Cara mandi wajib bagi laki-laki dan wanita dengan niat yang benar

Mandi wajib bagi laki-laki dan wanita di sebut juga dengan mandi besar, mandi besar wajib dilakukan bagi umat islam agar suci dari hadas besar, hadas besar adalah keadaan seseorang yang tidak suci dan supaya ia suci dari hadas besar maka orang tersebut wajib mandi besar dengan tata cara dan niat yang benar.

Mandi besar juga dapat dilakukan dengan cara tayamum apa bila tidak ada air, mandi besar tidak hanya di wajibkan bagi laki-laki saja, namun mandi besar juga diwajibkan bagi kaum wanita saat dalam keadaan tidak suci.

Mandi wajib bagi laki-laki dan wanita untuk menghilangkan hadas besar


Mandi besar wajib dilakukan bagi laki-laki dan wanita untuk bersuci dari hadas yang besar, tidak sah sholat seseorang apabila didalam dirinya terdapat hadas yang belum disucikan, untuk menyucikan hadas besar maka wajib mandi besar.

Dalam agama islam bersuci disebut dengan taharah merupakan bahasa arab yang memiliki makna bersuci atau bersih. Pengertian taharah secara istilah adalah suatu kegiatan bersuci dari najis dan hadas sehingga seseorang diperbolehkan untuk mengerjakan ibadah yang dituntut harus dalam keadaan suci.
cara mandi wajib

Kegiatan bersuci yang dilakukan meliputi, menyucikan badan, pakaian, tempat serta lingkukan yang dijadikan tempat untuk melakukan aktivitas.

Menyucikan hadas dapat dilakukan sesuai dengan tata cara yang telah di atur dalam syariat agama islam, seperti halnya Mandi, berwudhu, dan tayamum.

Tata cara mandi wajib bagi laki-laki / wanita dan niatnya


Cara mandi wajib intuk menghilangkan hadas besar bagi laki-laki dan wanita adalah sebagai berikut :

1. Mandi wajib bagi di awali dengan membersihkan kemaluannya serta kotoran yang ada disekitarnya.

2. Membaca bismillahirrahmanirrahim dan membaca niatnya untuk mandi yaitu :

 نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَكْبَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى
"Saya berniat mandi untuk menghilangkan hadas besar karena Allah ta'ala."

3. Mandi dimulai dengan membasuh kedua telapak tangan sampai pada pergelangan tangan, masing-masing dilakukan tiga kali.
adapun cara membasuhnya adalah dengan cara mengguyur kedua telapak tangan ersebut dengan air yang diambil dengan gayung (tidak dengan memasukkan/ mencelupkan tangan ke dalam air)

4. Kemudian mandi dengan cara mengguyurkan air yang dimulai dari pundak yang kanan diteruskan ke kepala dan menyiramkan air kerambut diratakan dengan jari-jari tangan agar disela-sela rambut basah hingga ke kulit,kumis,jenggot, serta rambut lainnya, dan seluruh tubuh diguyur dengan air hingga merata.

5. Setelah diyakini bahwa air telah mengenai seluruh tubuh hingga merata kemudian membasuh badan dan menggosok tangan sebanyak tiga kali dengan mendahulukan yang kanan kemudian yang kiri kemudian membasuh anggota badan.

Hal yang menyebabkan mandi wajib bagi laki-laki dan wanita


Sesorang diwajibkan mandi besar karena ia dalam keadaan tidak suci, sehingga ia diwajibkan untuk mandi besar agar suci dari hadas.

Adapun hal-hal yang menyebabkan seorang laki-laki/wanita diwajibkan mandi besar adalah sebagai berikut:

1. Mandi wajib dari hadas besar dilakukan karena telah jima' atau bersetubuh yaitu bertemunya kedua organ milik laki-laki dan wanita baik mengeluarkan sperma atau tidak, maka ia diwajibkan mandi besar.

2. Mandi wajib dilakukan untuk menghilangkan hadas besar karena seseorang mengeluarkan sperma, dikarenakan mimpi basah ataupu sebab lainnya.

3. Mandi besar wajib dilakukan bagi wanita ketika ia haid, yaitu perempuan sehat yang mengeluarkan darah pada tiap bulannya (menstruasi)

4. Mandi besar untuk menghilangkan hadas besar wajib dilakukan bagi wanita karena ia nifas, yaitu darah yang keluar setelah seorang ibu melahirkan anak.

5. Mandi wajib bagi wanita dikarenakan ia wiladah, yakni mengeluarkan darah ketika ia melahirkan.

6. Mandi wajib juga dilakukan bagi laki-laki dan wanita saat meninggal dunia, kecuali meninggal saat berperang membela agama Allah SWT, maka ia tidak dimandikan.

Mandi wajib yang dilakukan bagi laki-laki dan wanita diharuskan menggunakan air yang masih asli belum tercampur oleh benda najis, airnya harus suci dan menyucikan yang terdiri dari, air laut, air hujan, air sumur, air salju, air dari mata air, air embun.

Tata cara mandi wajib bagi laki-laki dan wanita yang admin bagikan ada baiknya jika anda pertanyakan kembali kepada pakar agama islam atau ulama untuk mendapatkan wawasan yang lebih baik dan jelas.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel