Terbaru! Cara Inspeksi URL di Google Search Console Agar Artikel Cepat Terindek

Cara Inspeksi URL di Google


Inspeksi URL merupakan fitur baru di google search consol, yang sebelumnya untuk submit url menggunakan Fetch as/submit url, inspeksi url memiliki fungsi yang sama yaitu untuk mengirimkan url baru agar cepat terindek oleh mesin pencari google, maka dari itu agar artikel yang kamu buat cepat terindek di google web master (mesin pencari google) perlu diperhatikan Cara Inspeksi url di Google Web Master Agar Artikel Cepat Terindek.

Namun untuk melakukan hal tersebut situs yang kamu miliki harus terverifikasi di google search console, dengan cara membuka google search console dan melakukan verifikasi, selanjutnya kamu dapat menggunakan semua fungsi yang tersedia di google web master tool atau google search console.
 
Untuk melakukan inspeksi url di google search console kamu dapat menggunakan fungsi inspeksi url yang tersedia di google search console baru. Inspeksi url adalah alat yang tersedia pada Google Search Console, yang dapat digunakan untuk menguji mesin perayap pada sebuah halaman situs anda, apakah telah tersedia pada cakupan google atau belum. dan dapat digunakan untuk menguji halaman apakah berjalan normal atau diblokir oleh robot.txt,

Inspeksi url dari Google Search Console ini dapat anda gunakan untuk memaksimalkan laju pertumbuhan SEO pada situs anda, kenapa begitu? inspeksi url dapat anda manfaatkan untuk mengirimkan cakupan URL baru agar artikel yang ada dalam situs secepatnya dapat di indek oleh mesin pencari Google.


Cara inspeksi url di Google search console


inspeksi url dapat digunakan untuk mengirimkan halaman situs setelah anda melakukan verifikasi terhadap situs yang anda miliki pada Google Seach Console, setelah situs anda berhasil diverifikasi anda baru dapat menggunakan semua fitur yang tersedia di Google seach console termasuk fitur inspeksi url dan lain sebagainya.

Verifikasi situs di google search console


Sebelum menggunakan fitur dari google search console yaitu inspeksi url kita harus Verifikasi Situs di Google search console yaitu dengan cara menunjungi website resmi Google Search Console, setelah anda berhasil masuk pada halaman Google Search Console langkah-langkah yang perlu anda lakukan adalah: 

1.Menambahkan Properti


Yang dimaksud Property disini adalah URL situs anda, yang akan anda tambahkan pada properti Google Search Console.

2. Masukkan URL situs anda


Setelah anda menekan tombol "Tambahkan Property" pada Search console maka anda akan dibawa pada sebuah halaman baru, setelah itu masukkan URL situs anda pada kolom yang telah tersediakan, kemudian sentuh tombol "Terus"

Menambahkan properti di google search console


3. Verifikasi Situs di Google search console


Tahap berikutnya adalah membuktikan bahwah situs yang anda masukkan dalam Properti Google Search Console adalah benar-benar milik anda, dengan cara melakukan verifikasi pada halaman tersebut.  

Cara melakukan Verifikasi situs:

1. Masuk ke halaman Beranda Google Search Console

2. Buka Link URL situs yang telah anda masukkan ke dalam properti
Selanjutnya anda akan dibawa ke pada halaman Dashboard Search Console
3. Pilih dan tekan tombol roda gigi yang terletak di sebelah kanan atas kemudian anda pilih menu verifikasi situs.
4. Pilih salah satu metode verifikasi yang mudah menurut anda, Goole Search Console akan memberikan beberapa pilihan yang bisa anda pilih salah satunya untuk melakukan verifikasi, diantaranya; HTML tag, Domain name provider, Google Analytics, Google Tag Manager

5. Menurut saya cara yang paling mudah untuk melakukan verifikasi situs adalah dengan menggunakan HTML tag, caranya anda pilih pada HTML tag kemudian anda Copy kode yang telah tersedia untuk anda, lalu pastekan kode tersebut ke halaman template pada situs anda;
lihat contohnya:
 
Tulisan kode HTML berwarna merah merupakan kode verifikasi yang kita dapatkan dari metode verifikasi tadi, anda salin kemudian anda letakkan dibawah kode <head>, setelah itu jangan lupa simpan kembali template anda agar kode tersebut tidak hilang.

Setelah itu simpan template anda agar perubahan yang kamu lakukan tidak hilang dan kembali lagi pada halaman website resminya Google Search Console kemudian anda tekan pada tombol "Verify" atau Verifikasi.

Jika anda berhasil dalam melakukan verifikasi maka memberikan pesan pada halaman search console tersebut yang bunyinya "Congratulations, you have succesfully verified your ownership of https://namasitusweb.com/"

Selamat verifikasi situs anda telah sukses, tahap selanjutnya adalah mengirimkan Sitemap atau Peta situs di Google Search Console agar situs bisa cepat terindek :


Mengirimkan Peta Situs di Google search console


Sitemap atau peta situs adalah alat yang telah biasa digunakan oleh para pemilik situs / para blogger untuk mengirimkan file yang berisi tentang informasi halaman situsnya, dengan tujuwan agar situs tersebut mudah dirayapi atau di crawl oleh robot mesin telusur milik Google.

Apa pentingnya mengirimkan Peta Situs di gogle search console? Peta Situs sangat diperlukan untuk kepentingan SEO, agar mesin perayap Google dapat menemukan serta meningkatkan perayapan pada situs anda.

Situs yang tidak didaftarkan pada Google Search Console akan di abaikan oleh Google Search Engine, dan situs anda tidak akan dapat ditemukan pada halaman pencarian Google. maka dari itu mendaftar dan mengirimkan Peta Situs di Google Search Console sangat berperan penting dalam pertumbuhan serta perkembangan situs yang anda miliki.

Cara Mengirim Peta situs di Search console


1. Langkah pertama silahkan menuju dihalaman Website resmi Google Search Console dengan akun anda

2. Anda akan dibawa pada halaman beranda 

3. Anda buka link URL situs anda yang ada pada halaman beranda tersebut, agar anda bisa masuk ke halaman Dashboard Search Console.

4. Setelah memasuki halaman Dashboard pilihlah menu Perayapan yang berada disebelah kiri, akan terbuka beberapa submenu pilihan, diantaranya;
  • Kesalahan Perayapan
  • Statistik Perayapan
  • Fetch as Google
  • Penguji robot.txt
  • Peta Situs
  • Parameter URL
Dari beberapa submenu diatas pilihlah "Peta Situs" kemudian tekan tombol "TAMBAHKAN/UJI PETA SITUS"

5. Masukkan kode peta situs seperti format dibawah ini satu persatu, kemudian tekan tombol "Kirim" setelah terkirim tekan tombol lagi "TAMBAHKAN/UJI PETA SITUS"  masukkan kode berikutnya, lalu tekan tombol "Kirim"
  • sitemp.xml
  • atom.xml
  • rss.xml 
  • feeds/post/default?alt=rss
  • feeds/post/default?orderby=update

6. Ulangi langkah pengiriman Peta Situs sampai semua kode terkirim semua.
Pengiriman Peta Situs Selesai.

Setelah semua langkah demi langkah di atas telah anda selesaikan anda dapat mengirimkan URL terbaru, atau udate artikel terbaru dengan mengirimkan URL melalui Fetch as Google yang merupakan fitur andalan dari Google search Console.

Inspeksi url untuk optimisasi SEO


Inspeksi url di Google search console sangat diperlukan guna mendukung kinerja Search Engine Optimation (SEO) agar situs anda secepatnya dapat di crawl oleh mesin robot perayap milik Google dan secepat mungkin URL yang anda kirimkan dapat di Indek oleh mesin pencari Google.

Anda dapat menggunakan Inspeksi URL setiap ada pembaharuan atau update artikel, agar mesin pencari mengerti dan mudah menemukan situs anda dalam penelusurannya.


Inspeksi url google search console dapat anda lakukan untuk mempercepat pengindekan pada URL situs anda, hal ini telah bisa dilakukan oleh para Blogger serta para pemilik situs dengan tujuwan situs mereka dapat ditemukan pada Google search page.

Inspeksi url google search console pada umumnya dilakukan untuk mengirimkan URL pada artikel yang baru dipublish kemudian dikirim ke google search console agar artikel cepat terindek oleh mesin pencari google, alat ini memungkinkan artikel terbaru dapat lebih cepat di crawl oleh Googlebot.

Goole juga telah menganjurkan agar pemilik situs untuk melakukan Inspeksi url di Google search console untuk mempermudah dalam perayapan robotnya,selain Fetch as Google dulu Google menyediakan "Submit URL'' / fetch as yang memiliki fungsi yang sama dengan inspeksi url.

Saat ini Gogle telah melakukan pembaharuan halaman Submit URL/fetch as sekarang sudah tidak tersedia dan telah dihapus, maka dari itu kita dapat melakukan Optimasi situs terhadap mesin pencarian dengan menggunakan Inspeksi url yang tersedia di Google search console.

Cara Menggunakan Inspeksi url Google search console


1. Masuk dengan akun google anda untuk mengunjungi website resmi Google Search Console

3. Pada Halaman Dashboard Google Search Console pilihlah menu pada sebela kiri "Inspeksi URL"

4. Kemudian anda akan dibwa ke kotak "periksa semua url

5. Masukkan url yang akan ada kirimkan di google search console

6. Tekan tombol telusuri dan langkang selanjutnya "minta pengindekan"
7. Inspeksi url Google search console pada URL situs anda telah selesai dan segera diproses oleh mesin perayapan milik Google.

Inspeksi url merupakan fitur baru pada search console, inspeksi url sangat berperan penting bagi pemilik situs untuk dapat mengetahui kepastian apakah situs anda dapat di render serta dapat dirayapi dengan baik oleh Googlebot atau sebaliknya. pastikan bahwa Goglebot dapat merayapi dan menemukan halaman baru pada situs anda.

Cara Inspeksi URL di Google Search Console Agar Artikel Cepat Terindek harus anda lakukan dengan benar, submit url terbaru adalah dengan menggunakan fitur inspeksi url di Google Search Console, lakukan lakukan inspeksi url pada tiap artikel baru agar artikel cepat terindek di mesin pencari google, optimisasi dengan benar agar situs anda dapat dicakup dengan baik oleh Googlebot pada tingkat penelusuran, pastikan tidak ada URL yang diblokir oleh mesin perayap, anda dapat mengujinya melalui Fetch as Google.




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel