Panduan Cara Sinkronisasi UNBK 2019

Sinkronisasi UNBK 2019


Cara sinkronisasi UNBK 2019 simulasi 1 dapat dilakukan dengan cara membuka akun CBT Sync, sebelum melakukan sinkronisasi UNBK 2019 pastikan bahwa status pada dashboard akun telah aktif, namun ada beberapa hal yang harus kamu lakukan dalam proses sinkronisasi UNBK 2019 diantaranya yaitu dengan melakukan back up dan hapus pada UNBK

Back up dalam proses sinkronisasi UNBK 2019 kita lakukan untuk berjaga-jaga apabila suatu saat kita membutuhkan file tersebut, setelah proses proses back up selesai jangan lupa untuk mengunduhnya dengan cara klik tombol unduhan di bawahnya, kemudian simpan dalam file yang mudah untuk dicari, misalnya jadikan satu dalam folder UNBK


Perkembangan UNBK 2014 - UNBK 2019


UNBK adalah Ujian Nasional Berbasis Komputer dan juga dinakamakan dengan CBT yaitu Computer Based Test, UNBK ini telah berjalan sejak tahun 2014 secara online dan pada waktu itu masih terbatas di SMP Indonesia Kuala Lumpur dan SMP Indonesia Singapura.

Hasil ujian UNBK tersebut pada waktu itu sangat memuaskan sehingga mendorong untuk meningkatkan literasi siswa terhadap Teknologi Informasi dan Komunikasi.

UNBK semakin berkembang, pada tahun 2015 telah dilaksanakan rintisan UNBK dengan mengikut sertakan sekolah sebanyak 556 sekolah yang terdiri dari sekolah SMP/MTs sebanyak 42 Sekolah, SMA/MA sebanyak 135 sekolah dan SMK sebanyak 379 sekolah di 29 provinsi dan luar Negeri.

Semakin berjalannya waktu UNBK terus berkembang dengan baik, pada tahun 2016 UNBK telah dilaksanakan dengan jumlah keikut sertaan sekolah yang semakin banyak yaitu 4382 sekolah yang terdiri dari SMP/MTS 984 Sekolah, MA/SMA 1298 sekolah, dan SMK sebanyak 2100 sekolah.

Pada Tahun Berikutnya yaitu tahun 2017 UNBK semakin meningkat, kemudian Kemendikbud memberikan kebijakan agar sekolah yang sarana komputernya belum memadahi agar melaksanakan UNBK di sekolah lain yang telah memiliki sarana komputer yang memadai.

Ditahun 2019 UNBK saat ini memakai sistem semi-online, yaitu pelaksanaan UNBK 2019 dengan cara soal dikirim dari server pusat secara online melalui jalur sinkronisasi kepada server sekolah, selanjutnya ujian peserta(siswa) dilayani oleh server sekolah secara offline, kemudian setelah selesai hasil ujiannya akan dikirimkan kembali dari server sekolah kepada server pusat dengan cara online.

Cara Sinkronisasi UNBK 2019

Persiapan Sinkronisasi UNBK 2019


Sebelum melakukan sinkronisasi ada beberapa hal yang perlu di perhatikan, agar proses sinkronisasi UNBK 2019 dapat berjalan dengan baik dan lancar.

1. Jaringan internet


Pastikan Jaringan internet yang kamu gunakan stabil, karena dalam proses sinkronisasi UNBK 2019 memerlukan koneksi internet yang baik untuk proses download data dalam sinkronisasi tersebut, apabila koneksi internet yang digunakan tidak stabil dapat terjadi kegagalan pada beberapa data atau bisa juga seluruhnya.

2. Cek status pada CBT Sync


Untuk melakukan Sinkronisasi UNBK 2019 pastikan kondisi CBT Sync dalam keadaan aktif, sehingga kamu dapat melakukan sinkronisasi.

Apabila statusnya Offline, biasanya CBT sync tidak terhubung dengan jaringan internet, kemudian kamu dapat mengeceknya pada konfigurasi jaringan pada VM

3. Jadwal sinkronisasi UNBK


Untuk melakukan sinkronisasi UNBK biasanya telah dijadwalkan oleh server, sehingga pada saat kamu melakukan sinkronisasi UNBK 2019 maka admin UBK Pusat akan mengaktifkan server pusat


Cara Sinkronisasi UNBK 2019 Simulasi 1


Setelah melakukan Back up dan hapus kita dapat melakukan sinkronisasi UNBK 2019. selengkapnya cara sinkronisasi UNBK 2019 sebagai berikut

1. Login CBT Sync


Tahap pertama untuk melakukan sinkronisasi UNBK 2019 silahkan anda melakukan login di CBT sync terlebih dahulu dengan akun yang kamu miliki.

2. Perhatikan Status CBT Sync


Untuk melakukan sinkronisasi UNBK 2019, setelah login pada CBT Sync perhatikan status pada dashboar tersebut, pastikan dalam keadaan aktif



3. Status Download


Setelah terbuka halaman dashboar CBT Sync kemudian silahkan pilih menu "status download" apabila dalam halaman tersebut masih dalam keadaan koseng silahkan Refres Status kemudian kamu akan melihat status download, sebelum  melakukan sinkronisasi UNBK 2019 maka data tersebut akan berwarna merah.

4. Start Sync


Langkah selanjutnya untuk melakukan sinkronisasi UNBK 2019 tekan tombol "Start Sync" 

Panduan Sinkronisasi UNBK 2019
Kemudian tunggulah proses sinkronisasi UNBK 2019 hingga rampung dari data satu sampai data berikutnya.

Cara Sinkronisasi UNBK 2019
Sambil menunggu berjalannya proses sinkronisasi UNBK 2019 simulasi 1 jangan lupa berdoa agar proses sinkronisasi UNBK dapat berjalan dengan lancar tidak ada kendala, sehingga tidak perlu mengulangi sinkronisasi lagi.

5. Proses Download Selesai


Setelah proses sinkronisasi UNBK selesai maka secara otomatis kamu akan melihat tampilan download status pada halaman tersebut, kemudian lakukan refres untuk memeriksa data yang telah terdownload.

Sinkronisasi UNBK 2019

6. Lakukan Refres


Selanjutnya dalam sinkronisasi UNBK 2019 ini untuk melihat status download setelah proses sync tekanlah pada tombol refres status pada halaman Sync tersebut

Cara Sinkronisasi UNBK 2019
apabila sinkronisasi UNBK 2019 berhasil maka data yang terdapat pada status download tulisannya akan berubah menjadi warna hijau.

7. Cek Daftar Peserta


Langkah selanjutnya dalam sinkronisasi UNBK 2019 ini yaitu mengecek data peserta atau siswa dengan cara membuka pada menu "Daftar Peserta"

Sinkronisasi UNBK 2019
Pastikan daftar peserta yang terdapat dalam halaman tersebut telah sesuai dengan data yang terdapat didalam web UNBK

Mengatasi gagal Sinkronisasi UNBK 2019


Setelah melakukan proses sinkronisasi UNBK apabila data telah berhasil didownload (semua data berwarna hijau) itu berarti sinkronisasi UNBK 2019 berhasil kamu lakukan.

Apabila terjadi masalah ada satu atau beberapa data berwarna merah itu berarti data tersebut gagal terdownload, sehingga proses sinkronisasi UNBK 2019 tidak sempurna.

Untuk mengatasi beberapa data yang berwarna merah saat melakukan sinkronisasi UNBK 2019 maka kamu dapat mengulangi sinkronisasi kembali seperti langkah sebelumnya, yaitu
  1. Masuk ke CBT Sync
  2. Pastikan Status CBT sync dalam keadaan aktif
  3. pilih dan klik menu status download
  4. Kemudian klik pada tombol Start sync
  5. Maka proses download akan dimulai pada data yang berwarna merah tersebut

Bagaimana Jika Sinkronisasi UNBK 2019 Gagal secara menyeluruh 


Apabila kamu mengalami gagal total saat melakukan sinkronisasi UNBK 2019, dan telah mencobanya berulang kali namun masih belum berhasil melakukan sinkronisasi UNBK kamu dapat mengecek terlebih dahulu masalah koneksi internet yang kamu pakai apakah bisa terhubung dengan jaringan dengan baik atau tidak.

Apabila kamu masih belum berhasil melakukan sinkronisasi UNBK 2019 padahal sudah mengulanginya beberapa kali maka kamu dapat menghubungi help desk UBK

Persyaratan Komputer UNBK 2019


Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk menunjang agar UNBK dapat berjalan dengan baik, diantaranya yaitu

1. Server


Komputer yang digunakan server dalam UNBK minimum memiliki spesifikasi sebagai berikut
  • Menggunakan PC/Desktop tidak menggunakan laptop
  • Mempunyai kapasitas processor sebesar 4core serta clock rate minimum 1.6 GHz (64bit)
  • Harddisk minimal berukuran 20 GB
  • Kapasitas RAM dalam komputer minimal 8 GB DDR3
  • LAN CARD (NIC) 2 unit support GigaByte
  • Menggunakan UPS yang masih dapat bertahan 15 menit
  • Operating system 64 bit: Windows server/windows 7/windows 8/linux ubuntu 14.04
  • Jumlah server sesuai dengan rasio 1:40 ( 1 server paling banyak digunakan untuk 40 client)
  • Memiliki cadangan 1 server

2. Client


Adapun komputer yang di gunakan oleh client dalam UNBK dengan spesifikasi sebagai berikut
  • Dapat menggunakan PC/laptop
  • Ukuran layar monitor minimal 11 inci
  • Ukuran processor minimum single core
  • Kapasitas RAM minimal 512 MB
  • Ukuran harddisk minimal 10 GB (free space)
  • Operating sytem : Windows xp/windows 7/windows 8/linux/Mac/Chrome OS
  • Menggunakan Web browser : Exambro versi yang paling baru
  • Telah dilengkapi dengan LAN card
  • Jumlah client sesuai dengan rasio yaitu 1:3 (1 client untuk tiga peserta)
  • Cadangan minimum 10%
  • Tersedia headset/earphone untuk ujian listening SMA/MA dan SMK 

3. Jaringan Lokal Area ( Local Area Network - LAN) UNBK


Untuk spesifikasi jaringan area lokalnya yaitu
  • Setiap server di wajibkan mempunyai switch sendiri tidak tergabung dengan server yang lainnya
  • Switch 10/100/1000 Mbps dengan port sesuai dengan jumlah pc/komputer pada tiap-tiap server

Demikian Panduan Cara Sinkronisasi UNBK 2019, semoga proses sinkronisasi UNBK yang kalian lakukan dapat berjalan dengan lancar dan berhasil dalam melakukan sinkronisasi UNBK 2019

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Panduan Cara Sinkronisasi UNBK 2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel