Niat Sholat Tahajud, Tata Cara , Bacaan, Wirid dan Doa

"Niat Sholat Tahajud "
Niat Sholat Tahajud dilafalkan atau dibaca seperti pada umumnya mengerjakan sholat fardhu, atau membaca niat sholat sunah lainnya, namun setiap sholat memiliki bacaan niat sholat yang berbeda-beda

Sepertihalnya dalam membaca niat, sholat dzuhur, ashar,magrib, isya',subuh, dan Niat sholat tahajud memiliki lafal yang berbeda-beda, Niat merupakan keinginan serta tujuan untuk mengerjakan sesuatu.

sebagaimana hadis Rasullulah yang diriwayatkan Umar bin Khattab yaitu "segala amal itu tergantung pada niatnya"
Niat Sholat Tahajud

Sholat Tahajud itu apa?

Sholat tahajud adalah sholat sunnah yang dikerjakan diwaktu malam hari, Tata cara sholat tahajud sama dengan sholat-sholat pada umumnya, seperti sholat sunnah lainya ataupun sholat wajib, namun untuk mengerjakan sholat tahajud waktunya berbeda dengan sholat lainnya, Waktu yang utama sholat tahajud adalah sepertiga malam terakhir, Doa sholat tahajud lebih mustajabah

Sholat tahajud adalah ibadah sholat sunnah yang luar biasa dan memiliki banyak hikmah yang akan didapatkan baik didunia maupun diakherat kelak , salah satu diantaranya, dapat menghapuskan dosa, dapat mendatangkan kesehatan, memberikan kenikmatan di alam kubur kelak, dan lain sebagainya.

Hukum Membaca Niat Sholat Tahajud

Setiap sholat baik sholat fardhu ataupun sholat-sholat sunah semuanya memiliki bacaan niat tersendiri (Niat yang berbeda-beda) begitu pula dalam membaca niat sholat tahajud.
diantara syarat syah dan syarat wajibnya niat dalam sholat yaitu

1. Syahnya Niat

Niat itu bersumber dari dalam hati, sahnya niat dalam mengerjakan ibadah terdiri dari empat perkara diantaranya
  • Islam, 
  • Berakal, 
  • Sehat, 
  • Tidak ada sesuatu yang merusak niat dan mengetahui sesuatu yang diniatkan,

2. Wajib membaca niat

Menurut pendapat ulama' fiqih niat diwajibkan dalam dua hal diantaranya
  • Membaca niat sholat tahajud untuk membedakan ibadah dengan kebiasaan, seperti halnya membedakan orang yang sedang beri'tikaf di masjid dengan orang yang sedang istirahat dimasjid
  • Yang kedua niat sholat tahajud dibaca untuk membedakan antara sesuatu ibadah dengan ibadah yang lainnya, seperti membedakat antara niat sholat tahajud dengan niat sholat magrib atau lainnya.
Pendapat Imam Ramil dalam Kitab Nihayatul Muhtaj juz 1 :437
Beliau menyampaikan Hukum melafalkan niat adalah sunah,
"Disunahkan membaca niat menjelang takbir (sholat) agar mulut dapat membantu (kekhusyu'an) hati agar terhindar dari gangguan hati dan karena menghindar dari perbedaan pendapat yang mewajibkan melafalkan niat" (Nihayatul Muhtaj juz1 :437)

Tata cara mengerjakan sholat tahajud


Untuk mengerjakan sholat tahajud, seperti halnya dalam mengerjakan sholat fardhu, sebagaimana harus memperhatikan juga syarat rukun dan syarat syahnya dalam mengerjakan sholat, diantaranya telah suci baik dari hadas besar ataupun hadas kecil (berwudhu) hal tersebut merupakan syarat syahnya dalam mengerjakan ibadah sholat.

cara mengerjakan sholat tahajud sebagai berikut ;

1. Membaca Basmalah dan membaca niat sholat tahajud

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Ushallii sunnatat-tahajudi rak'ataini mustakbilal kiblati lillahi ta'ala
 "Saya berniat sholat tahajud dua rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta'ala"

2.  Kemudian mengucapkan takbir (Allahu Akbar) seraya sambil mengankat kedua tangan ke atas sampai pada telinga (seperti dalam sholat fardhu) / Takbiratul ihram

3. Membaca doa iftitah (seperti sholat pada umumnya)

4. Membaca surat Al-fatehah

5. Kemudian membaca surat lainnya(surat lain setelah membaca surat Al-fatehah)

6. Ruku'

7. I'tidal

8. Sujud

9. Kemudian duduk diantara sujud

10. Raka'at selanjutnya ( takbiratul ihram seperti pada langkah ke 2-8)

11. Membaca tahiyat akhir kemudian salam (Sholat tahajud dikerjakan dengan tiap 2 rakaat salam)

12. Setelah salam disunahkan untuk membaca wirid, tasbih,tahmid,takbir,sholawat,istighfar dan membaca doa sholat tahajud

Membaca wirid setelah sholat tahajud 

Setelah selesai mengerjakan sholat tahajud disunnahkan membaca wirid, bacaan wirid dengan mengagungkan Asma Allah, serta bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW tidak ada batasan jumlahnya berapa, lebih banyak, lebih khusyuk, dan iklas itu lebih baik

sebelum membaca wirid sebaiknya tawasul terlebih dahulu kepada Nabi Agung Muhammad SAW, Syeh abdul Qadir al-jaelani, para waliyullah, kemudian membaca wirid meng-Agungkan ALLAH SWT, seteleh selesai kemudian membaca doa.

Doa Sholat Tahajud Tulisan Latin dan Arab

Adapun doa yang biasa dibaca Rasullullah saw pada saat mengerjakan sholat tahajud, adalah sebagai berikut :
اَللهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ.
وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ.
وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ.
وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ
وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ.
اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ
وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُفَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ
وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ.
اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Allaahumma lakal hamdu anta qayyimus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna.
Wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna.
Wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna.
Wa lakal hamdu antal haqqu, wa wa’dukal haqqu, wa liqaa’uka haqqun, wa qauluka haqqun, wal jannatu haqqun, wannaaru haqqun, wannabiyyuuna haqqun, wa muhammadun shallallaahu ‘alaihi wasallama haqqun wassaa’atu haqqun.
Allaahumma laka aslamtu, wa bika aamantu, wa ‘alaika tawakkaltu,
wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu, wa ilaika haakamtu, faghfirlii maa qaddamtu,
wa maa akh-khartu, wa maa asrartu, wa maa a’lantu, wa maa anta a’lamu bihiminnii.
Antal muqaddimu, wa antal mu’akhkhiru, laa ilaaha illaa anta, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah

Artinya :
Ya Allah, segala puji bagi-Mu. Engkaulah (pemberi) cahaya langit dan bumi serta penghuninya. Segala puji bagi-Mu.Engkau pengatur langit dan bumi serta penghuninya. Segala puji bagi-Mu. Engkaulah penguasa langit dan bumi serta penghuninya. Segala puji bagi-Mu, Engkau benar, dan janji-Mu benar, surga itu benar, neraka itu benar, hari kiamat itu benar, para nabi itu benar dan Muhammad itu benar, Kepada-Mulah aku memasrahkan diri dan kepada Engkau aku bertawakkal. Kepada Engkaulah aku beriman. Kepada Engkaulah aku mengadu dan kepada Engkaulah aku berhukum. Ampunilah dosa-dosaku yang telah lalu dan yang akan datang serta yang terang terangan. Engkaulah yang paling dahulu dan Engkaulah yang paling Akhir. Tiada Tuhan (yang berhak disembah) kecuali Engkau, tiada daya dan kekuatan kecuali dengan (pertolongan) Allah".
(doa bersumber dari hadits Nasai nomor 1601;tafsirq.com)

Sholat tahajud ditambah sholat witir

Cara mengerjakan sholat tahajud dengan ditambah atau disertai dengan sholat witir, yaitu dapat dikerjakan dengan cara mengerjakan sholat tahajud terlebih dahulu kemudian ditambah dengan mengerjakan sholat witir,

Sholat witir boleh dikerjakan 1 rakaat ataupun 3 rakaat, sholat witir adalah solat yang jumlah rakaatnya ganjil.

Sholat tahajud boleh dikerjakan sesuai dengan kemampuan dan keiklasan masing-masing, 2rakaat, 4, rakaat, 6, rakaat atau 8 rakaat juga boleh,  dengan tiap dua rakaat salam, dan kemudian ditambahkan sholat witir satu rakaat atau tiga rakaat, karena sholat witir itu jumlah rakaatnya harus ganjil.

Sebagaimana Rasullullah saw bersabda :
"Sholat malam itu dua rakaat-dua rakaat, jika kamu takut masuk waktu shubuh maka witirlah satu rakaat" (HR. Muslim no.749)

hadits (sunan ibnu majah :1351) tentang sholat tahajud 11 rakaat

Artinya:
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin ubaid bin maimun Abu ubaid al madani berkata, telah menceritakan kepada kami Bapakku dari Muhammad bin Ja'far dari Musa bin Uqbah dari Abu ishaq dari Amir bin Sya'bi ia berkata, "Akun bertanya kepada Abdullah bin Abbas dan Abdullah bin Umar ihwal sholat Rasullullah shallallahu alaihi wasallam pada waktu malam. Maka keduanya menjawab, Tiga belas rakaat, delapan rakaat tahajud dan tiga rakaat sholat witir, ditambah dua rakaat sholat sehabis fajar. (Sunan Ibnu Majah: 1351)

Hukum Sholat tahajud dalam islam


Apa hukum sholat tahajud? Sholat tahajud hukumnya yaitu sunnah mu'akad (sholat sunah yang dikuatkan oleh syara'/ sangat dianjurkan), Sholat sunah yaitu sholat yang apa bila dikerjakan akan mendapatkan pahala, dan apa bila tidak dikerjakan tidak mendapatkan dosa.

Demikian pula sholat tahajud apabila kamu kerjakan kamu akan mendapatkan pahala dan apabila kamu tinggalkan tidak mendapatkan dosa.

Sholat tahajud adalah sholat sunah yang dikuatkan dalam syariat islam, yang mana sholat tahajud memiliki keistimewaan, sebagaimana Firman ALLAH SWT di dalam Al-Qur'an surat Al- isra ayat 79 :

Artinya : Pada sebagian malam, hendaklah kau bertahajud sebagai tambahan bagimu. Semoga Tuhanmu mengangkatmu ke derajat yang terpuji (QS.AL-Isra :79)
Waktu mengerjakan sholat tahajud

Waktu Mengerjakan Sholat Tahajud


Sholat tahajud dapat dikerjakan setelah sholat isya' sampai dengan sebelum terbitnya fajar (masuknya waktu subuh) namun ada waktu yang dianjurkan untuk mengerjakan sholat tahajud yaitu waktu yang paling istimewa adalah waktu sepertiga malam yang terakhir, sholat tahajud harus dikerjakan setelah bangun tidur (terjaga) dari tidur, walau tidurnya hanya sebentar.

Mengapa dalam mengerjakan sholat tahajud harus dikerjakan setelah bangun tidur? Tahajud itu memiliki makna bangun dari tidur. Sholat tahajud adalah sholat sunah yang dikerjakan diwaktu malam hari setelah tidur, walaupun tidurnya hanya sesa'at (sebentar) saja

Waktu paling baik mengerjakan sholat tahajud

Sholat tahajud boleh dikerjakan setelah waktu sholat isya' namun dengan syarat  harus sudah tidur, kemudian baru boleh mengerjakan sholat tahajud.

Menurut pendapat para ulama bahwa dalam mengerjakan sholat tahajud ada waktu yang paling istimewa, yang mana waktu tersebut merupakan waktu mustajabahnya doa.

Waktu Sholat tahajud yang paling baik yaitu Sepertiga malam terakhir itu diperkirakan jam 02.00 dini hari sampai dengan sebelum datangnya waktu subuh. itulah waktu sholat tahajud yang dianjurkan dalam islam.

Sholat tahajud adalah sholat sunah yang memiliki banyak keutamaan baik di dunia dan di akherat bagi yang mengerjakannya, bahwa Allah SWT akan memberikan kemuliaan didunia serta di akherat.

Manfaat Sholat tahajud

Sholat tahajud memiliki banyak keutamaan bagi yang mengerjakannya, Allah SWT akan memberikan keutamaan baik didunia maupun keutamaan di akherat kelak

1. Manfaat sholat tahajud di dunia

  • Allah SWT akan memelihara dari segala bentuk godaan setan
  • Wajahnya terlihat tanda ketaatan dan kepatuhan
  • Perkataannya mengandung hikmah
  • Allah SWT akan menjadikanya orang yang bijaksana (mendapatkan pemahaman dalam agama islam)
  • Dicintai sesama manusia dan hamba-hamba ALLAH yang sholeh 

2. Manfaat sholat tahajud di akherat

  • Allah SWT akan memberikan catatan amalnya di tangan sebelah kanan. 
  • Dapat melalui jembatan shirothol mustaqim dengan sangat cepat bagaikan halilintar yang menyambar
  • Orang yang iklas serta istiqomah dalam mengerjakan sholat tahajud ketika dihisab akan mendapatkan keringanan
  • Wajahnya terlihat berseri pada saat dibangkitkan dari kubur di hari kiamat kelak.

Agar sholat tahajud yang dikerjakan menjadi lebih sempurna maka di awali dengan membaca Niat sholat tahajud dengan baik dan khusyuk, begitu juga pada tahap selanjutnya dalam mengerjakan sholat tahajud.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Niat Sholat Tahajud, Tata Cara , Bacaan, Wirid dan Doa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel