Struktur Komponen CPU dan Fungsinya

Struktur komponen CPU


Struktur komponen CPU yang utama terdiri dari Arithmetic and Logic Unit (ALU), Control Unit, Register, CPU Interconection, komponen-komponen CPU tersebut memiliki tugas masing-masing untuk menjalankan program sesuai dengan instruksi.

CPU tidak dapat bekerja sendiri, namun dalam melakukan tugasnya untuk menjalankan program CPU  bekerja sama dengan komponen-komponen lainnya.

Struktur Komponen Utama CPU 


Komponen utama CPU terdiri dari :

1. Arithmetic and Logic Unit (ALU)


Aritmetic Logic Unit sering disebut dengan mesin bahasa atau machine language, karena bagian ini mengerjakan instruksi-instruksi bahasa mesin yang masuk padanya, selain itu ALU bertugas membentuk fungsi-fungsi pemprosesan data komputer.

Aritmetic logic unit terdiri dari dua bagian yaitu unit arithmetika dan unit logika boolean, keduanya memiliki tugas yang berbeda.

2. Control Unit


Control Unit merupakan bagian dari komponen utama CPU yang bertugas mengontrol operasi CPU dan secara keseluruhan mengontrol komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antar komponen yang satu dengan yang lainnya dalam menjalankan fungsi-fungsi operasi.

Control Unit mempunyai tanggung jawab mengambil instruksi-instruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut.

3. Register


Register merupakan bagian dari komponen utama CPU yang memiliki fungsi sebagai media penyimpanan internal CPU yang digunakan pada waktu proses pengolahan data, akan tetapi memori tersebut bersifat sementara, biasanya digunakan untuk menyimpan data saat diproses ataupun data untuk diproses selanjutnya.

4. CPU Interconection


Merupakan Sistem koneksi dan bus yang menyambungkan komponen internal dan bus-bus eksternal CPU.

Komponen internal CPU terdiri dari : ALU, Unit kontrol dan register-register


Komponen eksternal CPU terdiri dari : sistem lainnya seperti memori utama, piranti masukan/keluaran.

Fungsi CPU (Computer Processing Unit)


Fungsi CPU diantaranya :

1. Menjalankan Program


CPU menjalankan Program-program yang disimpan dalam memori utama dengan cara mengambil instruksi-instruksi, menguji instruksi tersebut dan kemudian mengeksekusinya satu per satu sesuai dengan alur perintah.

2. Mengolah instruksi


CPU memproses eksekusi program dengan mengambil pengolahan instruksi yang terdiri dari dua langkah, yaitu operasi pembacaan instruksi (fetch) dan operasi pelaksanaan instruksi (execute)

➣ Adapun siklus instruksi terdiri dari siklus fetch dan siklus eksekusi



➣ Siklus Fetch dan Eksekusi :


  • Pada setiap siklus instruksi, CPU awalnya akan membaca instruksi dari memori
  • Terdapat register dalam CPU yang fungsinya mengawasi dan menghitung instruksi selanjutnya, yang dinamakan Program Counter (PC)
  • Program Counter (PC) akan menambah satu hitungannya setiap kali CPU membaca instruksi
  • Instruksi-instruksi yang dibaca akan dibuat dalam register instruksi (IR)
  • Instruksi-instruksi ini dalam bentuk kode-kode binner yang dapat di interprestasikan oleh CPU kemudian dilakukan aksi yang diperlukan

➣Aksi CPU


  • CPU - I/O, Perpindahan data dari CPU ke modul I/O dan sebaliknya
     
  • CPU - Memori, perpindahan data dari CPU ke memori dan memori ke CPU
     
  • Pengolahan Data, CPU membentuk sejumlah operasi aritmatika dan logika terhadap data
     
  • Kontrol, merupakan instruksi untuk pengontrolan fungsi atau kerja, contohnya instruksi pengubahan tentang eksekusi

  ➣ Siklus Eksekusi


  • Instruction Fetch (IF) yaitu membaca atau mengambil instruksi dari lokasi memorinya ke CPU
  • Instruction Addres Calculation (IAC) yaitu mengkalkulasi atau menentukan alamat instruksi berikutnya yang akan di eksekusi, biasanya melinatkan penambahan bilangan tetap ke alamat instruksi sebelumnya. Contohnya bila panjang instruksi 16 bit padahal memori memiliki panjang 8 bit maka tambahkan 2 ke alamat sbelumnya
  • Instruction Operation Decolding (IOD) yaitu menganalisa instruksi untuk menentukan jenis operasi yang akan dibentuk dan operand yang akan digunakan
  • Operand store (OS) yaitu menyimpan hasil eksekusi ke dalam memori
  • Data Operation (DO) yaitu membentuk operasi yang diperintahkan dalam instruksi
  • Operand Fetch (OF) yaitu mengambil operand dari memori atau dari modul I/O
  • Operand Addres Calculation (OAC) yaitu menentukan alamat operand, hal ini dilakukan apabila melibatkan referensi operand pada memori

Struktur internal CPU secara detail 


struktur detail internal CPU sebagai berikut :


Kinerja sistem komputer adalah hasil proses dari seluruh komponen komputer, yang melinatkan CPU, bus, peripheral, memori utama dan memori sekunder.

Demikian Struktur komponen CPU dan Fungsinya, semoga dapat bermanfaat, bisa menambah ilmu dan wawasan yang lebih banyak tentang komputer, komponen CPU dan fungsinya

Referensi : http://setia.lecturer.pens.ac.id/Modul/Orkom/P05.pdf

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel