Yang Mengatur Jalannya Organisasi OSIS di Sekolah

Organisasi OSIS


Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) adalah suatu organisasi siswa yang resmi diakui dan diselenggarakan disekolah. OSIS merupakan wadah untuk menampung dan menyalurkan serta mengembangkan kreatifitas peserta didik, baik itu melalui kegiatan kurikuler maupun kegiatan ekstra kurikuler dalam rangka untuk menunjang keberhasilan kurikuler.

Jalannya organisasi OSIS dibutuhkan pembinaan pengelolaan organisasi serta kegiatan-kegiatannya yang di kembangkan hendaknya selalu dalam rangkaian dan tujuannya, yaitu pengembangan ketrampilan, pengembangan sikap yang selaras dengan kurikulum di sekolah.


OSIS Organisasi Siswa Intra Sekolah mengandung banyak manfaat bagi anak didik disekolah dapat melatih jiwa kepemimpinan siswa serta memberi wahana kepada siswa untuk melakukan kegiatan-kegiatan kokurukuler yang sesuai.

Kepemimpinan OSIS


OSIS merupakan satu-satunya organisasi yang ada disekolah, Organisasi Siswa Sekolah adalah sarana berlatih berorganisasi dan sebagai tempat menampung kegiatan-kegiatan siswa yang ada di sekolah.

Agar Organisasi serta program OSIS dapat berjalan dengan baik dibutuhkan seorang pemimpin yang memenuhi syarat agar organisasi OSIS dapat berjalan dengan baik. adapun syarat-syarat yang harus dimiliki sebagai seorang pemimpin diantaranya :
  1. Bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa
  2. Memiliki jiwa kepemimpinan
  3. Memiliki kemauan,kemampuan dan pengetahuan yang luas
  4. Memiliki intelegensi yang tinggi
  5. Percaya diri dan berjiwa demokratis
  6. Sehat jasmani dan rohani
  7. Dapat bekerjasama
  8. Mampu mengendalikan diri (kestabilan emosional)
Untuk menjadi seorang pemimpin ternyata tidak mudah, selain memiliki kemauan dan kemampuan juga diperlukan pengetahuan yang luas, dan harus dapat mengatur waktu dengan baik agar tidak ketinggalan pelajaran disekolah.

Jalannya Organisasi OSIS di Sekolah


Jalannya Organisasi OSIS di sekolah, dalam gerak langkahnya OSIS mendapat pembinaan serta bimbingan dari Majlis Pembimbing OSIS (MPO), Majlis Pembimbing OSIS tersebut terdiri dari Guru-guru pembina yang secara langsung diketahui oleh kepala sekolah, dengan demikian jalannya Organisasi OSIS disekolah tetap dalam pembinaan, pengawasan dan tanggung jawab kepala sekolah.

Bidang-bidang kegiatan OSIS di sekolah meliputi 


  1. Kegiatan bidang ilmiah ;seperti diskusi, ceramah-ceramah dll
  2. Kegiatan Bidang olah raga ; senam, beladiri, permainan
  3. Kegiatan bidang kesenian ; tari, drama, seni suara, seni rupa dll
  4. Kegiatan bidang keagamaan ; santunan anak yatim, pengumpulan zakat, mengaji, qurban idul adha.dll
  5. Kegiatan bidang koperasi ; melengkapi perpustakaan, menyediakan perlengkapan belajar.dll
  6. Kegiatan pecinta alam ; rekreasi, kemah dll.

Tujuan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS)


Setiap organisasi pasti memiliki tujuan yang akan dicapai, begitu juga dengan organisasi OSIS yang ada disekolah juga memiliki tujuan yang ingin di capai, diantaranya yaitu
  1. Menciptakan generasi penerus yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Membangun landasan kepribadian yang kuat dan menghargai Hak asasi manusia dalam kontek kemajuan budaya bangsa
  3. Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan serta menghargai karya artistic, intelektual dan budaya.
  4. Meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani
  5. Membangun wawasan kebangsaan dan rasa cinta tanah air di era globalisasi
  6. Memperdalam jiwa yang memiliki sikap sportif, disiplin, jujur, bertanggung jawab, bekerjasama serta berdaya pikir yang logis dan dinamis.
  7. Menciptakan generasi yang cerdas, terampil dan berbudi pekerti luhur
Dalam melaksanakan program-proram OSIS yang telah disusun, pengurus OSIS melakukan kerja sama pada bagian kesiswaan, dewan Guru serta manajemen sekolah untuk meyampaikan penyusunan programnya, agar jalannya organisasi OSIS di sekolah dapat berjalan dan berkembang dengan baik dibutuhkan bimbingan serta pengawasan dari kepala sekolah, dewan guru serta jajaran lainnya di sekolah.
Referensi: http://eprints.walisongo.ac.id/3382/3/63311034_Bab2.pdf

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel