Hakekat Kewirausahaan

Kewirausahaan atau disebut juga Enterpreneurship, saat kita mendengar kata Kewirausahaan pastinya kita juga teringat dengan wirausaha, apakah keduanya mimiliki definisi yang sama atau tidak, apakah Kewirausahaan dan Wirausaha memiliki hubungan yang erat?

Pengertian Kewirausahaan


Kewirausahaan dan Wirausaha memiliki definisi yang berbeda, Kewirausahaan merupakan sifat dari seseorang yang mempunyai jiwa aktif dalam mengembangkan hasil karyanya yang memiliki manfaat bagi dirinya dan orang lain.

Sedangkan Wirausaha merupakan kemampuan yang dimiliki oleh seseorang dalam menggali potensinya untuk menjalankan usahanya secara mandiri.
Kewirausahaan memiliki sifat yang menyeluruh atau luas, sedangkan Wirausaha lebih mengarah kepada dirinya sendiri.

Menurut (Pekerti, 1997) Untuk berWirausaha pada dasarnya ada dua unsur pokok yaitu Peluang dan Kemampuan dalam menanggapi peluang, berdasarkan kedua unsur tersebut Kewirausahaan didefinisikan sebagai peluang usaha yang terungkap dalam seperangkat tindakan serta membuahkan hasil berupa organisasi usaha yang melembaga,produktif&inovatif

Hakekat Kewirausahaan



Definisi Wirausaha Menurut Para Ilmuwan ;


1. Wirausaha adalah seorang penemu dan individu yang membangun sesuatu yang unik dan baru (menurut :Richard Cantilion, 1755)

2. Wirausaha adalah orang yang mengelola,mengorganisasikan & berani menangung segala resiko untuk menciptakan peluang usaha dan usaha baru ( menurut: John F. Burges, Dan Stein, 1993)

3. Wirausaha ialah pengusaha yang mampu mengelola sumber-sumber daya yang dimiliki secara ekonomis (efektif & efisien) & tingkat produktivitas yang rendah menjadi tinggi ( menurut: J.B Say, 1803)

4. Wirausaha ialah seorang yang memperoleh peluang dan menciptakan organisasi untuk mengejar peluang tersebut (menurut : Scumpeter; Bygrave, 1996)

5. Definisi Wirausaha menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) yaitu : pengertian wirausaha sama dengan wiraswasta yaitu orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru menyusun oprasi untuk pengadaan produk baru.

Hakekat Kewirausahaan

Kewirausahaan merupakan suatu upaya untuk menghasilkan nilai tambah dengan cara mengombinasikan sumber-sumber denga strategi baru untuk mendapatkanpelung serta mampu menciptakan peluang baru untuk meraih kesuksesan.

Kewirausahaan yang ada pada diri seseorang telah tertanamkan kreatifitas pada dirinya, sehingga ia mampu untuk selalu berkreasi, berinovasi dalam meraih peluang ataupun menciptakan peluang baru yang dapat menghasilkan manfaat bagi dirinya sendiri maupun untuk orang lain.

Hakekat Kewirausahaan Menurut Para Pakar Ilmuwan, bahwa Kewirausahaan memiliki karakter sebagai berikut :

1. Kewirausahaan menurut (Peter F Drucker 1959) adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda.

2. Kewirausahaan menurut (Soeharto Prawiro, 1997) adalah suatu nilai yang diperlukan untuk memulai sesuatu usaha dan perkembangan usaha

3. Kewirausahaan menurut (Salim Siagian) adalah semangat perilaku  dan kemampuan memberikan rspon positif kepada peluang untuk mendapatkan keuntungan bagi didri sendiri dan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan atau masyarakat, serta menciptalan dan menyediakan produk yang lebih bermanfaat dengan menerapkan cara kerja yang lebih efisien dan efektif melaui keberanian mengambil resiko, kreativitas, inovasi & kemampuan management.

4. Kewirausahaan menurut (Ahmad Sanusi, 1994) adalah suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan dasar sumber daya, tenaga penggerak, tujuwan, siasat,kiat proses & hasil bisnis.

5. Kewirausahaan menurut (Thomas W Zimmere 1996) adalah penerapan kreativitas dan keinovasian untuk memecahkan permasalahan dan upaya memanfaatkan peluang-peluang yang dihadapi orang setiap hari

6. Kewirausahaan menurut (Stephen Robins) adalah proses mengejar berbagai peluang untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melaui inovasi

7. Kewirausahaan menurut (Robert D. Hisrich) adalah proses kreativ untuk menciptakan sesuatu yang bernilai lebih tinggi dengan mengoptimalkan segala daya upaya, seperti mencurahkan waktu, dana, psikologis, & penerimaan penghargaan atas kepuasan seseorang.

8. Kewirausahaan menurut (S. Wijandi) adalah suatu sifat keberanian, keutamaandalam keteladanan mengambil resiko yang bersumber pada kemampuan sendiri.

9. Kewirausahaan menurut (Drs. Joko Untoro) adalah suatu keberanian untuk melakukan upaya-upaya memenuhi kebutuhan hidup yang dilakukan oleh seseorang atas dasar kemampuan dengan cara memanfaatkan segala potensi yang dimiliki utntuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya & org lain

10. Kewirausahaan menurut (J Leach Ronald Melicher ; Entrepreneurial Finance) adalah sebuah proses dalam merubah ide menjadi kesempatan komersil dan menciptakan nilai (harga)

11. Kewirausahaan menurut ( Eddy  Soeryanto Soegoto) adalah usaha kreatif yang dibangun berdasarkan inovasi untuk menghasilkan sesuatu yang baru, memiliki nilai tambah, memberi manfaat, menciptakan lapangan kerja dan hasilnya berguna bagi orang lain.

12. Kewirausahaan (Debbie Roxarzade) adalah kemajuan terus menerus menuju solusi inovatif untuk masalah utama

13. Kewirasusahaan (Konrad Billetz) adalah kemampuan untuk mengenali gambaran yang lebih besar, menemukan dimana ada kesempatan untuk membuat kehidupan seseorang lebih baik, dengan merancang hipotesis disekitar peluang.

Inti pokok dari Kewirausahaan adalah mampu untuk mengambil tindakan serta mempunyai keberanian untuk komitmen dan bertahan dalam melalui semua tantagan yang ada, seorang pengusaha harus berani untuk berperang melawan kegagalan.

Hakekat Kewirausahaan dapat diwujudkan dengan keberanian dalam mengambil resiko, mampu belajar dari pengalaman masa lalu untuk mendapatkan kesuksesan, tekun, ulet dan percaya diri, selalu optimis, mampu menciptakan hal-hal baru yang unik, dan mampu meciptakan peluang baru serta dapat meraih peluang yang ada.



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Hakekat Kewirausahaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel