NFC : Pengertian, Cara Mengirimkan Konten Menggunakan NFC di Hp Android, Pembayaran Dengan NFC

Pengertian dan Cara Mengirim Menggunakan NFC

1. Pengertian NFC

NFC adalah singkatan dari Nier Field Communication merupakan bentuk komunikasi nirkabel, sesuai dengan namanya NFC memungkinkan komunikasi jarak dekat antar perangkat yang kompatibel, komunikasi yang dihasilkan oleh NFC merupakan medan elektrik yang telah termodulasi.

Dengan tumbuhnya sistem pembayaran online NFC juga telah banyak digunakan untuk pembayaran seperti Google Pay, Samsung Pay dan lain sebagainya. NFC berjalan dengan menggunakan teknologi RFID yaitu identifikasi frekuensi radio yang menggunakan induksi elektromagnetik untuk mengirimkan informasi, yang mana jenis informasi tersebut mempunyai tiga jenis mode operasi yang berbeda

NFC
source: flickr.com

2. Cara Menggunakan NFC di Android

Jika ponsel androidmu telah dilengkap dengan NFC maka chip dan Android Beam perlu diaktifkan terlebih dahulu agar kamu dapat menggunakan Fungsi dari NFC tersebut.
  1. Buka dan ketuk Pengaturan → Lainnya → (kamu akan melihat sakelar NFC)
  2. Aktifkan NFC dengan mengetuk sakelarnya (fungsi Android Beam juga akan menyala secara otomatis.
  3. Apabila Android Beam tidak menyala secara otomatis, untuk menyalakannya cukup memilih dan menyalakan tombol "ya"
NFC smartphone ini memiliki kemampuan beroperasi bersama dengan android beam, apabila android beam tidak diaktifkan maka kapasitas mengirimkan file/data atau berbagi akan terbatas.

3. Cara Mengirimkan Konten Menggunakan NFC 


Setelah NFC pada androidmu diaktifkan, maka kamu dapat mengirimkan data untuk berbagi antar sesama perangkat yang kompatibel dengan NFC.

Mengirimkan Data atau Konten Dengan NFC
  1. Nyalakan NFC pada kedua perangkat yang akan berbagi
     
  2. Buka File atau konten yang akan kamu kirimkan pada temanmu
     
  3. Tempatkan kedua perangkat saling berdekatan dengan posisi ke bagian belakang perangkat lainnya
     
  4. Kemudian tunggu konfirmasi suara atau getaran bahwa kedua perangkat sudah saling mendeteksi (gambar yang ada dilayar akan menyusut menjadi lebih kecil)
     
  5. Setelah mengirimkan data/konten gambar pada layar akan kembali menjadi normal.
NFC tiadak hanya digunakan untuk mengirimkan konten atau file pada Hp android sana namun NFC ini juga dapat digunkakan untuk sharing halaman web dengan mengirimkan URL halaman web pada perangkat lainnya untuk dibuka dengan browser bawaan / default.

4. Melakukan Pembayaran menggunakan NFC


Berkat perkembangan teknologi yang semakin canggih, sekarang ini telah banyak melakukan pembayaran dengan menggunakan NFC, seperti Apple Pay, Samsung Pay dan Google Pay, namun fungsi ini hanya dapat dilakukan oleh ponsel tertentu saja.

Bagaimana caranya untuk melakukan pembayaran melalui ponsel dengan menggunakan NFC? untuk dapat melakukan pembayaran melalui ponsel kamu harus mendaftar terlebih dahulu ke salah satu metode pembayaran yang tersedia, seperti Samsung Pay hanya kompatibel dengan perangkat samsung, Google Pay yang dapat digunakan Android  4.4 dan diatasnya.

  1. Untuk melakukan pembayaran dengan NFC kamu harus memastikan bahwa NFC pada perangkat  telah kamu aktifkan
  2. Dekatkan bagian belakang ponsel kamu dengan terminal pembayaran elektronik selama beberapa detik saja.
  3. Tunggu hingga proses pembayaran selesai
  4. kamu akan menerima konfirmasi saat melakukan transaksi
  5. Memasukkan kode pin mungkin diperlukam* 
NFC memiliki banyak manfaat serta fungsinya, NFC dapat digunakan untuk mengirimkan file data atau konten dengan mudah dan cepat, namun tidak semua hp Android dapat Mengirimkan Konten Menggunakan NFC, karena untuk dapat menggunakan fungsi NFC ini syarat utamanya Hp kamu harus telah dilengkapi dengan NFC.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel