Cara dan manfaat submit URL diGoogle webmaster tools

Apa itu Google Webmaster Tools?

Google webmaster tool merupakan sebuah layanan gratis dari google yang berfungsi untuk memberitahu kepada Search engine google tentang content situs web yang anda miliki, untuk itu anda harus memahami tentang bagamana Cara dan manfaat submit URL di goole webmaster tools, jika situs anda tidak didaftarkan ke google web master tools maka situs anda dapat diabaikan oleh google search engine.



Agar situs anda dapat terindex oleh search engin Google hal utama yang harus anda lakukan adalah submit URL atau menautkan situs ke Google webmaster tools maka akan membantu mesin pencari google dalam melakukan perayapan lebih mendalam pada content situs yang anda miliki, selain itu situs andapun dapat ditemukan oleh pengguna lain, dengan begitu situs anda akan terindek oleh Search engine google.

Cara dan manfaat submit URL di google webmaster tools  

adalah sebagai berikut;
  1. Langkah yang pertama silahkan anda log in (masuk) ke akun Google anda
  2. Langsung saja anda menuju situs resminya Google webmaster tools disini www.google/webmaster/tools
  3. Submit URL situs anda di Gogle webmaster tool dengan cara menambahkan Properti situs anda
    pilih Tambahkan Properti, secara otomatis akan muncul halaman seperti dibawah ini
    Cara memasukkan situs web didalam properti
    Memasukkan situs web
    Masukkan URL situs anda di kotak tersebut, Setelah url situs anda dimasukkan lalu pilih tambahkan. setelah itu anda akan mendapatkan email dari Google search console team yang isinya secara singkat seperti ini;

    • Tambahkan semua versi situs web yang artinya anda diminta untuk memastikan tampilan situs anda dengan "www" atau tidak mengggunakan "www"
    • Pilih versi yang diinginkan, anda diminta untuk memilih tampilan anda diGoogle dengan menggunakan "www" atau tanpa "www"
    • Pilih Negara Target, disini anda diminta untuk menentukan Negara target situs anda
    • Bagikan akses kepada rekan kerja, anda dapat menambahkan tingkat akses tau tidak juga tidak apa-apa.
    • Kirimkan file peta situs, disini anda diminta untuk mengirimkan file peta situs diGoogle webmaster tool.
    • (Langkah - langkah diatas dapat  anda lewati dan langsung mengikuti langkah yang ke empat)
  4. Verifikasi akun kepemilikan anda di Google webmaster tools, yaitu dengan cara pilih menu "Kelola properti" lalu pilih Verifikasi properti ini. Setelah itu anda akan diminta untuk memilih metode Verifikasi yang telah disediakan oleh Google search console. Pilihlah medode verifikasi yang paling mudah, yaitu dengan menggunakan metode tag HTML, contohnya seperti ini;

    <meta content='5jFYo5wIuaecbUtfzA2CyIiTwjP1khmqmvUCOGFG0iQ' name='google-site-verification'/>

    code tersebut akan secara otomatis anda dapatkan ketika anda memilih metode verifikasi dengan menggunakan Tag HTML. setelah anda mendapatkan kode seperti contoh di atas anda copy dan pastekan diHTML blog anda tepatnya dibawah kode <head>
    masuk dihalaman edit HTML dan pasang kodenya, contoh pemasangannya adalah seperti dibawah ini;

    <?xml version="1.0" encoding="UTF-8" ?>
    <!DOCTYPE html>
    <html b:version='2' class='v2' expr:dir='data:blog.languageDirection' xmlns='http://www.w3.org/1999/xhtml' xmlns:b='http://www.google.com/2005/gml/b' xmlns:data='http://www.google.com/2005/gml/data' xmlns:expr='http://www.google.com/2005/gml/expr'>
      <head>
    <meta content='5jFYo5wIuaecbUtfzA2CyIiTwjP1khmqmvUCOGFG0iQ' name='google-site-verification'/>
        <meta expr:content='data:blog.isMobile         ? &quot;width=device-width,initial-scale=1.0,minimum-scale=1.0,maximum-scale=1.0&quot;         : &quot;width=1100&quot;' name='viewport'/>
        <b:include data='blog' name='all-head-content'/>
        <title><data:blog.pageTitle/></title>

    Setelah anda memasukkan tag HTML metode verifikasi tersebut silahkan save templatenya, lalu anda kembali lagi ke halaman metode verifikasi di Google search consol tadi dan pilih tombol"verifikasi"
  5. Mengirimkan peta situs di google webmaster tools
    Mengirimkan peta situs
    Mengirimkan Peta situs atau Sitemap di Google webmaster tool, cara mengirimkan peta situs di Google webmaster tool adalah sebagai berikut, pastikan anda masih berada dihalaman Google search console, pilih "Konfigurasi situs" yang berada di sebelah kiri dibawahnya "Dashboard" setelah itu pilih tombol "Tambahkan/Uji peta situs" yang berada disebelah kanan atas, tekan tombol "Tambahkan Peta Situs" isikan kotak disebelah kanan url anda "sitemap.xml" setelah pengisian kotak Peta situs anda selesai silahkan pilih tombol "Kirim" atau tombol "Submit Sitemap" jika anda masih belum faham bisa melihat contoh gambar. 
Langkah - langkah dasar Cara dan manfaat submit URL diGoogle webmaster tools telah sesesai.

Submit URL sangat berperan penting bagi keberadaan situs yang kita miliki, dengan melakukan submit ke Google webmaster tools maka semua content yang ada pada situs anda dapat terdeteksi oleh Search engine Google, Search engine google adalah robot mesin pencari terbesar didunia, jika anda tidak melakukan submit URL ke Google webmaster tools maka situs anda dapat di abaikan oleh Search engine google.

Setelah anda melakukan submit URL maka Google Webmaster akan bekerja untuk meng crawl situs anda, Search engine Google akan melakukan perayapan terhadap situs anda secara mendalam termasuk semua content yang ada didalam situs anda.

Manfaat submit URL diGoogle webmaster tools

Meskipun layanan submit URL diGoogle webmaster tools itu gratis tetapi memiliki manfaat yang sangat penting bagi keberadaan situs anda, beberapa manfaat itu diantaranya;
  • Dengan melakukan submit URL keGoogle webmaster tools maka anda akan mengetahui konfigurasi layanan tersebut, dengan memanfaatkan Google webmaster tools kita dapat mengatur target geografis, seperti penargetan negara yang menjadi tujuan prioritas situs anda.
  • Google webmaster tools dapat memberikan informasi secara detail tentang kondisi situs anda, diantaranya adalah;
    • Google webmaster tool dapat memberikan informasi traffict pengunjung di situs anda
    • Anda dapat mengetahui  seberapa banyak URL content pada situs anda yang telah berhasil di Crawl oleh Google search engine.
    • Google webmaster tools dapat memberikan informasi tentang kesalahan crawl (perayapan pada situs anda)
    • Dengan memenfaatkan Google webmaster tools anda dapat mengetahui seberapa banyak link anda dikunjungi oleh para visitor.
  • Anda dapat mendeteksi malware, Google webmaster tools akan memberikan informasi ketika Google menemukan adanya malware di situs anda, selain informasi yang anda dapatkan Google juga akan memberitahu tentang bagaimana solusinya untuk menyelesaikan masalah tersebut.
  • Google webmaster tools dapat meningkatkan pagerank serta kualitas situs yang anda miliki, Google webmaster tools mendukung dalam upaya perbaikan situs, seperti penyempurnaan HTML dengan cara menghapus link - link yang telah rusak, duplikat meta diskripsi, duplikat content, dan anda juga dapat melakukan perbaikan judul artikel
  • Migrasi data historis dari satu domain ke domain yang lainnya, Google webmaster tools  memberikan kemudahan untuk menjaga data historis pada situs anda walaupun situs anda telah berganti profil atau berganti domain.
  • Google webmaster tools dapat meningkatkat kinerja situs, dengan Google webmaster tools anda dapat mengetahui kinerja situs yang anda miliki dengan cara melihat grafik histori yang ada pada akun Google webmaster yang anda miliki, 
Demikian artikel tentang Cara dan manfaat submit URL diGoogle webmaster tools, semoga bermanfaat.


    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    0 Response to "Cara dan manfaat submit URL diGoogle webmaster tools"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel