Pengertian PAUD Secara Filosofi dan Menurut Para Ahli | Fisolofi Pendidikan Anak

Pengertian PAUD secara filosofi adalah upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak usia dini untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak sehingga mereka mempunyai kesiapan memasuki pendidikan selanjutnya dengan upaya pemberian rangsangan pendidikan.

PAUD/Pendidikan Anak Usia Dini merupakan bagian dari pendidikan seumur hidup sebagai sebuah konsep yang dipopulerkan oleh UNESCO dalam istilah "Life long Education".

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah pendidikan yang diselenggarakan dengan tujuan untuk memfalisitasi pertumbuhan serta perkembangan anak secara menyeluruh atau menekankan pada pengembangan seluruh aspek perkembangan anak

Pengertian PAUD Berdasarkan Undang-undang nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pendidikan Anak Usia Dini AdalahSuatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai usia 6 (enam) tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhandan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut

Pengertian PAUD Secara Filosofi

Dalam agama islam disampaikan bahwa "Seorang anak dilahirkan dalam keadaan suci (fitrah), orang tua merekalah yang membuat anak tersebut menjadi Nasrani,Yahudi atau Majusi, maka untuk meningkatkan potensi kebaikan anak harus dilakukan sejak usia dini.

Pengertian PAUD secara etimologi


Pemahaman PUD secara etimologi pendidikan (paedagagie), paedagagie berasal dari bahasa yunani yang tersusun dari kata pais artinya anak, dan again yang artinya membimbing, dengan demikian paedagagie adalah bimbingan yang diberikan kepada anak.

Dalam bahasa arab pendidikan di istilahkan dengan kata tarbiyat yang memiliki banyak makna diantaranya yaitu
  • Al-ghadzadza : memberi makan atau memlihara
  • Nammaha wa zadaha : mengembangkan dan menambahkan
  • Atamma wa ashlaka : menyempurnakan dan membereskan
  • Allawatuhu : meninggikan
Sementara itu dalam bahasa inggis pendidikan di istilahkan dengan kata education yang mempunyai persamaan kata dengan process of teaching, training, and learning yang berarti proses pengajaran, latihan dan pembelajaran.

Upaya dalam Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)


PAUD adalah suatu proses pembinaan tumbuh kembang anak usia lahir hingga 6 tahun secara menyeluruh, yang meliputi aspek fisik serta non fisik, dengan memberikan rangsangan bagi perkembangan jasmani, rohani (moral,spiritual), akal pikiran, motorik, emosional dan sosial yang tepat agar anakdapat tumbuh dan berkembang secara optimal.

Upaya yang dapat dilakukan dalam Pendidikan Anak Usia Dini mencakup diantaranya yaitu
  • stimulasi intelektual
  • pemeliharaan kesehatan
  • pemberian nutrisi
  • memberikan kesempatan yang luas untuk mengekplorasi dan belajar secara aktif

Karakteristik pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini (PAUD)


Berdasarkan karakteristiknya pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini terbagi dalam beberapa tahapan, diantaranya yaitu
  1. Masa bayi lahir sampai 12 (dua belas) bulan
  2. Masa toddler yaitu usia 1 sampai 3 tahun
  3. Masa pra sekolah yaitu usia 3 sampai 6 tahun
  4. Masa kelas awal SD (sekolah dasar) usia 6 sampai 8 tahun
Pertumbuhan serta perkembangan anak usia dini perlu adanya pengarahan dan peletakan dasar-dasar yang tepat bagi pertumbuhan serta perkembangan manusia seutuhnya yang mencakup pertumbuhan dan perkembangan daya fisik, daya fikir, daya cipta, sosial emosional, bahasa dan komunikasi yang seimbang sebagai dasar pembentukan pribadi yang utuh pada pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini.

Perlakuan terhadap anak usia dini diyakini mempunyai efek kumulatif yang akan terbawa dan berpengaruh terhadap fisik dan mental anak dalam kehidupannya, sehingga perkembangan dan pertumbuhan anak usia dini perlu diarahkan dengan baik.

Seorang anak yang mendapat layanan Pendidikan Anak Usia Dini (PUD) dengan baik sejak usia dini memiliki harapan lebih besar untuk meraih kesuksesan masa depan, begitu pula sebaliknya anak yang tidak mendapat pendidikan sejak usia dini (layanan pendidikan) yang memadai membutuh perjuangan yang cukup berat untuk mengembangkan kehidupan selanjutnya.

Filosofi PAUD Pendidikan Anak Usia Dini


Dalam pemahaman filosofi PAUD terdapat beberapa pemikiran mengenai pendidikan anak usia dini yang melahirkan filosofi PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini)tokoh-tokoh tersebut diantaranya

1. PAUD dalam filosofi Islam


Nabi Muhammad SAW merupakan Pemikir utama dalam Pendidikan Anak Usia Dini Beliau adalah tokoh pendidikan yang menganjurkan pendidikan harus dimulai sejak kecil, sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW "Utlubul 'ilma minal mahdi illal lahdi" yang artinya Tuntutlah ilmu dari ayunan sampai ke liang lahat.

Dalam Hadits tersebut merupakan petunjuk yang tegas tentang pendidikan yang ditekankan sejak usia dini, bahwa pendidikan merupakan kontinuitas yang dimulai sejak anak masih dalam gendongan orang tua sampai meninggal dunia, hadits Nabi Muhammad SAW tersebut memberikan makna bahwa pendidikan itu sangat penting dan tidak ada kata berhenti untuk belajar menuntut ilmu.

2. Filosofi PAUD menurut Ki Hajar Dewantara

Ki Hajar Dewantara mengemukakan pendapatnya bahwa anak-anak adalah mahluk hidup yang memiliki kodratnya masing-masing. kaum pendidik hanya membantu menuntun kodratnya anak tersebut, apabila anak memiliki kodrat yang tidak baik, maka tugas pendidik untuk membantunya menjadi baik. jika anak sudah memiliki kodrat yang baik, akan ia akan lebih baik lagi jika dibantu melalui pendidikan.

Kodrat dan lingkungan merupakan konvergensi yang saling berkaitan dan mempengaruhi satu dengan yang lainnya, untuk rentang usia dalam pendidikan dibagi menjadi 3 (tiga0 masa diantaranya yaitu
  • Masa kanak-kanak(kinderperiod) usia 1 sampai 7 Tahun : cara mendidik untuk masa kanak-kanak adalah dengan memberi contoh dan pembiasaan
  • Masa pertumbuhan jiwa dan pikiran Usia usia 7 sampai 14 Tahun : cara mendidik untuk pertumbuhan jiwa dan pikiran dengan cara pengajaran dan perintah/hukuman/paksaan
  • Masa  sosial period (terbentuknya budi pekerti) usia 14 sampai 21 Tahun : cara mendidik untuk masa sosial period dengan cara laku dan pengalaman lahir dan batin
Demikian tentang Pengertian PAUD Secara Filosofi dan Menurut Para Ahli Pengertian PAUD Secara Filosofi dan Menurut Para Ahli | Fisolofi Pendidikan Anak, semoga bermanfaat dapat dijadikan acuan dalam memberikan pendidikan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian PAUD Secara Filosofi dan Menurut Para Ahli | Fisolofi Pendidikan Anak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel