Pengertian Multicore Processor, Fungsi, dan Kelebihannya

Pengertian Multicore Processor


Multicore processsor adalah sebuah processor komputer yang terdiri dari dua chip atau lebih memiliki unit pengolah secara terpisah yang masing-masing bekerja dan mengesekusi instruksi program.

Multicore Processor pertama kali di produksi oleh Intel dan AMD di awal tahun 2000 an, setelah itu processor dibuat dengan dual core (dua core), Quad core (empat core), Hexa core (enam core), octo core (delapan core) dan lain sebagainya.

multicore processor

Multicore Processor Dapat Meningkatkan performa



Dengan Multicore processor dapat meningkatkan performa sistem yaitu dengan menyembunyikan latency memori, yang kemudian mengoptimalkan pemakaian bandwidth data pada komputer yang tersedia untuk menyediakan data kepada processor ketika dibutuhkan.

Processor merupakan mesin pegolah aliran data yang utama, maka semakin banyak tingkat core yang tersedia makan akan semakin baik processor itu bekerja, semakin banyak jumlah core pada processor maka processor akan jauh lebih baik untuk multi tasking.

Processor adalah sebuah chip yang biasa dikenal dengan sebutan Microprocessor yang fungsinya untuk memproses data yang diterima dari input kemudian memproses dan menghasilkan output.
Processor memiliki tiga (3) bagian yang penting yaitu :

1. Aritmatics Logical Unit (ALU) 


Merupakan salah satu bagian dari microprocessor yang fungsinya melakukan fungsi perhitungan aritmatika dan logika

2. Control Unit (CU)


CU adalah bagian dari microprocessor yang tugasnya memberikan arahan atau yang memberikan kontrol terhadap operasi yang dilakukan pada bagian aritmatics logical unit (ALU)

3. Memory Unit (MU)


Memory Unit adalah alat penyimpanan kecil yang digunakan untuk menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses pada processor. MU sifatnya sementara dalam menyimpan data pada saat diproses untuk pengolahan data selanjutnya.



Multicore Processor Fungsi dan Manfaatnya


Multicore processor memiliki Kelebihan dan manfaat sebagai berikut :

1. Intel Smart Memory Acces 


Multicore processor dapat meningkatkan kinerja sistem dengan menyembunyikan latency memori, yang selanjutnya mengoptimalkan penggunaan bandwidth data komputer yang tersedia untuk menyediakan data kepada processor ketika dibutuhkan.

2. Intel Wide Dynamic Execution


Multicore processor dapat meningkatkan yang lebih efisien, masing-masing core (inti) dapat menyelesaikan instruksi sampai empat instruksi penuh secara bersamaan menggunakan sebuah pipe line 14 tahap yang efisien

3. Intel Advanced Digital Media Boost


Dengan Multicore processor, maka akan lebih efektif dalam meningkatkan kecepatan eksekudi untuk instruksi-instruksi yang banyak digunakan di dalam aplikasi-aplikasi multi media dan grafis.

4. Intel Advanced Smart Cache


Multicore Prcessor memiliki sebuah cache atau cadangan memori L2 yang berbagi untuk mengurangi daya dengan meminimalkan lalu lintas memori, akan tetapi meningkatkan kinerja dengan memungkinkan satu inti untuk menggunakan seluruh cache ketika inti(core) yang lain sedang tidak bekerja

5. Intel Dynamic Power Coordination


Multicore Processor memiliki kelebihan untuk mengkoor dinasikan transisi-transisi enhanched intel speedStep Technology dan tahap manajemen daya idle (C-states) secara independen per inti untuk membantu menghemat daya.

6. Intel Dynamic Bus Parking


Dengan teknologi Multicore Processor, memungkinkan daya lebih hemat dan umur baterai akan lebih panjang dengan memingkinkan chipset untuk menurunkan daya bersama dengan proses dalammodus frekuensi rendah.

7.  Multicore Processor dapat meningkatkan performa dan menghemat daya


Multicore processor dapat menghemat daya dan memberikan performa yang baik, contohnya pada corei3 2ini processor/2 core. ketika sedang menjalankan aplikasi yang hanya membutuhkan satu processor, maka hanya satu core processor bekerja dan menggunakan kecepatan maksimal, sementara satu satu core lainnya yang tidak terpakai akan tetap beristirahat sehingga akan menghemat energi.

Multicore Processor yang Terdapat Pada Perangkat Mobile


Multicore processor juga banyak digunakan pada perangkat mobile (ponsel), multicore processor yang terdapat pada perangkat mobil terdiri dari berbagai merk diantaranya :

1. Processor Snapdragon


Sanpdaragon merupakan multiprocessor dari Qualcomm Snapdragon, qualcom telah meluncurkan tiga generasi diantaranya Snapdragon S1, Snapdragon S2 dan Snapdragon S3, Qualcomm snapdragon memiliki kualitas dan kinerja yang bagus, brand Qualcomm snapdragon kini banyak digunakan oleh smartphone-smartphone merk terkenal

2. Processor Exynos


Exynos adalah Processor perangkat mobil yang diproduksi oleh samsung electronics, processor exynos ini dikembangkan dengan basis SoC yang di kembangkan kusus untuk perangkat mobile smartphone dan tablet.

3. Processor OMAP


Processor OMAP ini diproduksi oleh texas instrumen, OMAP telah meluncurkan empat generasi diantaranya yaitu, OMAP1, OMAP2, OMAP3, OMAP4, processor OMAP seri OMAP4430, OMAP4460, OMAP4470 juga telah banyak digunakan oleh smartphone dan memiliki kinerja yang baik

4. Processor Tegra


Tegra adalah processor yang diproduksi oleh Nvidia, processor Tegra ini juga telah meluncurkan beberapa generasi, diantaranya Nvidia Tegra APX, Nvidia Tegra 2, Nvidia Tegra 3. processorTegra 3 dibangun dengan menggunakan arsitektur ARM Cortex A9 dengan kecepatan hingga 1,4GHz

5. Processor Intel X86


Intel telah banyak digunakan pada gadget dengan sistem operasi windows phone, karena kurang mendapat dukungan dari produsen, kemudian intel mulai merilis OS android dan bersaing dengan ARM, intel berusaha keras menciptakan processor mobile x86 kemudian meluncurkan sub arsitekture CloverTrail yang banyak digunakan pada phablet (phone tablet) lenovo dan zenfone dari asus.

6.  Processor AMD


AMD juga telah merilis beberapa processor diantaranya seri Opteron A1100 merupakan SoC yang digunakan untuk komputer server dan memiliki arsitektur ARM cortex A57 dengan inti core sebanyak delapan inti dan mendukung instruksi 8bit

Multicore processor merupakan sebuah sistem pengolahan yang terdiri dari dua tau lebih core (inti) independen baik dibuat dalam chip terintegrasi (CMP) atau di integrasikan dalam beberapa paket chip.

Demikian Pengertian Multicore Processor, Fungsi, dan Kelebihannya, semoga dapat menambah ilmu serta wawasan yang lebih luas dalam dunia komputer,

Referensi : https://www.academia.edu/9702937/Presentasi_Multicore_Prosessor

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Multicore Processor, Fungsi, dan Kelebihannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel