dapat digunakan sebagai media komunikasi dan informasi, antara pengunjung website atau blog dengan visitor, website atau blog biasanya berisi tentang, halaman yang berbentuk tulisan, Gambar, Video ataupun penggabungan ketiganya.

WhatsApp atau lebih dikenal dengan nama W.A, whatsapp merupakan aplikasi untuk mengirim pesan, foto, video atau bentuk file lainnya, W.A sampai saat ini terus berkembang dan banyak di gunakan dari berbagi kalangan untuk berkomunikasi dengan teman, saudara, atau keluarga.

D. Manfaat Internet Sebagai Media Informasi


Kemajuan teknologi yang semakin canggih internet memberikan banyak kemudahan bagi kita, dengan adanya internet maka kita akan lebih efisien dalam mencari informasi dengan membuka tv online, situs berita atau media lainnya dengan lebih mudah dan cepat.

Internet menyediakan berbagai macam informasi yang bisa anda dapatkan, melalui browsing di Google search engine, mozilla firfox, opera mini, UCbrowser, Bing atau melaui media lainnya untuk menemukan segala sesuatu informasi yang anda butuhkan, dari lowongan kerja, informasi pendidikan, jual beli,kesehatan, kecantikan, lifestyle dan masih banyak lagi informasi yang bisa anda peroleh dari media Intenet.

E. Manfaat Internet Sebagai Media Pendidikan


Internet merupakan pintu Informasi dunia, gudangnya berbagai informasi, file, video, foto dan lain sebagainya, anda dapat mencari apapun dengan berselancar didunia internet sampai kepenjuru dunia.

Adapun Manfaat Internet dalam Media Pendidikan diantaranya:
  1. Memperluas Ilmu pengetahuan dan wawasan
  2. Untuk menjual atau memasarkan sebuah karya seni atau hasil karya penelitian
  3. Internet dapat digunakan untuk mencari bahan pustaka yang dibutuhkan, oleh siswa, guru, dosen, mahasiswa atau siapapun yang memiliki minat dalam bidang tersebut.
  4. Mencari buku atau download buku yang sesuai dengan kebutuhan dalam pendidikan.
  5. Internet dapat dimanfaatkan untuk mencari bahan dalam membuat tugas-tugas sekolah, contohnya membuat makalah, skripsi, tesis, kliping dan lain sebagainya.

Demikian Pengertian Internet, sejarah, Unsur-unsur dan Manfaatnya di Berbagai Bidang, kamu juga dapat mencari pengertian internet yang lebih luas lagi dengan browsing internet ke situs web lainnya untuk mencari validitas, semoga pengertian internet yang admin bagikan bermanfaat.


Disclaimer
Perlu diketahui bahwa semua informasi yang kami sampaikan belum dapat dipastikan 100% akurat
Gambar hanya sebagai ilustrasi. Gambar, artikel yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber untuk mencari validitas . Hak cipta sepenuhnya milik sumber tersebut.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Internet, Sejarah, Unsur-unsur dan Manfaatnya di Berbagai Bidang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel