1 Muharram 1 Suro 2019 dan Makna Tahun Baru Hijriah Bagi Umat Muslim

1 Muharram 1 Suro 2019


1 Muharram 1 Suro adalah tahun baru hijriyah atau tahun baru islam yang memilki makna berharga bagi umat islam, tahun baru 1 muharram didalamnya mengandung sejarah penting memperingati hijrahnya Baginda Rasullulah SAW dari Mekkah ke Madinah.

Kalender hijriah belum dimulai pada zamannya Rasullullah SAW, kalender hijriah dimulai pada zamannya Khalifah Arrasyidin yaitu  Umar Al-Faruq R.A, Perhitunngan kalender hijriyah dimulai pada 1 muharram karena untuk memperingati hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah untuk Da'wah menyebarkan agama islam


Patut di syukuri bahwasanya kita sebagai umat islam masih dapat menjumpai tahun baru islam 1 muharram 2019, sebagai bentuk rasa syukur kehadirat Allah SWT sudah semestinya kita menyambut tahun baru 1 Suro(Muharram) tersebut dengan nilai-nilai islami agar dapat menambah keimanan serta keimanan kepada Allah SWT.

Menyambut tahun baru hijriah 1muharram atau dalam istilah jawa dikenal dengan 1 suro secara islam tidak ada pesta kembang api atau memeriahkanya dengan pesta atau bahkan sampai diluar batas syariat islam.

Yang perlu di ingat adalah dengan bertambahnya tahun maka akan semakin berkurang umur kita. maka dari itu alangkah baiknya jika kita dapat muhasabah (introspeksi) terhadap diri sendiri semakin bertambahnya waktu apakah sudah bertambah baik atau sebaliknya.

Makna Tahun Baru Hijriah Bagi Umat Islam


Ada beberapa makna penting pada 1 Muharam tahun baru islam yang sepantasnya disambut dengan nilai-nilai islami yang positif, untuk menjadi manusia yang lebih baik dari sebelumnya, adapun makna yang terkandung dalam tahun baru islam 1 Muharram / 1 Suro diantaranya :

1. Memperingati Nabi Muhammad SAW Hijrah


Selain mement pergantian tahun dari tahun yang lalu menuju tahun berikutnya, 1 Muharram juga mengingatkan kepada kita kepada perjuangan Rasullullah SAW berjuang da'wah dari mekkah ke madinah untuk menyebarkan agama islam.

2. Meneladani Perjuangan Rasullullah SAW


1 Muharram Tahun baru islam terdapat sejarah yang sangat berharga, perjuangan Rasullullah beserta sahabatnya meninggalkan Mekkah kota kelahirannya menuju ke Madinah untuk berjuang keras menyebarkan ajaran islam dengan penuh semangat dan keyakinan yang kuat terhadap Allah SWT yang pada akhirnya meraih kesuksesan dalam perjuangan tersebut berhasil menyebarkan Agama islam ke madinah dan lainnya.

Hal tersebut patut dicontoh dalam menyambut 1 Muharram 1suro kita sebagai umat muslim meneladani perjuangan Rasullullah dalam menegakkan islam sesuai dengan syariat, alangkah baiknya dalam menyambut tahun baru islam penuh dengan syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah dilimpahkan-Nya kepada kita.

3. Muhasabah terhadap diri sendiri


Dengan berjalannya waktu detik demi detik, hari demi hari, bulan demi bulan, tahun berganti tahun dari 1 muharram yang lalu kita dapat berjumpa dengan tahun baru 1 muharram berikutnya, hal tersebut wajib disyukuri kita masih diberikan umur panjang semoga membawa berkah, dengan bertambahnya tahun umur kita akan semakin berkurang, bermuhasabah apa yang telah kita peroleh selama ini untuk diri kita, untuk keluarga, untuk orang-orang disekitar kita, serta untuk Allah SWT, apakah kita sudah menjalankan perintah Allah SWT serta ajaran-ajaran Nabi Muhammad dengan baik dan istiqomah?

Renungkan, dari tidak ada kita diciptakan kedunia dan setelah tiba waktunya kita akan dipanggil untuk memenuhi tanggung jawab amal-amal kita selama hidup didunia, semua akan mendapat balasan sesuai dengan amalnya.

4. Muharram bulan yang dihormati


Muharram adalah bulan perdamaian Allah SWT memerintahkan untuk tidak menganiaya diri sendiri, sebagai mana firman Allah SWT dalam Al-Qur'an surat Attaubah ayat 36  yang artinya:
"Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah 12 bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram, itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musrikin itu semuanya sebaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertaqwa (QS. Attaubah :36)

1 Muharram 1 Suro 2019 dan Makna Tahun Baru Hijriyah Bagi Umat Muslim semoga dapat menambah ketaqwaan serta keimanan pada diri kita kepada Allah SWT, menjadi insan yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. amin.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "1 Muharram 1 Suro 2019 dan Makna Tahun Baru Hijriah Bagi Umat Muslim"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel