Status NUPTK Aktif atau tidak?! Ini Cara Mengecek Keaktifan NUPTK

Memeriksa Keaktifan NUPTK


Cara Mengecek Keaktifan NUPTK dapat anda ketahui dengan cara yang mudah, anda dapat mengetahuinya dengan cara mengecek keaktifan NUPTK melalui laman http://gtk.data.kemdikbud.go.id/Data/Status cukup dengan memasukkan Nomor Unik Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, dengan begitu status NUPTK anda akan terlihat Status Keaktifan NUPTK-nya.

Status NUPTK bagi seorang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) baik itu Kemenag ataupun Kemendikbud  dapat di telusuri Keaktifan NUPTK berdasarkan Nomor NUPTK masing-masing. arsip NUPTK yang ditampilkan adalah hasil rekonsiliasi data NUPTK terbitan sistem NUPTK dari generasi sebelumnya dengan sistem Nomor Unik Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) generasi Padamu Negeri

Cara Memeriksa/Mengecek Keaktifan NUPTK Anda


Keaktifan NUPTK akan anda lihat pada laman gtk.data.kemendikbud.go.id setelah anda menelusurinya menggunakan NUPTK yang anda miliki, maka akan diketahui Status Keaktifan NUPTK apabila Status NUPTK tidak aktif anda dapat mendaftarkannya melalui operator Dapodik di sekolah yang bersangkutan

Selengkapnya cara mengetahui keaktifan NUPTK Status aktif atau belum aktif
  1. Silahkan anda buka browser laman NUPTK dengan alamat link http://gtk.data.kemdikbud.go.id/Data/Status
  2. Selanjutnya masukkan Nomor NUPTK anda pada kotak kolom yang tersedia di laman "Status NUPTK"
    Cek Status NUPTK Aktif
  3. Setelah Nomor NUPTK anda masukkan kemudian klik tombol cari yang ada disebelah kanan, maka anda akan melihat hasil penelusuran sesuai sengan nomor NUPTK yang anda miliki,
  4. Apabila Keaktifan NUPTK Aktif maka akan terdapat ketetangan "Status : NUPTK Aktif (terdata di Dapodik)"

Setelah Cek Keaktifan NUPTK Tapi Tidak Aktif Bagaimana? 


Bagaimana apabila setelah mengecek Keaktifan NUPTK kemudian statusnya tidak aktif bagaimana? apabila status NUPTK anda belum aktif, anda dapat melakukan koordinasi kepada operator di sekolah, tapi sebelumnya telah didaftarkan di Dapodik atau belum?

Apabila data anda telah didaftarkan di Dapodik namun setelah melakukan Cek Status Keaktifan NUPTK hasilnya tidak/belum aktif, anda dapat konfirmasi kepada operator Dapodik di sekolah terlebih dahulu untuk melakukan pengecekan apakah data yang telah di input sudah lengkap, benar dan valid atau belum dalam aplikasi dapodikdasmen.

Apabila Guru atau Tenaga Kependidikan belum mempunyai NUPTK dapat diusulkan agar Status keaktifan NUPTK dapat diterbitkan, dengan cara mendaftar ke sekolah induk GTK secara sistem dengan melengkapi semua dokumen yang sesuai dengan persyaratan untuk dikirimkan ke Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat melalui sistem Aplikasi verval GTK untuk dilakukan verifikasi.

Setelah lolos verifikasi oleh Dinas Pendidikan berikutnya secara sistem akan di verifikasi oleh LPMP dan seanjutnya apabile dinyatakan lulus verifikasi maka PDSPK akan menerbitkan NUPTK bagi Guru atau Tenaga Kependidikan tersebut (Status NUPTK Aktif)

Keaktifan NUPTK Ada Ketentuan dan Syaratnya


Untuk memperoleh Status aktif (Keaktifan NUPTK) bagi GTK (Guru atau Tenaga Kependidikan baik itu sekolah formal atau sekolah non formal, dapat dipastikan terlebih dahulu data Guru atau Tenaga Kependidikan (GTK) yang telah di input oleh operator sekolah.

Yang mana dalam penginputan data untuk penerbitan Keaktifan NUPTK harus lengkap, benar dan valid agar proses penerbitan NUPTK bagi seorang Guru atau Tenaga Kependidikan memenuhi persyaratan serta ketentuan yang telah ditetapkan oleh Persesjen Kemendikbud No.1 Tahun 2018 Tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan NUPTK

Demikian mengenai Status NUPTK Aktif atau tidak?! Ini Cara Mengecek Keaktifan NUPTK semoga dapat membantu anda yang belum mengerti cara mengecek satatus keaktifan NUPTK yang anda miliki.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Status NUPTK Aktif atau tidak?! Ini Cara Mengecek Keaktifan NUPTK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel