Perbedaan Browsing dan Searching Serta Sejarah Browser Internet

Browsing dan Searching


Browsing dan Searching pada teknogi modern ini telah menjadi aktivitas yang sering kita lakukan tiap hari dalam mencari atau searching untuk menemukan sesuatu yang kita butuhkan secara online melalui browser web.

Semakin canggihnya teknologi membuat kita semakin mudah dalam mencari atau searching dengan menggunakan browser web untuk meneukan hal-hal yang kita cari, seperti berita, pelajaran / tugas sekolah, resep-resep masakan, tentang tutorial, untuk bisnis dan lain sebagainya.

Saat ini telah banyak penyedia Browser web yang dapat kamu gunakan untuk searching atau mencari keperluan yang sedang kamu butuhkan secara online, kamu dapat mencari atau searching pada penyedia browser web yang populer seperti Google, Mozilla, MSN, UCbrowser, Bing, Baidu, Yandex, DuckDuckGo, Dogpile dan lain sebagainya.
 Browsing dan Searching

Perbedaan Browsing dan Searching

Sebelum membahas permasalahan browsing sebaiknya kita mengerti terlebih dahulu apa itu browser agar kita tau perbedaan browser dan browsing, keduanya memiliki istilah yang sama namun memiliki arti yang berbeda.

Browser atau disebut juga sebagai penjelajah web adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk menerima serta memberikan / menyajikan hasil sumber yang dicari di internet, sumber tersebut bisa berupa gambar, video, halaman web atau jenis konten yang lainnya.

Pengertian browsing

Browsing adalah sebuah istilah yang digunakan pada dunia komputer jaringan atau internet yang menggambarkan aktivitas pencarian informasi melalui situs web browser, browsing juga disebut dengan penjelajahan halaman / penelusuran halaman web.

Dapat kita simpulkan bahwa browser adalah sebagai media atau alat dengan jenis perangkat lunak untuk melakukan pencarian atau searching, atau untuk melakukan peramban/penjelajahan dalam situs web.

Pengertian Searching

Search merupakan kata dasar dari searching, Untuk mengetahuai apa itu searching / pencarian kita harus mengerti apa itu search?

Search adalah sebuah mesin pencari web yang digunakan untuk mencari dokumen-dokumen publik yang telah tersedia di server web baik dalam format HTML, etc, PDF, video ataupun dalam format lainnya, saat ini telah banyak penyedia mesin pencari atau search engine yang populer banyak digunakan diantaranya, Google, Baidu, Yandex, Bing, UC, Naver dan masih banyak lagi.

Dari pengertian search diatas dapat disimpulkan bahwa searching atau pencarian adalah sebuah aktivitas dalam melakukan pencarian pada situs web

Perbedaan Browsing dengan Searching

Dari pengertian diatas dapat kita dapatkan kesimpulan bahwa serching dan browsing memiliki perbedaan, perbedaan browsing dan searching diantaranya adalah sebagai berikut : 

1. Browsing merupakan media perangkat lunak untuk mengakses halaman web yang berisi elemen informasi yang telah disesuaikan secara dinamis, hal tersebut tergantung pada browser rendering atau lokasi pengguna akhir (history)

2. Searching merupakan aktivitas dalam melakukan pencarian/ search pada browser mesin pencari (search engine) seperti Google, Bing, Baidu, Opera, Yandex dan masih banyak lagi browser penyedia mesin pencari lainnya.

Sejarah Browser


Browser pertama kali diciptakan oleh Tim Berners-lee dan mengatur perkembangannya browser/penjelajah web tersebut diberi nama WWW (worldwideweb) pada tahun 1993 Marc Andreessen melakukan inovasi browser dengan merilis Mosaic.

Browser web semakin berkembang dan sistem internet semakin mudah digunakan dan di akses oleh masyarakat luas. browser web Andreessen meraih popularitas pada tahun 1990 an, kemudia Adreesen mendirikan perusahaan bernama Netscape dan merilis mosaic yang kemudian mempengaruhi Netscape Navigator pada tahun 1994 dan menjadi browser web yang paling populer didunia, menguasai 90% dari semua pengguna browser web di dunia.

Microsoft
Microsoft menanggapinya dengan menciptakan Internet Explorer di tahun 1995, haltersebut juga sangat dipengaruhi oleh Mosaic dan memulai menjelajah web pertamanya di industri internet di bundel dengan windows, di tahun 2002 Internet Explorer mendapat tanggapan baik dari pengguna penjelajah web dan memperoleh dominasi di penjelajah web sebesar 95%

Opera

Opera mulai muncul pada tahun 1996, meskipun belum dapat mencapai pengguna secara luas, menurut net Applications opera memiliki kurang dari 2% pangsa pengguna browser pada tahun 2012, kemudian Opera meluncurkan opera mini yang dapat memberikan tambahan pangsa pasar.  pada tahun 2011 di bualan april pengguna Opera secara keseluruhan mencapai 1,2%, Opera mini terinstal di ponsel lebih dari 40 juta ponsel.

Mozilla Firefox

Mozilla Firefox debut ditahun 1998 yang diluncurkan oleh Netscape dalam upayanya meluncurkan browser kompetitif  dengan menggunakan mode perangkat lunak sumber terbuka (tersebar dan tersedia bebas).

Mozilla Firefox pada akhirnya berkembang dengan baik menjadi Firefox sampai di bulan Agustus tahun 2011, Firefox memiliki pangsa pasar sebesar 28% pengguna penjelajah web dunia dan berkembang hingga sekarang.

Safari

Safari merilis versi beta pada bulan januari tahun 2003 sampai dengan april 2011, safari memiliki pangsa dominan untuk para pengguna browser web yang berbasi Apple, Safari memiliki lebih dari 7%  dari para pengguna penjelajah web dunia.
Google

Google Chrome merupakan pendatang baru pertama kali Chrome dirilis pada bulan September 2008, dan meraih popularitas yang begitu cepat dari tahun ke tahun, pada tahun 20011 di bulan agustus pengguna Chrome semakin meningkat dan popularitas Internet Explorer cenderung menurun.
Perbedaan Browsing dan Searching juga dapat kita maknai dari kata dasarnya yaitu Browsing dari kata dasar Browser yang artinya Penjelajah web, penjelajah web tersebut yang telah populer sampai saat ini seperti, Chrome, Mozilla, Opera, Safari, Baidu dan masih banyak lagi.
Sedangkan Searching dari kata dasar Search yang artinya mencari, ketika kamu telah masuk ke dalam suatu browser contohnya chrome kamu akan dihadapkan dengan menu Searching yang dapat kamu gunakan untuk mencari sesuatu yang kamu butuhkan.


Disclaimer
Perlu diketahui bahwa semua informasi yang kami sampaikan belum dapat dipastikan 100% akurat
Gambar, artikel yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut
Gambar bertujuan sebagai ilustrasi dan referensi
Sumber & referensi : https://id.wikipedia.org/wiki/Penjelajah_web

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Perbedaan Browsing dan Searching Serta Sejarah Browser Internet"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel