Panduan Cara Membuat Blog Blogspot Dengan Langkah Mudah Untuk Pemula

Apakah Blog itu?

Membuat Blog - Blog atau disebut juga Blogger merupakan sebuah layanan yang bersifat publik yang dimiliki oleh Google, Blogger pada awalnya didirikan oleh Pyra Labs namun telah diakuisisi oleh Google semenjak tahun 2003.
Blog memilki beberapa evinisi diantaranya adalah sebagai berikut;
  • Blog atau Blogger adalah merupakan sebuah dokumen yang berisi element gambar, video, foto dan data ataupun teks yang telah disusun oleh publisher secara hierarkis hingga menjadi beberapa artikel yang dapat dibuka melalui media internet.
  • Blog mempunyai kata lain Webblog yaitu sebuah aplikasi website memiliki sejumlah postingan yang tersusun rapi dari artikel yang baru sampai artikel yang telah lampau.
  • Blog merupakan situs yang memuat banyak artikel yang pada umumnya bersifat kontinu dalam mempublikasikan content kepada publik.
  • Blog adalah sebuah perjalanan artikel atau jurnal yang dipublikasikan secara terus menerus oleh publisher blog.
  • Blog adalah content yang telah disusun hingga menjadi sebuah arikel dan kemudian dipublikasikan melalui webblog.
Pada dasaranya Blogger ini memiliki sub domain bawaan yang dihost oleh Google dengan nama blogspot.com, namun sub domain tersebut dapat anda ganti dengan nama akhiran .com dengan kata lain anda dapat mengganti sub domain tersebut dengan custom domain TLD (Top Level Domain).
contoh; blogtutorial.blogspot .com nama domain tersebut jika anda ganti dengan custom domain TLD maka akan menjadi blogtutorial.com

Membuat Blog di Blogger

 
Untuk membuat sebuah Blog cukup mudah, namun ada beberapa langkah yang harus anda tempuh, diantaranya adalah sebagai berikut;

1. Membuat  Gmail / Akun Google

2. Mendaftar di Blogger

Jika anda belum memiliki Akun Gmail anda dapat membuatnya terlebih dahulu, dengan mengikuti panduan lengkap dibawah ini.

Cara Membuat Akun Gmail atau akun Google

 
Syarat utama yang harus anda lalui dalam tahap Membuat blog adalah anda harus memiliki Akun Gmail atau akun Google, untuk membuat akun tersebut langkah-langkahnya adalah sebagai berikut;

1. Langkah pertama untuk membuat akun google anda langsung saja browing membuaka situs 
resminya Google Create Account, agar lebih cepat anda dapat membuka situs resminya Google disini accounts.google.com

2. Setelah situs resminya Google terbuka anda bisa mengisi kolom-kolom yang telah disediakan, jika ada kesulitan anda dapat mengikuti panduan lebih lanjut dibawah ini.

Cara membuat akun Google
Picture; Google.com




3. Langkah selanjutnya anda dapat mengikuti keterangan gambar sebagai berikut;
  • Nomor 1 ; Anda isikan nama depan anda
  • Nomor 2 ; Diisi dengan nama belakang anda
  • Nomor 3 ; Anda isi nama Gmail yang akan akan anda buat
  • Nomor 4 ; Diisi dengan kata sandi atau pasword sesuai keinginan anda
  • Nomor 5 ; Anda isi dengan kata sandi yang telah anda buat
  • Nomor 6 ; Silahkan anda masukkan tahun lahir anda
  • Nomor 7 ; Anda isikan bulan lahir anda dikolom tersebut
  • Nomor 8 ; Masukkan tanggal lahir anda pada kolom tersebut
  • Nomor 9 ; Pilihlah Gender atau jenis kelamin anda pada kolom tersebut
  • Nomor 10 ; Masukkan nomor ponsel anda pada kolom tersebut
  • Nomor 11 ; Pilihlah lokasi Negara dimana anda bertempat tinggal
  • Nomor 12 : Jika semua langkah-langkah mengisi kolom telah selesai, anda tekan tombol warna biru yang bertuliskan "Langkah berikutnya"
  • Pada tahap selanjutnya anda akan dipandu secara otomatis oleh Google, anda hanya menekan tombol "berikutnya" sampai tahap tersebut selesai.
  • Selamat Akun Google anda telah berhasil dibuat.
Sekarang anda telah memiliki akun Google, setelah anda memiliki akun Google tersebut anda baru dapat Membuat Blog.

Cara Membuat Blog diBlogger

 
Cara membuat Blog diBlogger cukuplah mudah anda dapat langsung membuka situs resminya Blogger dan langsung mendaftarnya disana, atau anda dapat masuk website resminya Blogger disini Blogger.com
Setelah anda berhasil masuk berada dihalaman situs resminya Blogger maka tahap selanjutnya adalah sebagai berikut;
1. Silahkan anda tekan tombol "Buat Blog Anda"
2. Masukkan nama email (Gmail) yang telah anda buat tadi lalu tekan tombol "Next"
3. Masukkan pasword atau kata sandi yang telah anda buat tadi (buatlah pasword yang mudah diingat) lalu anda tekan tombol "Next" atau "Selanjutnya" secara otomatis anda akan dibawa pada tampilan seperti dibawah ini;
Cara membuat Blog terbaru
Picture;Blogger.com
4. Setelah terbuka seperti halaman disamping kanan tersebut, silahkan anda isi pada bagian kolom Judul blog, alamat blog,
Judul : Silahkan anda isi dengan judul Blog yang sesuai dengan keinginan anda atau yang sesuai dengan niche blog yang akan anda buat.

Alamat : Pada kolom ini, anda isi dengan alamat url blog anda, URL tersebut bisa anda buat sesuai dengan keinginan anda, dengan akhiran nama sub domain .blogspot.com, 

Contohnya tutorialblog.blogspot.com ,URL merupakan sebuah karakter yang telah dirangkai berdasarkan format standar tertentu, yang mempunyai fungsi untuk menunjukkan alamat pada suatu sumber jurnal, dokuman, gambar, video dan lain sebagainya yang ada pada media internet.

5. Setelah kolom-kolom tersebut anda isi semua, tahap selanjutnya silahkan anda memilih salah satu jenis template bawaan blogger yang anda sukai, setelah itu anda tekan tombol yang berwarna orange yang bertulisan "Buat Blog" secara otomatis anda akan dibawa menuju tampilan halaman baru, pada tampilan selanjutnya anda hanya perlu memasukkan alamat Gmail dan kata sandi saja.

6. Pada tahap selanjutnya anda akan dibawa menuju halaman Profil Blogger, pada halaman profil tersebut terdapat dua pilihan diantaranya yaitu, Profil Blogger terbatas dan profil Blogger Google plus, anda dapat memilih salah satu dari opsi yang tersedia. lalu anda isikan pada kolom-kolom yang telah disediakan. Setelah itu anda tekan pada tombol "Lanjutkan ke Blogger"

7. Pada bagian pengisian Form profil blogger anda dapat memberikan tanda contreng dan mengisi kolom yang sesuai dengan data diri anda, setelah itu tekan pada bagian tombol "simpan"

8. Selamat akun Blogger anda telah berhasil dibuat.
Langkah selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah membuat artikel yang akan dipublikasikan.

Cara Membuat Postingan atau Artikel di Blogger

 
Setelah anda memiliki akun blogger tidak cukup dibiarkan saja, agar blog anda terlihat hidup dan ada isinya maka anda harus membuat artikel secara berkesinambuangan, nah bagaimana cara membuat Artikel untuk blog? caranya adalah sebagai berikut;

1. Langkah pertama untuk membuat sebuah artikel anda bisa langsung masuk pada halaman Dashboard Blogger

Cara membuat artikel
Picture; Blogger.com
2. Pada langkah selanjutnya anda tekan tombol "Entri Baru"

3. Setelah anda tekan pada tombol Entri Baru maka anda akan dibawa menuju halaman postingan, merupakan halaman kosong untuk membuat atau mengetik sebuah Artikel blog anda.

4. langkah selanjutnya isikan Judul Artikel anda pada kolom Entri yang berada di atas.

5. Pada tahap selanjutnya sebelum ada mengetik, pastikan anda berada dalam mode Compose. (tombol terletak dibawah Entri)
Mode Compos ; digunakan untuk menulis format font biasa.
Mode HTML ; digunakan untuk menulis dalam format HTML

6. Silahkan anda Mulai menulis sebuah artikel untuk blog anda.

7. Setelah anda selesai menulis sebuah artikel, sebelum mempublikasikan postingan anda sebaiknya anda setting pada setelan entri, untuk memberikan label dan lin-lain.

8. Setelan Entri;

Cara setting setelan entri pada Artikel Blog

 

Menu-menu yang terdapat pada Setelan entri adalah sebagai berikut;
  • Label : berfungsi untuk memberikan label pada artikel yang telah anda buat
  • Jadwal ; Digunakan untuk menjadwalkan postingan anda ( jika anda tidak mengiginkan postingan anda secara otomatis dipublikasikan sesuai dengan waktu yang anda inginkan maka cukup dibiarkan saja)
  • Tautan permanen ; Pada menu ini terdapat dua pilihan yaitu Tautan Permanen Otomatis dan Tautan Permanen Khusus,
    Jika judul postingan anda tidak melebihi enam kata maka cukup menggunakan  tautan permanen otomatis saja, namun jika Judul postingan anda panjang dan lebih dari enam kata, sebaiknya anda menggunakan Tautan permanen khusus, karena kalau judul artikel yang anda lebih dari enam kata, kalo anda tidak menggunakan mode Tautan permanen khusus maka Judul artikel anda akan terpotong dalam search engine.
  • Lokasi ; Anda dapat memilih lokasi yang sesuai dengan lokasi anda.
  • Deskripsi Penelusuran ; Pada menu ini anda dapat menambahkan deskripsi yang berkaitan dengan Artikel postingan anda, pada Deskripsi penelusuran ini dapat membantu meningkatkan kualitas search engine optimization pada blog anda.
  • Pilihan ; Pada menu Pilihan masih terdapat beberapa submenu, anda dapat memilih yang sesuai dengan keinginan anda.
  • Tag Robot Khusus ; Pilih mode default saja, karena dalam pengaturan yang salah akan mengakibatkan blog anda di abaikan oleh mesin pencari Google.
9. Setelah semua settingan anda selesai anda bisa langsung mempublikasikan Artikel yang telah anda buat dengan menekan tombol "Publikasikan" yang berada di sebelah kanan atas.

Mudah kan Cara Membuat Blog, biasanya seseorang membuat blog punya tujuan uyang berbeda-beda, ada yang membuat blog untuk menyalurkan hobinya, ada juga yang membuat blog untuk dijual kembali, dan lain sebagainya, sampai bertemu lagi, dan semoga bermanfaat.

Selamat mencoba dan mempraktekkan  Panduan Cara Membuat Blog yang telah saya sampaikan, semoga kesuksesan selalu bersama anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Panduan Cara Membuat Blog Blogspot Dengan Langkah Mudah Untuk Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel