Tips Sukses Mengikuti Job Fair Mendapat Pekerjaan Yang Kamu Impikan

Tips Mengikuti Job Fair


Tips mengikuti job fair mungkin kamu butuhkan untuk bahan masukan agar kamu sukses pada waktu mengikuti job fair. ada beberapa Tips job fair yang saya sampaikan dan sangat mudah untuk dijalankan pastinya bermanfaat untuk mendukung dirimu dalam mengikuti job fair

Job Fair adalah sebuah pameran atau bursa kerja yang di bentuk oleh berbagai penyelenggara, Job Fair merupakan peluang yang sangat baik dimana kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang telah lama menjadi impianmu, maka dari itu gunakan kesempatan dengan baik pada saat terbuka lowongan pekerjaan untukmu.

Di era digital ini semua semakin mudah, yang dulunya untuk melamar pekerjaan harus datang langsung ke suatu perusahaan kini dengan semakin canggihnya teknologi kamu dapat melamar pekerjaan atau mengikuti job fair [mendaftar] hanya dengan melalui ponsel saja.

Namun dibalik kemudahan dalam mengikuti job Fair atau mengajukan lamaran melalui media elektronik perlu kamu perhatikan semakin padatnya persaingan untuk mendapatkan pekerjaan, hal ini dapat kamu buktikan pada saat ada event pasti yang ikut job fair masih banyak, yang menghadiri bursa kerja dari lulusan baru maupun lama.

Tips mengikuti job fair

Tetaplah semangat untuk mendapatkan pekerjaan baik dengan cara mengikuti Job Fair atau dengan cara membuka situs penyedia lowongan pekerjaan, ikhtiar dan berdoa sudah menjadi kewajiban bagi manusia untuk meraih keberhasilan.

Dibalik persaingan yang semakin penuh kami punya saran bergabung di job fair agar kamu sukses mendapat pekerjaan, berikut tips ampuh yang dapat mendongkrak keberhasilanmu dalam megikuti Job Fair

1. Tips Pertama mengikuti job fair "Pilih Perusahaan Yang Paling Tepat"


Agar kamu sukses dalam mengikuti job fair kamu harus menggali informasi terlebih dahulu untuk memperoleh kabar berapa jumlah perusahaan yang ikut dalam bursa kerja tersebut, kemudian pilihlah slalh satu perusahaan yang cocok dengan skill ataupun pendidikan kamu.

Dengan mengajukan lamaran pekerjaan yang tepat maka akan mempermudah dirimu untuk memperoleh pekerjaan, saran dari kami pilihlah jenis pekerjaan yang sekiranya kamu mampu untuk mengerjakannya, dan jangan lupa untuk memperhatikan batas minimal pendidikan.

2. Tips Sukses dalam job fair kedua "Mengetahui Jenis Lowongan Pekerjaan yang Ada"


Pastinya dalam acara job fair akan tersedia banyak lowongan pekerjaan yang disediakan oleh berbagai perusahaan yang ikut acara job fair tersebut, kamu harus mengetahui jenis-jenis lowongan apa saja yang tersedia, agar kamu bisa memilih lowongan pekerjaan yang kamu minati.

Kamu juga bisa mendapatkan informasi perusahaan yang tergabung dalam job fair tersebut dengan cara browsing, maka kamu akan mengetahui tentang profil perusahaan, visi, misi, atau juga informasi tentang lowongan pekerjaan pada perusahaan tersebut. karena pada umumnya perusahaan yang mengikuti job fair juga membuka lowongan pekerjaan secara online ataupun offline.

3. Tips Mendapat Pekerjaan di Job Fair berikutnya "Berpenampilan Rapi"


Kamu perlu memperhatikan penampilanmu,pada waktu mengikuti job fair agar kamu sukses, kenakan pakaian yang bersifat resmi jangan memakai kaos ataupun sandal jepit, usahakan memakai sepatu.

Perlu di ketahui job fair adalah acara resmi bukan acara hiburan jadi kamu harus berpenampilan yang rapi dan menarik, Dengan berpakaian rapi untuk mengikuti job fair perekrut dari perusahaan akan memandang kamu sebagai orang yang berwibawa dan profesional

4. Tips sukses ikut job fair ke empat "Lengkapi Berkas Lamaran Pekerjaan"


Persiapkan keperluanmu untuk mengikuti job fair, lengkapi berkas lamaran kamu sebelum mengikuti job fair, agar pada saat bursa kerja tersebut di mulai kamu tidak kelabakan mencari kelengkapan yang kamu butuhkan.

Berkas-berkas yang dibutuhkan di job fair pada umumnya telah dipublikasikan melalui spanduk ataupun brosur yang telah di edarkan, kamu bisa melihat persyaratan tersebut, biasanya meliputi
  • Surat lamaran pekerjaan
  • Curiculum Vitae (CV)/Daftar Riwayar Hidup
  • Referensi/Surat Pengalaman pekerjaan apabila ada
  • Foto copy identitas
  • Pas Foto 4x6

5. Tips berhasil di job fair berikutnya "Memilih Tempat yang efektif"


Memilih tempat yang paling efektif sangat diperlukan karena dalam sebuah event pastinya akan banyak di hadiri oleh orang-orang, baik dari perusahaan terkait yang menyediakan lowongan pekerjaan ataupun para pencari kerja.

Maka dari itu kamu perlu mencari tempat yang strategis dalam mengikuti job fair hal ini juga sangat penting, kamu bisa melihat denah acara tersebut yang pada umumnya telah tersedia pada pintu masuk, kemudian tentukan urutan stan pada perusahaan yang menjadi sasaranmu, dengan posisi tempat yang efektif kamu akan lebih fokus untuk mengajukan lamaran pekerjaan pada perusahaan yang telah kamu incar dengan begitu kamu tidak membuang-buang waktu secara percuma

6. Tips sukses pada job fair yang ke enam "Tunjukkan Semangat yang Tinggi"


Pada waktu kamu mengikuti acara job fair tunjukkan bahwa diri kamu memiliki semangat yang tinggi, ini merupakan nilai plus yang banyak disepelekan oleh pencari pekerjaan, tunjukkan kalau kamu memiliki antusiasme yang tinggi dan bersikaplah ramah dan sopan.

Dengan semangatmu yang tinggi untuk bekerja maka manjemen perusahaan perekrut akan lebih terkesan kepadamu, berbeda halnya dengan pencari kerja yang terlihat seperti pemalas tentunya akan meninggalkan kesan yang sangat tidak baik.

7. Tips dapat Kerjaan di Job Fair lainnya "Berbicara Dengan Perekrut Perusahaan"


Apabila ada kesempatan berbicaralah dengan HRD Manager perusahaan atau manjemen perekrut pekerjaan yang hadir di job fair, dengan begitu kamu akan mengetahui lebih mendalam tentang perusahaan yang sedang kamu ajukan lamaran.

Berbicara dengan HRD manager selain dapat mengetauhi tentang kriteria seperti apa yang mereka butuhkan kamu bisa menunjukkan bahwa diri kamu mampu mengisi lowongan pekerjaan yang telah tersedia.

8. Tips sukses mendapat kerjaan di job fair selanjutnya "Tunjukkan Potensimu"


Sebelum kamu mengikuti job fair tentunya kamu telah memiliki pandangan tentang perusahaan mana yang kamu tuju serta jenis pekerjaan yang kamu incar untuk mendapatkan pekerjaan tersebut.

Dengan begitu kamu dapat menilai diri kamu tentang kemampuan/skill yang kamu miliki untuk mengisi lowongan yang tersedia di job fair, tunjukkan kepada perekrut perushaan bahwa kamu memiliki potensi yang baik untuk mengisi posisi pekerjaan tersebut.

9. Tips mendapat pekerjaan di Job Fair ke sembilan "Hadapi Interview Tengan Tenang"


Dalam event job fair terkadang diadakan interview secara langsung oleh perusahaan terkait, untuk menghadapi hal tersebut kamu perlu mempersiapkan diri untuk menjawab semua pertanyaan yang bakal diberikan kepadamu.

jangan takut dan minder saat di interview di job fair, hadapilah dengan tenang dan bersikap ramah pada manajemen terkait, usahakan penampilan kamu tetap rapi agar terlihat berwibawa, jangan lupa untuk menunjukkan beberapa kelebihan kamu sehingga kamu cocok mengisi lowongan yang tersedia.
 

10. Tips Berhasil dan sukses di job fair berikutnya "Menjalin Hubungan Baik"


Tips mengikuti job fair berhasil mendapat pekerjaan yang ke sepuluh yaitu menjalin hubungan baik dengan dengan penyelenggara job fair, instansi perusahaan terkait dan juga sesama pencari kerja lainnya, walaupun sesama pencari kerja itu bersaing kamu tetap harus berfikir secara positif.

Dalam membangun sebuah karir menjalin hubungan sangat penting, dengan jalinan hubungan yang baik kepada instansi perusahaan kamu bisa mendapatkan informasi terkait dengan lowongan pekerjaan yang sedang mereka cari.

selain mempunyai hubungan baik dengan perekrut dari perusahaan, kamu juga perlu membangun hubungan baik dengan penyelenggara job fair dan sesama penjari kerja, hal ini memungkinkan informasi job fair berikutnya

11. Tips mengikuti job fair dengan sukses yang terakhir "Menghubungi Perusahaan"


Tips mengikuti job fair agar diterima bekerja berikutnya yaitu dengan cara menghubungi perusahaan, menghubungi kembali perusahaan yang kamu ajukan lamaran pekerjaan terkadang diperlukan, untuk menanyakan kembali tentang pengajuan lamaran kerja kamu, hal ini dilakukan karena terkadang pihak perusahaan ketika gagal menghubungi kamu maka kesempatan kamu bisa saja di ambil oleh orang lain.

Setiap perusahaan memang memiliki prosedur dalam membuka lowongan pekerjaan, maeskipun di job fair kamu telah mengajukan lamaran pekerjaan, apabila perusahaan yang akan menghubungi kamu baik via telepon ataupun melalui sms atau email pastikan kamu mengecek secara berkala agar kesempatan kamu tidak hilang untuk mendapat pekerjaan, apabila dalam beberapa minggu belum ada informasi kamu bisa menghubungi perusahaan tersebut dan menanyakannya dengan sopan dan penuh harapan.

Saran Sukses mengikuti Job Fair yang kamu hadiri


Salah satu tujuan utama mengikuti job fair yaitu agar mendapatkan pekerjaan seperti yang kamu harapkan, untuk mewujudkan impian kamu perlu adanya usaha yang dapat mendukung dirimu sehingga perusahaan yang kamu lamar dapat menerima kamu bekerja.

Hal yang perlu diperhatikan pada saat mengikuti job fair diantaranya yaitu

1. Seperti pada tips mengikuti job fair diatas yang telah kami sampaikan yaitu dengan memilih perusahaan yang tepat.

2. Menyesuaikan pendidikanmu dengan lowongan pekerjaan yang tersedia di job fair.

3. Menilai kemampuan diri sendiri untuk mengisi posisi lowongan pekerjaan yang di buka dalam job Fair.

4. skill sangatlah penting, ajukan lamaran kamu sesuai dengan skill yang kamu miliki, jangan paksakan diri apabila skill tidak mendukung, hal itu akan merugikan dan membuang waktu percuma

5. Pastikan Penampilan kamu rapi saat mengikuti job fair, gunakan pakaian resmi

6. Lengkapi berkas-berkas surat lamaran pekerjaan yang diperlukan untuk mengikuti job fair

7. Dari banyaknya lowongan pekerjaan yang di selenggarakan dalam job fair tentukan pilihanmu yang sekiranya sesuai dengan kualifikasi yang kamu miliki.

Demikian Tips mengikuti job fair agar sukses mendapat pekerjaan, semoga saran yang kami sampaikan bisa menjadi bahan masukan untuk merah kesuksesan dan mendapatkan pekerjaan yang baik dalam mengikuti job fair untuk membangun masa depan yang cerah

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Sukses Mengikuti Job Fair Mendapat Pekerjaan Yang Kamu Impikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel