Cara Optimasi SEO Menggunakan Heading Tag

Cara optimasi SEO menggunakan heading tag H1 H2 H3 H4
Optimasi SEO - Untuk membuat sebuah artikel pada halaman blog ataupun website tidak cukup dengan mengetik dan lalu mem-Publikasikan artikel tersebut, namun kita harus memperhatikan tentang kualitas artikel kita, agar layak untuk posisi hasil pencarian mesin telusur, artikel yang berkualitas merupakan artikel yang SEO Friendly, 

Ada berbagai cara yang dapat anda lakukan untuk melakukan optimasi SEO On-page salah satu diantaranya adalah dengan melakukan Optimasi Heading Tag H1 H2 H3 H4 sampai H6, untuk melakukan optimasi SEO On-page dengan menggunakan Heading Tag dapat anda lakukan dengan cara menggunakan dan menempatkan Heading Tag pada posisi benar, walaupun hal ini terlihat sangat sederhana namun sangat berpengaruh terhadap kualitas SEO On-page pada Blog atau website anda.

Pengertian heading tag

Heading Tag disebut juga Judul Tag yaitu sebuah baris teks elemen judul pada halaman Blog atau website dimana baris teks tersebut dibungkus dengan menggunakan HTML.
Heading Tag ini terdiri dari <H1>, <H2>, <H3>, <H4>, <H5>, <H6>, akan tetapi dalam penggunaan Heading Tag tersebut secara umum yang digunakan adalah Heading Tag <H1> sampai Heading Tag <H4> sudah cukup untuk optimasi seo on page.
Pengetian Heading Tag
Format heading

Seperti contoh gambar diatas dalam penerapan dan pemasangan Heading Tag yang biasa digunakan dalam suatu halaman Blog atau website pada umumnya hanya <h1> sampai <h4> saja, heading tersebut juga harus ditempatkan pada posisi yang benar agar optimasi SEO dapat tercapai.

Cara Menempatkan Heading Tag 

Cara penempatan heading tag sangat mudah, anda dapat melihat kembali contoh gambar di atas, untuk menempatkan heading tag, misalnya anda ingin menempatkan tag <h2>, maka anda harus menyoroti (blok) teks yang akan diberi heading tag lalu anda tekan tombol "Heading" jika ingin dijadikan sebagai tag <h3> maka cukup tekan tombol "Subheading" begitu juga seterusnya.
  1. <h1> :  Ditempatkan pada Judul Artikel
  2. Heading :  ini merupakan <h2> biasanya digunakan untuk membungkus baris teks yang dianggap mempunyai poin penting dalam artikel.
  3. Sub heading : merupakan <h3> , heading tag ini biasanya dipakai untuk membungkus baris teks subpoin yang dianggap penting dalam halaman Artikel yaitu sub judul dari heading
  4. Minor heading : merupakan <h4>, heading tang ini biasanya ditempatkan pada sub judul dari sub heading.
  5. Normal : digunakan untuk menulis dalam format normal.
Contoh format heading dalam sebuah artikel dapat anda lihat seperti dibawah ini;

Cara Menggunakan Heading Tag 

Dalam menggunakan heading tag kita harus tau tentang bagaimana aturan mainnya, heading tag harus ditempatkan pada tempat yang sesuai dengan judul dan kata kunci yang anda targetkan dalam sebuah artikel agar SEO on-page berhasil, karna heading tag ini merupakan point-point penting dalam pandangan mesin telusur.

Optimasi SEO on page dengan menempatkan heading tag yang baik dan ramah terhadap mesin telusur, hindari menggunakan heading tag yang terlalu banyak, gunakan heading tag secukupnya saja, hal ini bertujuan agar mesin telusur dapat membaca dengan baik pada saat melakukan penelusuran terhadap situs blog atau website anda, penggunaan heading tag h1, h2, h3, h4, dalam sebuh artikel blog atau website dapat digambarkan sebagai berikut;

<h1> Judul halaman Blog/website <h1>
<h2> Judul Artikel blog/website <h2>
<h2> Hal-hal penting dalam artikel <h3>
<h3> Sub dari hal-hal penting dalam artikel <h4>
<h4> Judul pada widget sidebar <h4>

Dari gambaran penembatan heading tag tersebut, maka berapa banyak jumlah heading tag yang deperlukan dalam sebuah halaman artikel blog atau website yang akan anda buat? anda dapat menggunakan heading tag h1, h2, h3, h4, dengan penempatan serta ukuran sebagai berikut;
  • Heading Tag H1 merupakan tag judul blog atau website, sebaiknya digunakan hanya satu saja
  • Heading Tag H2, anda dapat menggunakan tag <h2> ini maksimal empat tag dalam artikel blog atau website.
  • Heading Tag H3, dapat anda gunakan sebanyak delapan dalam artikel blog atau website anda
  • Heading Tag H4, anda dapat menggunakan tag <h4> ini paling banyak enam belas dalam sebuah artikel blog atau website anda, heading tag ini pada umumnya ditempatkan pada Judul widget sidebar.

Cara menulis heading tag yang baik dan benar

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menempatkan dan menulis heading tag agar optimisasi seo halam berhasil dengan baik;
  • Sebaiknya dalam penulisan judul jangan terlalu panjang, buatlah judul maksimal 60 karakter, jika judul yang anda buat lebih dari 60 karakter maka akan terpotong oleh mesin pencari, gunakanlah judul dengan kalimat yang singkat namun berisi.
  • Jangan menggunakan judul dengan kata kunci yang sama yang berulang-ulang
  • Buatlah judul yang "Unik" karna dengan judul yang unik maka mesin telusur akan menilai bahwa konten anda sangat berharga.
  • Usahakan dalam menggunakan kata kunci, tulislah kata kunci tersebut di awal judul yang anda pakai, hal ini dapat mengantisipasi jika judul yang anda pakai terlalu panjang maka kata kunci penting yang anda pakai tidak terpotong oleh mesin pencari.

Fungsi heading tag untuk blog atau website

Heading Tag mempunyai peran yang sangat penting dalam hal optmasi SEO On-page, Heading Tag H1, H2, H3, dan seterusnya merupakan area dari konten halaman yang ditelusuri mesin pencari, mesin telusur atau search engine saat melakukan penelusuran akan peka terhadap relevansi konten yang mengikuti heading tag yang ada pada halaman blog atau website.

Fungsi Heading Tag diantaranya adalah sebagai berikut;
  • Heading tag memiliki fungsi untuk mencari perhatian dari mesin pencari atau search engine, karena pada saat mesin pencari melakukan penelusuran akan langsung menuju atau mencari halaman yang paling relevan, mesin telusur akan menuju pada judul halaman, kata kunci, pada halaman blog atau website.
  • Penempatan Heading tag H1 dan H2 yang tepat akan sangat berpengaruh dalam membantu membentuk persepsi mesin telusur dalam penelusuran pada halaman blog atau website anda.
  • Pemakaian Heading Tag yang baik dan benar dapat menentukan posisi  tampilan dihalaman pencarian SERPs.
  • Heading tag dapat digunakan untuk optimasi SEO pada judul artikel blog atau website.
Optimasi SEO on page dengan memanfaatkan H1 sampai H4 memang sangat berpengaruh terhadap kualitas SEO halaman, trik Optimasi SEO pada halaman Artikel tersebut dapat anda tempatkan pada posisi yang tepat, agar mudah dijangkau oleh mesin pencari Google. demikian artikel tentang Cara Optimasi SEO Menggunakan Heading Tag, semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Optimasi SEO Menggunakan Heading Tag"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel